Anti-bosan! 5 Film Perang yang Wajib Kamu Tonton

Kamis, 21 Juli 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Anti-Bosan! 5 Film Perang Yang Wajib Kamu Tonton

Poster Dunkirk (Special)

Ladiestory.id - Salah satu genre dalam dunia sinema yang menguji adrenalin yaitu film perang. Film perang kerap mengangkat berbagai elemen, seperti aksi, pengorbanan, situasi politik hingga moralitas.

Film perang sendiri erat kaitannya dengan adegan pertempuran, baik di laut, darat atau udara. Meski bagi sebagian orang, film perang merupakan genre yang membosankan. Nyatanya, film perang masih tetap memiliki banyak penggemar bahkan berhasil menyabet penghargaan bergengsi.

Berikut lima film perang yang wajib kamu tonton.

Hacksaw Ridge (2016)

Poster Hacksaw Ridge (Special)

Film biography rilisan 2016 ini mengangkat kisah nyata seorang petugas medis Angkatan Darat bernama Desmond Doss yang bertugas saat Perang Dunia ke II. Desmond Doss sendiri merupakan pribadi yang unggul secara fisik namun ia dianggap sebagai prajurit buangan karena ketidakmauannya memegang senjata dan berlatih.

Unitnya pun kemudian mendapat tugas untuk membebaskan Divisi Infanteri ke-96 yang naik mengamankan Tebing Maeda (Hacksaw Ridge). Namun ternyata, di tempat itulah pertempuran terjadi dan mengakibatkan beberapa tentara terluka.

Doss pun berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan prajurit terluka hingga akhirnya ia mndapat angugrah Medal of Honor karena aksi heroiknya menyelamatkan 75 tentara pada pertempuran itu. Kamu akan diajak menyelami kehidupan serta kegigihan Doss dalam menjalankan tugasnya sebagai petugas medis.

Pearl Harbor (2001)

Poster Pearl Harbor (Special)

"Pearl Harbor" digambarkan dengan sangat dramatis mengenai serangan yang terjadi saat Perang Dunia ke II. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan peristiwa tahun 1941, penyerangan yang dilakukan oleh Jepang dilatarbelakangi oleh kemarahan mereka terhadap Amerika yang menghentikan pasokan minyak begitu saja ke Negara Sakura tersebut.

Akhirnya, Jepang menyerang Amerika, yang memiliki pangkalan militer di lokasi bernama Pearl Harbor. Dalam film ini, kamu juga akan disuguhkan sebuah drama percintaan serta aksi heroik dari setiap pemerannya.

1917 (2019)

Poster 1917 (Special)

Film perang yang di rilis pada 2019 ini menceritakan kondisi peperangan saat Perang Dunia I terjadi. Mengisahkan perjalanan dua prajurit muda Inggris yang diberi misi untuk membawa pesan dengan melintasi wilayah musuh.

Isi pesan tersebut adalah menghentikan serangan yang dapat merenggut nyawa ratusan tentara Inggris serta saudara kandung Blake yang ada di dalamnya. Film ini memiliki sebuah keunikan karena penggunaan plot cerita yang menarik. Selain itu, film "1917" berhasil menyabet penghargaan bergengsi seperti Academy Awards hingga Golden Globe. 

Dunkirk (2017)

Poster Dunkirk (Special)

Film "Dunkirk" menceritakan penyelamatan prajurit Britania Raya yang dipukul mundur oleh Jerman di Pantai Dunkirk, Prancis. Pada proses penyelamatan itu, ratusan ribu prajurit menunggu evakuasi menggunakan kapal di Pantai Dunkirk.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini mendapat banyak respons positif dari berbagai kritikus film. Kamu dapat melihat perjuangan tentara Inggris beserta warga sipil yang berusaha melawan Jerman pada masa Perang Dunia ke II dalam film ini. Aksi heroik dan dramatis pun tak ketinggalan menghiasi berbagai adegan.

Selain itu, berdasarkan penilaian Rotten Tomatoes, film "Dunkirk" mendapat rating 92 persen. Menarik, bukan?

Fury (2014)

Poster Fury (Special)

Film perang yang menyuguhkan aksi Brad Pitt sebagai tentara ini, menarik untuk kamu tonton. Berdasarkan kisah nyata, film ini menceritakan perjuangan tentara Amerika dalam menembus jantung pertahanan musuh. P

ada masa akhir, Perang Dunia II saat Nazi Jerman hampir kalah, Sersan Wardaddy mendapat misi berbahaya, yaitu membawa tank jenis Sherman yang bernama "Fury" untuk menyerang sisa-sisa tentara Nazi di jantung kota Jerman. Padahal, saat itu jumlah tentara mereka dengan musuh sangatlah tidak sebanding. Namun, Sersan Wardaddy tetap berusaha dan mengunakan seluruh taktiknya untuk melawan tentara musuh yang sangat banyak dan bersenjata lengkap. 

Selamat menonton!