Dialami Ardhito Pramono, Ini 7 Gejala Maag Akut

Rabu, 15 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Dialami Ardhito Pramono, Ini 7 Gejala Maag Akut

Ilustrasi mengalami maag akut. (Special)

Ladiestory.id - Penyanyi Ardhito Pramono sempat membuat para penonton acara Pesta Malam Minggu di Medan, Sumatra Utara panik, Sabtu (11/2/2023). Hal ini lantaran ia tiba-tiba pingsan di atas panggung saat sedang membawakan lagu. Melalui akun Instagram miliknya, Ardhito Pramono mengucapkan permohonan maaf dan memberikan kabar bahwa ternyata penyebab ia pingsan adalah maag akut yang dideritanya. 

Maag akut ternyata bukan penyakit yang bisa dianggap remeh. Penyakit yang menyerang saluran pencernaan ini, dapat membuat kondisi seseorang drop bahkan jatuh pingsan seperti yang dialami oleh Ardhito Pramono. Ladies, agar kamu tidak mengalami hal yang sama, kamu bisa mencari tahu tujuh gejala maag akut yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id.

Muntah Darah

Ilustrasi muntah. (Special)

Muntah darah menjadi salah satu gejala yang muncul jika seseorang mengidap maag akut. Muntah darah merupakan suatu tanda bahwa ada masalah yang serius di lambung.

Muntah darah yang dialami oleh penderita maag akut umumnya terjadi karena adanya peradangan di dinding lambung. Naiknya asam lambung ke kerongkongan juga bisa menyebabkan iritasi yang dapat menimbulkan muntah darah.

Feses Hitam

Ilustrasi sakit perut. (Special)

Gejala selanjutnya yang ditunjukkan jika kamu mengidap maag akut adalah feses berwarna hitam. Warna feses yang hitam ini akibat terjadinya pendarahan pada saluran pencernaan atas, seperti kerongkongan, perut, atau usus kecil.

Hal ini berarti dalam feses yang dikeluarkan dan berwarna hitam tersebut mengandung darah. Selain karena maag akut, penyebab feses berwarna hitam bisa saja disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, infeksi bakteri, maupun efek samping obat-obatan.

Sesak Napas

Ilustrasi sesak napas. (Special)

Sebagian penderita maag akut juga mengalami sesak napas ketika penyakitnya kambuh. Hal ini disebabkan karena asam lambung naik ke paru-paru dan membuatnya terjepit. Sehingga, penderita akan merasa susah untuk bernapas. Bahkan, tak jarang penderita asma juga punya riwayat gangguan pada lambung.

Tubuh Lemas

Ilustrasi lemas. (Special)

Penderita maag akut juga biasanya akan merasa tubuhnya lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas. Bahkan, bisa juga pingsan seperti yang dialami oleh Ardhito Pramono.

Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi. Adanya peradangan pada lambung juga membuat lambung tidak dapat menerima asupan makanan. Penderita akan merasa mual dan muntah, sehingga tidak ada asupan nutrisi yang masuk dan membuat tubuh terasa lemas. 

Kembung

Ilustrasi kembung. (Special)

Kembung merupakan suatu kondisi yang kerap dianggap wajar. Namun, kembung bisa jadi salah satu gejala maag akut, lho.

Kembung dapat terjadi karena produksi asam lambung yang berlebih, sehingga menyebabkan adanya tumpukan gas di dalam perut. Saat mengalami kondisi ini, kamu akan merasakan perut tidak nyaman, begah, bahkan sendawa berulang-ulang disertai rasa asam kerongkongan. 

Hilang Nafsu Makan

Ilustrasi hilang nafsu makan. (Special)

Gejala selanjutnya yang menunjukkan bahwa kamu mengidap maag akut adalah hilangnya nafsu makan. Saat mengalami maag akut, lambung akan dipenuhi dengan gas.

Hal inilah yang membuat kamu merasa kenyang dan tidak berselera untuk makan. Meskipun mencoba makan dengan porsi sedikit, tapi kamu tetap kesulitan untuk menelan makanan. Bahkan, tak jarang juga penderita maag akut muntah dan mual akibat asam lambung. 

Berat Badan Turun

Ilustrasi berat badan turun. (Special)

Seseorang yang mengidap maag akut akan kesulitan untuk makan dan menerima asupan nutrisi. Hal ini disebabkan karena rasa mual dan muntah yang dialami. Karena kurangnya asupan nutrisi tersebut, kemudian dapat berdampak pada berat badan. Kebanyakan penderita maag akut akan mengalami penurunan berat badan. 

Jika mengalami gejala di atas, maka segera periksakan diri ke dokter, ya!