1. Health
  2. Hal yang Harus Dihindari oleh Pasien Kanker Ketika Jalani Puasa Ramadan
Health

Hal yang Harus Dihindari oleh Pasien Kanker Ketika Jalani Puasa Ramadan

Hal yang Harus Dihindari oleh Pasien Kanker Ketika Jalani Puasa Ramadan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim tanpa terkecuali. Namun, Islam sendiri memberikan keringanan bagi orang yang sakit untuk tidak menjalankan puasa. Meski begitu, sebagai umat muslim seseorang bisa saja ingin tetap melaksanakan puasa meskipun sedang dalam keadaan sakit.

Bagi pasien kanker, puasa boleh saja dilakukan selama hal tersebut telah disetujui oleh dokter yang merawatnya. Hal paling penting yang harus dipersiapkan bagi para parien kanker yang hendak menjalankan puasa adalah kondisi kesehatannya.

“Apabila dokter sudah memberikan lampu hijau bagi Anda untuk menjalani puasa, pastikan Anda selalu mengikuti anjuran yang diberikan. Pastikan juga untuk mengikuti rencana diet yang sudah ditentukan oleh ahli gizi Anda agar kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi,” ujar dr. Budi Harapan Siregar, Sp.B (K)Onk., Konsultan Onkologi Eka Hospital Bekasi.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari pasien kanker saat menjalankan ibadah puasa.

Makanan Mentah

Ilustrasi Makanan Mentah. (Freepik.com)

 

Untuk mencegah risiko keracunan makanan, pasien kanker sebaiknya hanya mengonsumi makanan yang sudah dimasak matang sempurna. Saat mengalami kanker, daya tahan tubuh akan menjadi lemah dan lebih rentan terserang virus atau bakteri. Untuk menghindari hal tersebut, maka hindarilh makan makanan mentah atau makanan yang tidak matang sempurna.

Makanan Pedas

Ilustrasi Makanan Pedas. (Freepik.com)

 

Salah satu efek samping dari kemoterapi adalah dapat menyebabkan adanya sariawan pada mulut pasien kanker, mengonsumsi makanan pedas akan memperburuk kondisi tersebut. Maka dari itu, hindarilah makan makanan pedas dan berminyak saat sahur dan berbuka puasa.

Follow our
media updates!

Selain itu, mengonsumsi makanan pedas setelah perut kosong dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko asam lambung pada seseorang.

Makanan atau Minuman Tinggi Gula

Ilustrasi Minuman Manis. (Freepik.com)

 

Saat berbuka puasa, seseorang biasanya menginginkan makanan atau minuman yang manis. Namun, hal tersebut merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh pasien kanker saat sedang menjalankan puasa.

Sebaiknya, pasien kanker menghindari makanan yang tinggi gula, garam, alkohol, dan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Makanan tersebut banyak ditemukan pada mentega, fast food, minuman soda, dan gorengan.

Memaksakan Diri

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Hal terpenting yang harus diingat oleh pasien kanker ketika sedang menjalankan ibadah puasa adalah jangan memaksakan diri. Jika merasa sangat kepayahan dan kelelahan, pertimbangkanlah untuk membatalkan puasa.

Karena bagaimanapun, memaksakan diri untuk terus berpuasa bisa menghambat penyembuhan kanker yang sedang dijalani.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel