Baru Masuk Kerja? Ini 7 Hal Yang Harus Dilakukan Newbie

Rabu, 15 Desember 2021 | 17:35:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

Baru Masuk Kerja? Ini 7 Hal Yang Harus Dilakukan Newbie

Ilustrasi kolega yang sedang bekerja. (Spesial)

Saat mulai bekerja untuk pertama kali atau masuk ke tempat kerja yang baru tentunya bisa membuat kita grogi. Lingkungan kerja baru, kolega baru, ritme dan dinamika kantor baru membuat kita bertanya-tanya bagaimana nanti cara menghadapi mereka.

Tentunya kita ingin membuat kesan yang baik, disukai atasan dan rekan-rekan kerja, serta mampu menunjukkan kemampuan dalam bekerja. Lalu, bagaimana sih sebaiknya kita bersikap ketika pertama kali memasuki lingkungan kerja yang baru?

Hal yang Harus Dilakukan Newbie di Tempat Kerja

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan para newbie di tempat kerja.

1. Datang Lebih Awal

Ilustrasi perempuan yang berangkat kerja lebih awal. (Ladiestory.id)

Sebagai anak baru, tentunya perlu waktu untuk beradaptasi. Maka dari itu, usahakanlah untuk datang lebih awal sebelum jam kantor dimulai supaya Kamu punya waktu untuk mempersiapkan diri. Agar tidak terlambat, selalu pasang alarm, ya!

2. Ramah dan Santun

Jangan ragu untuk bersikap ramah dan santun, seperti menyapa setiap kolega yang berpapasan, mulai dari resepsionis, office boy, sampai seniormu.Kamu juga tak perlu khawatir akan dianggap SKSD (sok kenal sok dekat) dengan mereka.

Hal ini justru perlu Kamu lakukan karena masih newbie dan perlu memperkenalkan diri dan bersikap ramah kepada mereka.

3. Inisiatif dan Proaktif

Mungkin sebagian dari Kamu justru banyak melamun di hari pertama bekerja karena tidak ada yang memperhatikan. Perlu diingat bahwa dunia kerja berbeda dengan sekolah. Jangan putus asa jika senior atau kolega justru akan sibuk dan tidak mengajak bicara, apalagi datang menghampiri dan mengajarimu.

Untuk itu, Kamu perlu lebih proaktif agar bisa cepat belajar dan mendapat pengalaman. Daripada duduk menunggu, lebih baik Kamu bertanya kepada kolega dan seniormu, “Apa yang bisa saya bantu hari ini?”

4. Pelajari Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan

Ilustrasi orang yang sedang beradaptasi di tempat kerja. (Spesial)

Saat di awal bekerja, pastikan Kamu memahami tugas dan tanggung jawabmu sebaik-baiknya. Perlu Kamu ketahui juga, bahwa tidak semua perusahaan memiliki job description dan SOP yang jelas.

Nah, Kamu bisa menggunakan kesempatan saat waktu istirahat untuk ngobrol dengan kolega atau seniormu. Selain untuk mengakrabkan diri, berbincang dengan kolega dan senior bisa menambah insight dan pengalaman saat bekerja.

5. Pahami Budaya dan Etos Kerja Perusahaan

Budaya di setiap perusahaan itu berbeda. Ada perusahaan yang mengedepankan kreativitas, ada juga yang mengedepankan integritas. Budaya perusahaan akan tercermin dari etos kerja karyawannya.

Biasanya, budaya kerja di tempat pertama kali seseorang bekerja akan memberikan andil besar dalam membentuk etos kerja seseorang. Itulah pentingnya memilih tempat kerja yang memiliki etos kerja yang baik, karena tempat Kamu bekerja akan membentuk karakter dan etos kerja.

6. Jadilah Seseorang yang Mudah Diajari

Ilustrasi kolega yang mengajari junior di tempat kerja. (Ladiestory.id)

Sebagai anak baru tentunya mesti rendah hati dan tidak bersikap sok tahu, sebab kolega atau senior tentunya lebih berpengalaman di tempat kerja tersebut. Jika Kamu bersikap sok tahu dan terkesan “ngeyel” pastinya senior bisa merasa jengkel dan enggan untuk mengajarimu.

Seandainya Kamu merasa benar, Kamu tidak perlu langsung membantah. Sebaliknya, coba dengarkan terlebih dahulu dan pahami kenapa. Jadilah seseorang yang rendah hati dan menghargai orang lain.

7. Pamit Sebelum Pulang

Sama seperti datang bertamu ke rumah orang, ketika ingin pulang setelah bekerja pun selalu pamit dengan kolega di sekitar dan atasanmu. Hindari menjadi seseorang yang datang tidak kelihatan dan pulang diam-diam.

Jangan takut akan diberi kerjaan lagi sebelum pulang, sebab hal ini bisa jadi kesempatan untuk banyak belajar dan mencari pengalaman.

Buat Kamu para newbie, sudah melakukan hal yang mana aja nih? 

 

Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: [email protected]

Website: www.jdnext.id