6 Hewan Langka yang Ada di Indonesia, Sudah Tahu?

Selasa, 9 November 2021 | 10:27:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia, Sudah Tahu?

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Meskipun dikenal sebagai negara yang memiliki beragam flora dan faunanya, namun ternyata Indonesia memiliki sederet hewan yang juga terancam punah. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, baik secara alamiah atau faktor yang dipengaruhi karena ulah manusia.

Hewan Langkah yang Ada di Indonesia

Berikut hewan langkah yang ada di Indonesia yang keberadaannya kian punah.

1. Macan Tutul Jawa

Foto: iStock

Macan tutul jawa adalah salah satu hewan langka yang ada di Indonesia. Hewan ini juga dilindungi berdasarkan UU 134 Tahun 1931 tentang Perlindungan Binatang Liar. Macan tutul jawa sebagai spesies macan tutul yang memiliki ukuran paling kecil dengan penglihatan yang sangat tajam.

Macan jenis ini adalah hewan endemis yang hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa sebagai habitat utamanya.

Kini macan tutul jawa telah dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan dapat ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Pulau Kangean, dan Pulau Nusakambangan, Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, hingga Taman Nasional Alas Purwo (Jawa Timur).

Kelangkaan macan tutul sendiri diakibatkan oleh perburuan dan habitatnya yang kian rusak karena penebangan dan pelebaran lahan.

2. Harimau Sumatra

Harimau sumatra atau dalam bahasa Latin Panthera tigris sumatra merupakan spesies hewan langka yang terancam punah. Hewan ini hidup di endemis asli Pulau Sumatra.

Mengutip dari laman Mongabay, hingga saat ini hanya tersisa sekitar 600 ekor harimau Sumatra yang tersisa di Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh kerusakan habitat hingga tingginya angka kematian.

Dilansir Mogabay, setidaknya ada 50 harimau sumatra yang dibunuh di Indonesia setiap tahun antara tahun 1998 dan 2002.

Tak sampai disitu harimau sumatra juga sering kali beredar di perdagangan ilegal, di mana bagian-bagian tubuhnya diperdagangkan dengan harga tinggi di pasar gelap. Bagian tubuh tersebut biasanya untuk dijadikan perhiasan, tas kulit, ikat pinggang dan masih banyak lagi.

3. Burung Merak

Merak sebagai spesies burung yang termasuk dalam genus pavo dan afropavo dan termasuk familia ayam hutan berasal dari daratan Asia seperti India, Pakistan Nepal Indonesia Myanmar, Burma, dan Afrika Tengah. 

Khususnya di Indonesia, burung merak dapat ditemukan di daerah Jawa bagian timur. Habitatnya berada pada area tropis dan alam liar seperti hutan yang dataran rendah dan dekat dengan sumber air yang mengalir.

4. Gajah Sumatra

Foto: steemit

Contoh hewan langka selanjutnya yaitu gajah sumatera. Menurut data BPS, populasi gajah sumatra pada tahun 2017 ada 362 ekor. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2015 dan 2016 yang hanya 84 dan 115 ekor.

Banyak faktor yang menjadi pemicu kelangkaan populasi hewan bertubuh besar ini. Perburuan liar menjadi salah satunya penyebabnya.

5. Banteng

Hewan langka Indonesia berikutnya yaitu banteng. Menurut BPS, pada tahun 2017 jumlah banteng hanya ada 270 ekor. Diketahui bahwa banteng yang hidup di Indonesia ada dua jenis yaitu Bos javanicus javanicus yang ada di Pulau Jawa dan Bos javanicus lowi di Kalimantan.

6. Orang Utan

Foto: diskominfo.kaltimprov

Hewan langka selanjutnya yaitu orang utan. Orang utan endemik Indonesia setidaknya ada tiga jenis yaitu orang utan sumatra, orang utan kalimantan, dan orang utan tapanuli. 

Ciri khas tersendiri berwarna bulu cokelat kemerahan dan orang utan dari Kalimantan memiliki ciri wajah besar dengan pelipis menyerupai bantal.

Sementara itu, orang utan tapanuli merupakan spesies baru dan ditemukan di Ekosistem Batang Toru. Spesies ini terancam punah dan kondisinya sangat memprihatinkan.

Itulah 6 contoh hewan langka yang ada di Indonesia. Sudah sepatutnya bagi kita untuk melindungi satwa liar yang kini keberadaannya semakin langka.