Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | HINDARI MAKANAN PEDAS SAAT PERUT KOSONG, INI BAHAYANYA

Hindari Makanan Pedas Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya

LS Health
Penulis: LS Health
Senin, 30 November 2020 | 06:35:19
Durasi baca: 1 menit, 57 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Hindari Makanan Pedas Saat Perut Kosong, Ini Bahayanya 

Kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai makanan pedas dibanding makanan asin atau manis. Masakan pedas terasa begitu nikmat di lidah dan dapat menggugah selera makan. Saking sukanya, beberapa orang tak peduli mengonsumsi makanan pedas pada pagi hari atau saat perut masih dalam keadaan kosong. 

Padahal, mengkonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut kosong sangat berbahaya bagi organ pencernaan. Pada mereka yang memiliki penyakit maag atau asam lambung, risiko tersebut dapat lebih parah. 

Pada pagi hari, ketika bangun tidur, perut masih dalam kondisi kosong karena semua makanan sudah habis dicerna selama semalaman. Lantaran perut kosong, produksi asam lambung dalam tubuh meningkat. Asam lambung yang seharusnya digunakan untuk mencerna makanan justru mengikis lemak di perut. 

Baca juga: Daftar Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan pedas pada pagi hari, ditambah perut dalam kondisi kosong, dapat semakin meningkatkan iritasi perut serta memperparah gejala asam lambung. Akibatnya, perut terasa sakit, perih, iritasi, dan gangguan pencernaan terganggu. 

Selain itu, juga menimbulkan gejala lain seperti mual, muntah, perut kembung, perut keram, serta nyeri di ulu hati atau heartbun. 

Rupali Datta, konsultan ahli gizi asal Amerika Serikat, mengatakan mengonsumsi makanan pedas dalam kondisi perut belum terisi apa pun dapat berdampak buruk pada lambung. "Mengonsumsi rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang menyebabkan reaksi asam dan kram," katanya dikutip dari laman Food NDTV

Karena itu, disarankan untuk menghindari makanan pedas serta lebih selektif dalam memilih makanan pada pagi hari serta saat perut kosong. 

Lisa Ganjhu, ahli gastroenterologi dari NYU Langone Medical Center, menyarankan untuk mengonsumsi susu terlebih dulu ebelum makan hidangan pedas. Sebab, susu dapat melapisi lambung dan memecah pedas dari cabai yang dikonsumsi. 

Baca juga: Mencicipi Makanan Khas Turki Favorit Para Wisatawan


Dengan demikian, hidangan pedas tidak langsung mengenai lambung atau perut kosong sehingga tidak membuat iritasi perut juga mengganggu sistem pencernaan. 

Selain makanan pedas, beberapa makanan tertentu juga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam keadaan perut kosong atau pada pagi hari, salah satunya makanan bersifat asam. Pasalnya, sama dengan makanan pedas, makanan asam juga sangat berisiko mengiritasi dinding lambung, melukai perut, serta memperburuk gejala asam lambung meningkat, terutama mereka yang memiliki penyakit maag dan asam lambung atau GERD. 

Makanan asam yang harus dihindari saat perut kosong, di antaranya buah jeruk, air lemon, nanas, makanan yang mengandung jeruk nipis, juga bawang bombay. 

Nah, mulai sekarang selektif memilih menu sarapan maupun makanan saat perut dalam kondisi kosong jika tak ingin bahaya di atas mengintai ya. 

Baca juga: Makanan Ini Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa di Tengah Corona Covid-19

Makanan pedas Resep makanan pedas Efek makanan pedas untuk kesehatan Makanan pedas yang baik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health