Gunakan Internet, Ini 5 Ide Usaha Dibidang Pendidikan

Senin, 22 Agustus 2022 | 21:00:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Gunakan Internet, Ini 5 Ide Usaha Dibidang Pendidikan

Ilustrasi seorang pebisnis. (Special)

Ladiestory.id - Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap orang. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan dari masa ke masa, telah membuka banyak peluang usaha yang sangat besar.

Maka tidak heran, berbagai produk serta layanan usaha di sektor pendidikan terus mengalami peningkatan. Terlebih bagi seseorang dengan ketertarikan di bidang pendidikan, seperti mengajar, ada beberapa peluang usaha bisa dilakukan secara online.

Berikut beberapa ide usaha yang bisa menjadi referensi:

Bimbingan Belajar Online

Bimbingan Online (Special)

Peluang usaha pertama adalah membuka layanan bimbingan belajar secara online. Jika membuka bimbingan belajar secara offline tidak memungkinkan, kenapa tidak mencoba membuat bimbingan belajar secara online. Selain itu modal usaha yang dikeluarkan pastinya akan relatif lebih kecil, dan waktu yang digunakan akan lebih efisien.

Content Creator Edukatif

Ilustrasi Konten Kreator (Special)

Selain itu, peluang usaha lainnya bisa dimulai dengan menjadi seorang konten kreator. Nantinya konten yang akan dipublikasikan adalah konten mengenai pendidikan. Konten semacam ini sangat dibutuhkan dan banyak dicari oleh para pengguna internet. Modal yang perlu dipersiapkan untuk memulai karier sebagai konten kreator edukatif juga relatif terjangkau.

Membangun Website Edukatif

Ilustrasi Website Pendidikan (Special)

Ide usaha dengan bermodalkan internet berikutnya adalah menjadi seorang pemilik website edukatif. Website tersebut bisa dimanfaatkan untuk membagikan berbagai pengetahuan menarik terkait dunia pendidikan.

Website edukatif sifatnya memang sedikit mirip dengan konten kreator. Hanya saja nantinya dapat dibuat lebih fleksibel, terlebih dalam menciptakan sebuah konten. Tidak sekedar konten berupa video namun dapat menyajikan konten berupa artikel, infografis, atau gambar.

Jasa Pembuatan Software dan Website Pendidikan

Ilustrasi Software (Special)

Nah, ide usaha yang tidak kalah menarik adalah jasa pembuatan software serta website pendidikan. Di era digital seperti sekarang, keberadaan jasa pengembangan website dan software sangat dibutuhkan, terutama oleh pihak sekolah.

Bagi yang berminat, dapat mulai menawarkan jasa dengan membangun website serta akun media sosial. Tak lupa juga untuk  melakukan optimasi atau pemanfaatan iklan agar peluang usaha ini bisa dikenal secara luas oleh para pelanggan.

E-Book

Ilustrasi e-book (Special)

Berikutnya adalah membuat buku online atau yang biasa disebut e-book. Kamu bisa menulis novel atau hal yang kamu ahli dibidangnya. Karena kemajuan teknologi saat ini e-book menjadi salah satu pilihan yang diminati dalam dunia pendidikan.

Itu dia 5 ide usaha pendidikan yang bisa dilakukan secara online. Namun, untuk menjalankannya kamu butuh koneksi internet yang kuat. Dari rilis yang diterima Ladiestory.id pada Sabtu (20/08/2022). Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, turut menghadirkan layanan yang dapat mendukung segala aktivitas digital. Dengan didukung oleh teknologi handal The New Biznet Fiber, Biznet Home hadir dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar hingga 250Mbps. Jadi mau pilih ide usaha yang mana nih?