Ingin Sehat dan Cantik, Yuk Kenali 5 Manfaat Konsumsi Buah Naga

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 23:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ingin Sehat Dan Cantik, Yuk Kenali 5 Manfaat Konsumsi Buah Naga

Ilustrasi Buah Naga (pinterest)

Ladiestory.id - Buah dengan warna merah keunguan ini tak hanya enak dikonsumsi sebagai makanan dan jus. Namun juga berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, loh. Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C, B3, dan E yang sangat baik bagi kulit wajah serta tubuh.

Buah naga bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat sebagai alternatif masker wajah untuk mendapat perawatan kulit secara alami. Dilansir dari Healthline, buah naga juga kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Selain itu, buah yang berasal dari Meksiko ini memiliki 5 manfaat bagi kulit seperti berikut ini.

Atasi Jerawat

Ilustrasi Jerawat (pinterest)

Siapa sih yang nggak risih sama masalah kulit yang satu ini. Yup, jerawat kerap membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Eits, jangan khawatir, kamu juga bisa mengatasi jerawat membandel dengan mengonsumsi buah naga. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah naga mampu melawan radikal bebas sehingga dapat menangkal terjadinya kerusakan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah naga juga dapat membuat wajah bersih dan sehat. Kamu juga dapat menempelkan kulit buah naga dibagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini (pinterest)

Kandungan vitamin E serta beta-karoten pada buah naga juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu memperlambat penuaan sel pada kulit. Buah naga juga nikmat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan jus atau smoothies.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu juga dapat membuat masker alami wajah dari buah naga dengan cara ambil ½ gelas air, satu sendok yoghurt dan beberapa potongan buah naga kemudian diblender secara halus. Diamkan masker buah naga keseluruh permukaan wajah selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Cerahkan Kulit

Ilustrasi Kulit Cerah (pinterest)

Buah naga juga memiliki kandungan vitamin C, protein dan asam folat yang efektif mengangkat sel kulit mati. Serta dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bebas kusam. Kandungan B3 dalam buah naga juga dapat membantu mencerahkan wajah. Selain buahnya, menurut sebuah penelitian, kulit buah naga juga mempunyai banyak kandungan yang berguna sebagai obat loh. 

Daripada menghabiskan uang banyak untuk treatment ke salon kecantikan, kamu juga bisa membuat masker atau scrub buah naga di rumah, loh.

Melembapkan Kulit

Ilustrasi Kulit Lembab(pinterest)

Buah yang disebut dragon fruit juga memiliki manfaat lainnya yakni membantu melembapkan kulit. Karena memiliki kandungan air sebanyak 80 persen serta kaya akan vitamin C, E, antioksidan dan B3 yang dapat membuat kulit terlihat lebih lembap dan sehat.

Dengan kadar air yang tinggi maka kulit yang kering akan terhidrasi dengan baik, maka dari itu buah naga juga baik untuk dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil perawatan kulita alami yang maksimal.

Atasi Masalah Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Atasi Masalah Kulit Terbakar (pinterest)

Kaya akan kandungan vitamin B3, buah naga juga dapat mengatasi masalah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin B3 pada buah naga juga dapat meredakan inflamasi atau peradangan kulit, ruam kemerahan, serta rasa gatal akibat paparan sinar matahari yang keras kepermukaan kulit.

Kamu juga dapat mengambil irisan buah naga kemudian ditekan kepermukaan kulit yang terbakar akibat sinar matahari, hal ini akan membantu melembapkan kulit dengan kandungan vitamin B3 serta antioksidannya.

Cara lainnya, kamu pun dapat mengambil perasan air buah naga, kemudian campurakan 1 sdm madu dan 1 sdm perasan air timun kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan racikan tersebut pada kulit yang terbakar dan diamkan hingga mengering.

s