Ingin Umur Panjang? Ikuti 5 Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:15:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ingin Umur Panjang? Ikuti 5 Gaya Hidup Sehat Ala Orang Jepang

Ilustrasi lansia di Jepang. (special)

Ladiestory.id - Jepang merupakan salah satu negara maju yang memiliki angka obesitas terendah di dunia. Tak hanya itu, angka harapan hidup di negara matahari terbit ini juga terbilang cukup tinggi. Bahkan, banyak penduduk lansia di jepang yang memiliki usia hingga 100 tahun. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari pola makan dan gaya hidup penduduk Jepang.

Gaya hidup sehat penduduk di Jepang memang cocok untuk dijadikan panutan. Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, mengikuti gaya hidup sehat masyarakat Jepang juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung, stroke dan yang lainnya. Nah, Ladies penasaran kan seperti apa saja gaya hidup sehat penduduk Jepang? Simak terus, rangkuman lengkapnya berikut ini.

1. Konsumsi Sayuran

Ilustrasi Sayuran. (special)

Jika Kamu sering melihat film Jepang, maka tentunya Kamu tidak asing lagi dengan pola makan masyarakat Jepang. Umumnya masyarakat di Jepang banyak mengkonsumsi sayuran, dan ikan laut. Mereka tidak pernah melupakan sayuran setiap kali makan. Sayuran yang dikonsumsi juga beragam mulai dari jamur, lobak, terong dan yang lainnya.

Agar tidak bosan, mereka membuat sayuran ke dalam berbagai variasi makanan seperti kedelai fermentasi, dan rumput laut. Selain itu masyarakat Jepang juga suka mengkonsumsi kacang edamame sebagai camilan. Mereka lebih memilih camilan sehat dibandingkan dengan camilan kemasan.

2. Konsumsi Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau. (special)

Mengkonsumsi teh hijau sud.ah menjadi kebiasaan bagi masyarakat di Jepang. Memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, membuat teh hijau terbukti bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga mampu menurunkan rikiko penyakit kardiovaskular dan juga kanker.

Di jepang teh hijau dikenal dengan nama matcha, masyarakat di Jepang sudah terbiasa mengkonsumi minuman teh hijau minimal dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari. Teh hijau juga sering disajikan untuk tamu, atau pada jamuan khusus. Teh hijau biasanya disajikan dengan gula batu, atau tanpa gula sama sekali.

3. Terbiasa Jalan Kaki

Ilustrasi orang Jepang jalan kaki. (special)

Sebagai salah satu negara maju, Negeri Sakura ini juga dikenal sebagai Negara dengan industri otomotif terbesar. Meski demikian, masyarakat di Jepang lebih memilih berjalan kaki untuk aktivitas setiap harinya.

Pemerintah Jepang juga mengimbau masyarakatnya agar berjalan kaki atau menggunakan sepeda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini di dukung oleh pemerintah yang memberikan nilai pajak yang terbilang cukup tinggi untuk kendaraan pribadi. Sehingga membuat masyarakat memilih berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum.

Kebiasaan berjalan kaki atau mengayuh sepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika berjalan otot-otot dalam tubuh akan ikut bergerak dengan sendirinya, secara tidak langsung Kamu telah melakukan olahraga. Hal ini menjadi salah satu gaya hidup sehat masyarakat Jepang sehingga memiliki umur yang panjang.

4. Sajikan Masakan dalam Wadah yang Kecil

Ilustrasi tempat makanan di Jepang

Menyajikan masakan dalam wadah yang kecil, merupakan salah satu kebiasaan bagi masyarakat di Jepang. Mereka menyajikan nasi, aneka sup, dan lauk dalam wadah yang kecil dengan tujuan mengontrol porsi makan.

Seperti yang kita ketahui makan dalam porsi besar, akan lebih rentan terhadap obesitas dibandingkan dengan makan dalam porsi yang kecil. Oleh sebab itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat mereka selalu menyajikan masakan dalam wadah kecil.

5. Menjaga Kebersihan

Ilustrasi bersih-bersih. (special)

Selain menjaga pola makan, masyarakat Jepang juga sangat mencintai kebersihan. Hal itu dapat terlihat di sepanjang jalan di negara Jepang nampak bersih dan bebas dari sampah. Masyarakat di Jepang juga memiliki kebiasaan mandi sehari dua kali bahkan bisa juga lebih, jika musim panas tiba. Itulah sebabnya masyarakat di Jepang terkenal sehat, karena terbiasa menjaga kebersihan bahkan sejak kecil.