Ini Dia Chord Lagu Kebangsaan Indonesia Berjudul "Indonesia Raya" Ciptaan Wr Supratman

Selasa, 10 Agustus 2021 | 01:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ini Dia Chord Lagu Kebangsaan Indonesia Berjudul "Indonesia Raya" Ciptaan Wr Supratman

foto:ladiestory.id

 

Lagu Kebangsaan negara Indonesia adalah Indonesia Raya. Lirik Lagunya pasti dan selalu menunjukan sebuah rasa keberanian, kebanggaan, nasionalisme, dan kecintaan terhadap bangsa itu sendiri.

Lagu Indonesia Raya juga sangat kerap dipakai dalam pelaksanaan upacara dan ketika memulai suatu pertandingan. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan betapa bangganya kami terhadap Indonesia yang berhasil lepas dari para penjajah.

Indonesia Raya pertama kali dipertunjukkan pada 28 Oktober 1928 saat Kongres Pemuda II di Batavia. Indonesia Raya menjadi penanda kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia.

WR Supratman telah bertahun-tahun mengikuti kakaknya tinggal di Makassar, hingga akhirnya pada 1924 ia memutuskan untuk kembali ke Pulau Jawa. Di sana, ia bekerja sebagai wartawan di Bandung dan menyumbangkan artikel-artikelnya ke surat kabar Kaoem Moeda, Kaoem Kita, dan Sin Po.

Semenjak saat itu, Supratman mulai terinspirasi dalam suasana pergerakan, ia pun berkontribusi dengan menciptakan Lagu-Lagu perjuangan yang membangkitkan semangat.

Pada suatu hari, WR Supratman membaca sebuah artikel yang menentang para komponis Indonesia guna menciptakan Lagu kebangsaan tanah air.

Menengok berita tersebut, Supratman mengubah Lagu Indonesia Raya yang pada subjudulnya ia beri tulisan "Lagu kebangsaan".

Lagu tersebut pertama kali diperdengarkan ketika Kongres Pemuda II dan ditanggapi dengan gemuruh tepuk tangan yang memenuhi ruangan. Tidak membutuhkan waktu yang lama, naskah Lagu Indonesia Raya tersebar ke mana-mana.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Teks Lagu Indonesia Raya dibagikan pertama kali oleh surat kabar Sin Po, surat kabar Tionghoa. Sedangkan untuk rekaman pertama dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Yo Kim Tjan.

Namun, sekarang kamu dapat menyanyikan Lagu ini kapan saja. Sebagai pelengkap, kamu dapat mengenakan gitar guna mengiringi Lagu kebangsaan Indonesia Raya ini.

Menyaksikan sendiri bendera merah putih dikibarkan sambil menyanyikan Lagu "Indonesia Raya" pasti merupakan salah satu momen yang paling berkesan selama upacara bendera.

Lagu "Indonesia Raya" diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Berkat Lagu ciptaannya tersebut, ia diberi penghargaan berupa gelar pahlawan nasional.

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Berikut lirik Lagu Indonesia Raya beserta chord nya.

(Intro) C D G

    G            G

Indonesia tanah airku

      C      G    D

Tanah tumpah darahku

    Am           D

Di sanalah aku berdiri

     D     D7 G

Jadi pandu ibuku

    G             G

Indonesia kebangsaanku

       Em    G    B C

Bangsa dan Tanah Airku

    Am          Bm C

Marilah kita berseru

    D          G

Indonesia bersatu

     C

Hiduplah tanahku

     G

Hiduplah negriku

      D               G

Bangsaku Rakyatku semuanya

      C

Bangunlah jiwanya

      G

Bangunlah badannya

      D           G

Untuk Indonesia Raya

    C

Indonesia Raya

     G

Merdeka Merdeka

     D7                 G

Tanahku, negriku yang kucinta

    C

Indonesia Raya

     G

Merdeka Merdeka

     C       D       G

Hiduplah Indonesia Raya

    C

Indonesia Raya

     G

Merdeka Merdeka

     D7                 G

Tanahku, negriku yang kucinta

    C

Indonesia Raya

     G

Merdeka Merdeka

     C       D       G

Hiduplah Indonesia Raya

foto:ladiestory.id
foto:instagram/fujistringid

Wage Rudolf Supratman merupakan guru, wartawan, violinis, dan komponis Hindia Belanda. Ia dikenal oleh masyarakat sebagai pencipta Lagu kebangsaan Indonesia Raya serta merupakan anggota grup musik jazz Black dan White Jazz Band.

Tanggal lahir menurut versi pertamanya yang adalah 9 Maret, ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Ia pun pada akhirnya juga diberi gelar Pahlawan Nasional Indonesia atas jasa jasanya untuk negara Indonesia kita ini.

Kita sebagi generasi penerus bangsa harus bisa meneruskan perjuangan perjuangan mereka walaupun kita tidak sedang berperang. Karena nyatanya, kita memang tidak berperang dengan negara lain melainkan berperang dengan sesama satu tanah air.