Inilah Arti Jerawat di Dahi dan Letak Jerawat di Wajah Lainnya

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Inilah Arti Jerawat Di Dahi Dan Letak Jerawat Di Wajah Lainnya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jerawat menjadi masalah kulit yang umum terjadi pada siapa saja. Tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang sedap dipandang, jerawat di wajah juga mengurangi rasa percaya diri.

Jerawat juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang menjadikan aktivitas terganggu. Jerawat bisa muncul di mana saja, mulai jerawat di dahi, pipi, dagu, leher, bahkan telinga.

Kenali Arti Letak Jerawat di Wajah

Kemunculan jerawat di mana pun letaknya tentu sangat menjengkelkan dan mengganggu penampilan. Jerawat timbul tidak hanya sekedar penyumbatan pori-pori dan kurangnya menjaga kebersihan kulit.

Namun menurut pengobatan tradisional Tiongkok, arti letak jerawat ternyata berbeda-beda dan bisa menandakan adanya masalah atau gangguan kesehatan tertentu. Yuk ketahui arti letak jerawat di wajah di bawah ini

1. Jerawat di Dahi

Jerawat di Dahi
Foto: teen

Jerawat juga bisa muncul di dahi atau area jidat. Bagian wajah ini termasuk dalam T-zone. Arti letak jerawat di dahi biasanya menandakan kondisi kulit yang berminyak dan efek stres.

Jika kamu sedang stres misalnya karena tekanan pekerjaan, jerawat biasanya akan muncul pada area wajah yang memiliki kadar kelenjar minyak lebih banyak dari daerah lainnya, terutama di area dahi.

Bahkan terdapat sebuah studi yang dimuat dalam Acta Dermato-Venereologica menyebutkan bahwa efek stres memang tidak memengaruhi produksi minyak.

Akan tetapi, kondisi mental ini dapat memperburuk kondisi jerawat di dahi yang sudah ada sebelumnya.

Oleh sebab itu, hindari stres dengan melakukan olahraga secara rutin atau meditasi sebelum tidur. Menjaga pola tidur agar teratur dan mempertahankan kualitas tidur juga bisa membantu dalam mengurangi stres.

Tak hanya itu, arti jerawat di dahi bisa pula menandakan adanya gangguan pada usus halus dan kandung kemih kamu lantaran berkaitan dengan proses penyerapan makanan dan pembuangan sisa limbah dari tubuh.

Akan disarankan untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi pola makan tinggi serat sebagai cara mencegah jerawat di dahi.

2. Jerawat di Dagu

Jerawat di Dagu
Foto: Ladiestory.id

Letak jerawat di dagu dan rahang seringkali menandakan hormon yang tidak stabil. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem endokrin tubuh.

Kelenjar sebum memproduksi lebih banyak dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Biasanya para wanita saat menjelang menstruasi, hamil atau peralihan dari alat kontrasepsi akan mengalami munculnya jerawat di area ini.

Selain itu, letak jerawat di dagu juga berhubungan dengan iritasi usus besar. Hal ini bisa menunjukkan kalau ada alergi terhadap makanan atau juga cara diet yang salah.

3. Jerawat di antara Alis

Jerawat di Antara Alis
Foto: SehatQ

Jerawat yang terletak di antara kedua alis ini menandakan bahwa kamu memiliki masalah terhadap livermu. Kamu harus menghindari begadang di malam hari, usahakan untuk selalu tidur minimal 8 jam.

Hal ini akan membuat livermu dapat beristirahat dengan baik dan berfungsi dengan baik setiap harinya. Kurangi makanan atau minuman berbahan dasar susu, alkohol dan makanan yang berminyak.

Kurangi juga makan snack yang mengandung minyak di malam hari. Jangan lupa untuk selalu berolahraga setiap harinya.

4. Jerawat di Hidung

Jerawat di Hidung
Foto: yessehat

Timbul jerawat di hidung juga memiliki arti bagi kesehatan. Hidung terhubung dengan jantung, jadi, jika kamu punya jerawat yang tumbuh di area hidung, artinya ada masalah kecil yang terjadi dengan organ jantungmu.

Bisa juga, ini terjadi karena kamu hobi konsumsi daging dan makanan pedas. Tidak hanya itu, area ini penuh dengan pori-pori yang lebar, yang berarti riasan yang tidak dibersihkan dengan baik juga memicu terjadinya jerawat di sini.

5. Jerawat di Sekitar Mulut

Jerawat di sekitar mulut
Foto: klikdokter

Jerawat di sekitar mulut artinya bisa jadi karena konsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi. Selain itu, kemunculan jerawat di atas bibir seringkali dikaitkan dengan gangguan organ pencernaan. Tak ayal mungkin kamu mengalami perut kembung atau sembelit ketika tanda-tanda jerawat satu ini muncul.

Perbanyak pula konsumsi makanan mengandung serat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Kemudian, arti letak jerawat di atas bibir juga dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon.

6. Jerawat di Sekitar Garis Rambut

Jerawat di rambut
Foto: Ladiestory.id

Bagian garis rambut meliputi dahi dan pelipis merupakan area yang kerap menjadi tempat munculnya jerawat. Arti letak jerawat di area garis rambut menandakan kamu kurang cocok dengan bahan-bahan di produk rambut yang digunakan seperti sampo, kondisioner atau hair spray.

Pria yang menggunakan minyak atau gel rambut juga cenderung memiliki jenis jerawat di area ini. Pasalnya, minyak rambut dapat menghalangi sebum yang dikeluarkan pori-pori, sehingga terjadi penyumbatan dan munculnya jerawat.

Selain itu, jerawat di area ini bisa jadi diakibatkan penggunaan topi, helm atau bando.

7. Jerawat di Bawah Mata

Jerawat di bawah mata
Foto: Ladiestory.id

Permasalahan di sekitar mata seperti lingkaran hitam dan munculnya jerawat bisa jadi disebabkan oleh keadaan ginjal yang tidak sehat. Selain itu, dehidrasi hebat juga bisa menyebabkan masalah tersebut. Pastikan kamu meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

Selain itu, makan buah-buahan seperti melon, mentimun dan labu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajahmu, terutama ketika kamu sering berkeringat dan memakai make up.

8. Jerawat di Pipi

Jerawat di pipi
Foto: klinikestetikajakarta

Jerawat di pipi paling sering dimiliki seseorang. Namun, jangan anggap remeh jerawat yang tumbuh di pipi. Soalnya, area ini terkoneksi pada paru-paru. Arti jerawat pada pipi juga bisa menandakan adanya iritasi pada paru-paru. Bisa jadi karena polusi udara atau juga karena hal lain yang mengganggu kesehatan paru-paru.

Namun bisa juga jerawat di pipi timbul akibat kurangnya menjaga kebersihan. Seperti  Ponsel sering bersentuhan dengan pipi, terlebih jika kamu senang sekali berkomunikasi lewat benda ini.

Bahkan, ponsel dinilai menjadi benda paling kotor yang selalu disentuh oleh tangan dan tanpa sadar berinteraksi dengan pipi. Area yang berhubungan dengan pipi adalah sistem pernapasan. Jadi, kamu juga disarankan untuk tidak merokok.

9. Jerawat di Telinga

jerawat di telinga
Foto: wajahjerawat

Jarang terjadi, tapi jerawat yang muncul di telinga ini memang sangat mengganggu. Area telinga terhubung dengan ginjal, jadi, jika muncul jerawat di area ini, bisa jadi asupan cairan tubuh belum terpenuhi.

Mungkin juga, kamu sering minum kopi atau konsumsi minuman bersoda. Kurangi, ya, ini tidak baik untuk ginjal

Inilah arti letak jerawat di wajah. Semoga bermanfaat!