Inilah Bahasa Palembang "Aku Cinta Kamu" Beserta Ungkapan Lainnya

Minggu, 22 Agustus 2021 | 05:30:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Inilah Bahasa Palembang "Aku Cinta Kamu" Beserta Ungkapan Lainnya

Foto: Ladiestory.id

Bahasa Palembang merupakan bahasa melayu yang dijadikan sebagai alat komunikasi utama warga Palembang dalam aktivitas keseharian. Bahasa melayu sendiri terpecah menjadi beberapa ragam bahasa di wilayah nusantara. Seperti bahasa melayu Riau, melayu Deli, melayu Palembang, melayu Bangka, bahasa melayu Jakarta, melayu Manado.

Meskipun sama-sama bahasa melayu, namun setiap daerah memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya letak geografis pemakaian bahasa yang beragam, sehingga dapat mempengaruhi bentuk kosakata yang terdapat di dalam bahasa Melayu tersebut.

Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu baso Pelembang alus atau bebaso dan baso Pelembang sehari-hari. Baso Pelembang alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara adat.

Bahasa ini berakar pada bahasa Jawa karena raja-raja Palembang berasal dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Pajang. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.

Ungkapan dalam Bahasa Palembang

Foto: Ladiestory.id

 

Sementara itu, baso sehari-hari dipergunakan oleh wong Palembang dan berakar pada bahasa Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang biasanya mencampurkan bahasa ini dan bahasa Indonesia yakni pemilihan kata berdasarkan kondisi dan koherensi.  Sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.

Kemiripan Bahasa Palembang di Daerah Lain

Bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa daerah di provinsi sekitarnya, seperti Jambi, Bengkulu bahkan provinsi di Jawa, dengan intonasi berbeda.

Di Jambi dan Bengkulu, akhiran 'a' pada kosakata bahasa Indonesia biasanya diubah menjadi 'o'. Contohnya “Kemana” jadi “Kemano”. Selain itu bahasa Palembang memiliki percakapan dan cara bicara biasanya terlihat cepat.

Bahkan Bahasa ini tidak hanya digunakan di Kota Palembang saja, terdapat kabupaten di Sumatera Selatan yang menggunakan bahasa yang hampir sama, seperti Baturaja, Muara Enim, Lahat, Muara Dua, Tebing Tinggi, dan di daerah Empat Lawang Pagar Alam. Hal ini dikarenakan perpindahan warga Palembang ke berbagai daerah di Sumatera Selatan.

 

1. Ungkapan Bahasa Palembang : Terima Kasih

Arti terima kasih biasanya diucapkan kepada orang luar Palembang dengan kata yang sama, namun khusus untuk Palembang dapat menggunakan kata “Terimo Kasih atau Mokaseh”

2. Ungkapan Bahasa Palembang : Aku Cinta Kamu

Bahasa Cinta biasanya diganti dengan Cinto, sedangkan aku dan kamu tergantung lawan bicara, seperti aku cinto kau, aku cinto kamu.

3. Ungkapan Bahasa Palembang : Sehari Hari

Jika anda ingin mempelajari bahasa sehari-hari anda dapat melihat dan Pelajari Disini.

4. Ungkapan Bahasa Palembang : Selamat Pagi

Selamat Pagi, tidak memiliki perbedaan dengan bahasa Indonesia, kata dan pengucapannya juga tetap Selamat Pagi.

5. Ungkapan Bahasa Palembang : Cantik

Cantik dapat diartikan dengan Cindo, pengembangan katanya bisa seperti condo nian yang artinya “Cantik Sekali”

6. Ungkapan Bahasa Palembang : Lucu

Kata lucu sangat beragam bebebrapa kata misalnya enyek-enyek nian, Lodak, Tekangkang.

7. Ungkapan Bahasa Palembang : Aku Kangen Kamu

Aku kangen kamu bisa disebut dengan Aku kangen kau.

Inilah bahasa Palembang aku cinta kamu dan beberapa ungkapan lainnya. Meskipun Anda bukan dari Palembang, namun tidak ada salahnya belajar bahasa Palembang. Siapa tau jodoh Anda adalah orang Palembang, hehe

Berita Terkait