Inilah Cara Menjaga Pola Makan Sehat Selama Pandemik

Jumat, 17 April 2020 | 18:26:41

LS Health

Penulis : LS Health

Inilah Cara Menjaga Pola Makan Sehat Selama Pandemik

Sulit memang menjaga pola hidup sehat di saat pandemik dan physical distancing seperti sekarang ini. Belum lagi kabar-kabar di surat kabar dan televisi yang kebanyakan suram dan kelam, membuatmu stres dan khawatir. Tidak heran jika kamu melampiaskannya dalam bentuk makan, makan dan makan lagi. Ini bisa disebut sebagai "stress eating". Dan ini berbeda  dengan "eating disorder". Lantas bagaimana caranya agar bisa mengatasi "stress eating" ini? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa menjaga pola makan sehat saat pandemik. 

Ciptakan rutinitas baru yang sesuai dengan kebutuhanmu 

Dengan perubahan hidup yang drastis dan kehidupan sosial yang minim, wajar banget jika kamu merasa emosional dan khawatir. Dalam masa seperti ini, ada baiknya kamu menciptakan rutinitas normal baru yang sifatnya sementara. Hal ini akan membuat hari-harimu lebih tenang dan "normal". Apa pun rutinitas baru yang kamu ciptakan, pastikan memasukkan kebutuhan dasar ini ke dalamnya: makan sehat, minum cukup, tidur cukup, dan tetap ke kamar mandi. 

Cari tahu apa yang membuatmu makan terus

Setiap orang memiliki craving yang berbeda ketika sedang diliputi dengan emosi. Makanan ini biasanya menjadi pelampiasan karena ingin mencari kenyamanan. Cari tahu mengapa kamu bisa mengidam sesuatu dan bagaimana sekelilingmu bisa membuatmu menjadi lebih sehat lagi. Patahkan kebiasaan ini dengan kebiasaan baru yang lebih sehat. Ohya, bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan yang kamu idamkan tersebut, tapi cobalah untuk memakannya dalam porsi yang moderat. 

Ganti kebiasaan tersebut

Contohnya, jika kamu sedang mengidam yang manis-manis yang tidak sehat, coba ganti dengan mengonsumsi makanan sehat yang manis (seperti buah-buahan). Atau coba minum terlebih dahulu dan 20 menit setelahnya, perhatikan apakah kamu benar-benar lapar atau hanya haus. Dehidrasi terkadang membuat kita merasa "lapar", padahal sebenarnya tubuh hanya ingin minum air.

Ubah porsi makan

Jika mengganti makanan yang kamu idamkan tidak berhasil, mungkin kamu memang lapar. Dalam hal ini, coba atur porsi makan. Misalnya, jika memang ingin makan roti, makanlah dalam porsi kecil, atau ganti dengan buah. 

Pastikan kamu tidak melewatkan waktu makan

Melewatkan jam makan atau tidak makan bisa membuat kita semakin mengidam, terutama karena tubuh membutuhkan makanan sebagai sumber energi. Dan kita juga akan cenderung lebih gampang menyerah untuk makan yang tidak sehat saat sedang lapar dan otak tidak berfungsi dengan baik. Oleh karenanya, pastikan kamu tetap makan secara teratur. Dan ingat untuk menikmati makanan/cemilan dengan interval tidak lebih dari setiap empat jam. 

Terapkan prinsip "mindful eating"

Mindfulness terbukti ampuh membantu kita mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita lebih sabar dan bersyukur. Dan prinsip ini juga membuat kita lebih mudah memiliki pola makan yang lebih sehat. Oleh karenanya, terapkan prinsip ini setiap makan, dengan cara: memasak sendiri (kalau mungkin), duduk di meja tanpa gangguan, tarik nafas dalam sebelum makan agar bisa menikmati setiap cita rasa makanan, dan menikmati setiap suapan dengan pelan. 

Sumber foto utama: Rawpixel.com