Jadi Lebih Tenang, Ini 5 Tips untuk Mulai Latihan Meditasi Harian

Rabu, 17 Januari 2024 | 19:37:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jadi Lebih Tenang, Ini 5 Tips Untuk Mulai Latihan Meditasi Harian

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga seseorang bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun ia berada. Jika dilakukan secara rutin, meditasi bisa membantu mendukung kesehatan mental dan fisik seseorang.

Saat sedang merasa stres, tubuh akan melepaskan hormon stres yang bisa menyebabkan berbagai efek pada tubuh, seperti meningkatnya detak jantung dan tekanan darah, menimbulkan rasa cemas dan susah tidur, serta memengaruhi nafsu makan seseorang.

“Penting untuk bermeditasi setiap hari karena Anda sedang menumpuk suatu kebiasaan. Kebanyakan orang tidak akan langsung menyadari efek positifnya, jadi seseorang memerlukan latihan setiap hari agar bisa mulai melihat hasil kerjanya,” jelas Sadie Bingham, pekerja sosial klinis yang berspesialisasi dalam kecemasan di Gig Harbor, Washington.

Berikut 5 tips untuk memulai latihan meditasi harian.

Mulai dari yang Kecil

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

 

Untuk mulai membiasakan  meditasi, tak perlu untuk langsung melakukannya selama 30 menit dalam satu hari. Mulailah dengan latihan selama lima menit, sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

Pada awalnya, seseorang mungkin akan merasa tidak terlalu sadar dan tenang, atau mungkin tidak merasa rileks sama sekali. Buatlah tujuan untuk meluangkan waktu lima menit untuk memulihkan pikiran.

Temukan Waktu yang Tepat

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

 

Waktu yang tepat bermeditasi bukan berarti hanya waktu luang yang bisa digunakan untuk melakukannya, tetapi kapan pun waktu yang bisa membuat meditasi berhasil.

Cobalah bermeditasi pada waktu yang berbeda untuk mengetahui apa yang terbaik bagi tubuh. Jika hari ini melakukan meditasi di pagi hari, cobalah juga untuk lakukan meditasi sebelum tidur, selama perjalanan, atau saat istirahat kerja.

Dapatkan Kenyamanan

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

 

Saat bermeditasi, seseorang tidak harus menempati posisi tertentu. Sebaliknya, seseorang harus mengambil posisi yang terasa mudah dan alami. Pasalnya, tak semua posisi terasa nyaman di semua orang, akan sulit untuk bermeditasi apabila tidak berada pada posisi yang nyaman.

Coba Aplikasi Meditasi atau Podcast

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

 

Masih merasa bingung untuk mulai melakukan meditasi? Mungkin cara ini bisa jadi solusinya. Cobalah untuk membuka aplikasi meditasi atau podcast. Aplikasi tersebut bisa membantu seseorang untuk mulai bermeditasi.

Konsisten

Ilustrasi Meditasi. (Freepik.com)

 

Dibutuhkan waktu untuk membentuk kebiasaan baru, janganlah khawatir jika meditasi tampak tidak berhasil pada awalnya. Tetaplah jadikan meditasi sebagai kebiasaan.