Jaga Kesehatan Tubuh, 6 Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan Pasca Melahirkan

Rabu, 31 Januari 2024 | 09:27:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jaga Kesehatan Tubuh, 6 Jenis Latihan Yang Bisa Dilakukan Pasca Melahirkan

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Usai melahirkan, terkadang banyak wanita yang jadi kurang memerhatikan kesehatan dirinya sendiri. Hal itu bisa menimbulkan kerusakan atau gangguan pada tubuhnya. Padahal, pasca melahirkan seorang wanita harus menjaga kesehatan tubuh mereka, baik itu pola makan, tidur, atau olahraga.

Penting untuk diingat bahwa menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menjadi bugar hanya dapat dilakukan setelah berolahraga. Namun tentunya setelah melahirkan secara caesar atau normal, perlu dilakukan perawatan agar tubuh tidak memaksakan diri saat berolahraga. 

Disarankan agar menunggu selama 6 minggu pasca operasi untuk mulai berolahraga. Serta, konsultasilah dengan dokter sebelum memulai program olahraga apa pun setelah melahirkan. 

Berikut 6 jenis olahraga yang dapat dilakukan usai melahirkan.

Jalan Kaki

Ilustrasi Jalan Kaki. (Freepik.com)

 

Jalan kaki adalah salah satu latihan paling dasar yang dapat dilakukan pasca melahirkan. Olahraga ringan dan berdampak rendah ini akan meningkatkan sirkulasi darah serta membakar lemak dan kalori. Mulailah dengan jarak kecil dan kecepatan rendah terlebih dahulu, kemudian tingkatkan jarak dan kecepatan secara bertahap.

Senam Kegel 

Ilustrasi Senam Kegel. (Freepik.com)

 

Senam kegel memperkuat otot area perineum yang bagus untuk mencegah prolaps uterus. Selain itu, senam kegel juga dapat membantu meningkatkan kualitas seksual setelah hamil.

Pelvic Tilt

Ilustrasi Pelvic Tilt. (Freepik.com)

 

Ini akan membantu mengencangkan dan memperkuat otot perut serta meredakan sakit punggung. Berbaring telentang dengan lutut ditekuk. Kencangkan otot perut dan pinggul untuk memiringkan panggul, ratakan punggung ke lantai dan tahan selama dua hingga tiga detik. 

Lingkaran Pergelangan Kaki

Ilustrasi Lingkaran Pergelangan Kaki. (Freepik.com)

 

Buat 10 lingkaran dengan pergelangan kaki searah jarum jam, lalu ulangi berlawanan arah jarum jam. Lakukan dengan berbagai posisi seperti duduk atau berbaring. Ulangi pola ini sebanyak tiga hingga lima kali.

Leg Sliding

Ilustrasi Leg Sliding. (Freepik.com)

 

Berbaring telentang dengan satu lutut ditekuk. Jaga punggung tetap rata sambil menggeser tumit kaki lurus ke atas dan ke bawah pada permukaan tempat berbaring. Lakukan hanya dalam jangkauan di mana dapat menjaga punggung tetap rata.

Berenang

Ilustrasi Berenang. (Freepik.com)

 

Latihan air apa pun, termasuk berenang, lembut untuk persendian. Berenang melatih seluruh otot tubuh, bersifat relaksasi dan juga baik untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular.