Jangan Abaikan! Kenali 5 Tanda-Tanda Kamu Lelah Mental

Kamis, 12 Agustus 2021 | 04:08:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Jangan Abaikan! Kenali 5 Tanda-Tanda Kamu Lelah Mental

foto:ladiestory.id

Pernahkah kamu merasa tidak lagi produktif atau sulit terlelap walau lelah dan ingin tidur? Hal ini dapat menjadi ciri pertama kamu mengalami lelah mental. Lelah mental merupakan keadaan di mana seseorang merasa kelelahan emosional baik karena masalah eksternal maupun internal.

Jika kamu pernah lelah mental selama 2 minggu berturut-turut, ada baiknya segera periksa pada ahlinya ahli supaya memperoleh jalan keluarnya.

Tanda-tanda Kamu Lelah Mental

Hidup tentu tidak selalu berjalan lurus dan mulus sesuai harapan kita. Ada saatnya kita menjumpai hambatan hingga akhirnya kita ada di titik jenuh dan lelah. Hal ini umum dialami oleh siapa pun, namun tentu kita pun mesti tahu tanda-tanda bila kita lelah secara mental, supaya kita dapat mengatasinya.

Menjaga kesehatan mental adalah hal yang penting sekali. Tetapi, masih banyak manusia yang menghiraukan rasa 'lelah' mereka sebab mereka tidak tahu bagaimana cara dalam mengatasinya. Lelah mental jika tidak diatasi dengan baik akan berefek pada fisik misalnya sakit kepala, sakit perut, pegal-pegal sampai naik atau turunnya berat badan dan emosional layaknya cemas, menurunnya motivasi,depresi, apatis sampai penurunan produktivitas.

Lelah mental bisa terjadi pada siapa pun. Jika tidak diatasi dengan benar dan sebaik mungkin, hal itu bisa mengganggu banyak faktor, seperti urusan pribadi ataupun pekerjaan. Ayo kenali tanda tanda kamu sedang lelah mental.

1. Menangis tanpa alasan

Saat tengah lelah secara mental, kerap kali kamu sedan merasa pada kondisi yang paling buruk dalam hidup sehingga menjadikan kamu lebih sensitif dengan sesuatu yang kecil. Hal seperti ini kerap kali menjadikan kita kehilangan kuasa dalam menghadapi masalah tersebut dan salah satu mekanisme yang dipakai bisa dalam melawannya yaitu dengan menangis, bahkan kerap kali secara mendadak dan tanpa disadari.

2. Motivasi Anjlok

Tanda-tanda berikutnya kamu tengah lelah mental yakni motivasi anjlok secara drastis. Hal ini sering terjadi seperti hasil kerja yang memburuk, banyak menunda pekerjaan penting, kerjaan tidak selesai, dan masih banyak lagi. Bila kamu mengalami kondisi ini, coba untuk istirahat sebentar. Jangan memaksa diri ketika motivasi sedang anjlok.

Coba cari inspirasi dan motivasi dari internal maupun eksternal. Cara ini dianggap manjur dalam membangun kesehatan mental yang lebih terjaga. Kamu pun dapat melaksanakan hobi atau minatmu pada sementara waktu.

3. Mudah terbawa emosi

Kerap merasa sedih sampai kesal tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi hal ini merupakan salah satu tanda bila jiwamu telah merasa lelah sebab terlalu banyak mengemban beban. Tanda lelah secara psikis juga ditandai dengan kerap merasa kesepian secara tiba tiba. Bila telah begini, sebaiknya kamu bisa bercerita kepada orang yang kamu percaya supaya efeknya tidak berkepanjangan.

4. Kerap Cemas

Berikutnya, tanda-tanda tengah mengalami lelah mental dapat terlihat dengan perasaan gelisah yang intensitasnya berlebihan. Kamu mudah mengalami kecemasan bahkan pada tiap jam hingga waktu. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan mental kamu.

5. Mudah merasa lelah

Telah beristirahat dan makan dengan teratur, namun tubuh masih terus merasa lelah. Bahkan, daya tahan tubuh pun ikut turun dan kerap terserang penyakit. Hal ini dapat terjadi jika kamu terlalu banyak pikiran, yang berimbas pada melemahnya ketahanan psikis. Bila telah merasa lelah, sebaiknya kamu istirahat sebentar atau benar-benar keluar dari circle tersebut.

Berita Terkait