Tak Baik untuk Kesehatan dan Pencernaan, Jangan Makan Ini Setelah Olahraga

Minggu, 6 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Baik Untuk Kesehatan Dan Pencernaan, Jangan Makan Ini Setelah Olahraga

Ilustrasi olahraga lari. (Special)

Ladiestory.id - Tak jarang Kamu merasakan kelaparan setelah melakukan olahraga. Hal itu sangat wajar, sebab olahraga membuang banyak energi dari tubuh. 

Dilansir berbagai sumber menyarankan makan usai olahraga untuk mengembalikan energi, membentuk otot, meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, rupanya tak semua makanan dapat berfungsi untuk ketiga hal tersebut. 

Justru ada beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi usai olahraga. Jangan-jangan selama ini, Kamu mengonsumsinya! Yuk ketahui makanan apa saja yang dilarang dikonsumsi usai olahraga 

Makanan Pedas 

Ilustrasi perempuan makan pedas. (Special)

Usai olahraga sebaiknya jangan makan pedas sebab makanan tersebut susah dicerna. Sedangkan setelah olahraga tubuh membutuhkan protein dan gula untuk dicerna. 

Keduanya berfungsi untuk mengembalikan kadar gula agar seimbang. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung cabai, lada, dan saus usai olahraga.

Sayuran Mentah 

Ilustrasi makanan yang mengandung zat besi. (avogel.co.uk)

Mengonsumi sayuran memang dianjurkan, namun tidak bagi sayuran mentah. Terutama makanan ini tidak boleh dikonsumsi usai olahraga. 

Sebenarnya makan sayuran mentah untuk camilan sangat dianjurkan. Seperti wortel, brokoli, paprika sangat baik sebab sayuran mentah ini rendah lemak. 

Namun usai olahraga, tubuh membutuhkan energi sehingga tidak cocok jika makan sayuran mentah. Sebaliknya, setelah olahraga sebaiknya kita mengonsumsi makanan berkalori. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan energi yang hilang karena olahraga. 

Cokelat 

Ilustrasi cokelat dan berat badan. (Special)

Makanan manis ini menjadi favorit bagi sejumlah orang karena dapat meningkatkan mood. Namun rupanya cokelat tidak boleh dikonsumsi usai olahraga. 

Beberapa orang melakukan olahraga untuk menjaga berat badan. Hal tersebut akan sia-sia jika usai olahraga kita malah makan cokelat, terutama cokelat batangan. 

Dilansir beberapa sumber, jika Kamu sangat ingin makan coklat usai olahraga sebaiknya jangan makan cokelat batang. Kamu bisa menggunakan satu sendok bubuk kakoa mentah yang dicampurkan dengan dua sendok makan minyak kelapa. 

Lalu berikan sedikit kayu manis dan sedikit stevia. Kamu bisa menikmatinya bersama dengan buah-buahan segar seperi buah beri.

Makanan Cepat Saji 

Makan Perut Buncit (Special)

Tidak bisa dipungkiri, makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, piza sangatlah nikmat. Tapi pada dasarnya Kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Apalagi setelah olahraga, makanan cepat saji sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. 

Hal ini disebabkan makanan cepat saji memiliki lemak trans yang tidak menyehatkan. Bahkan, makanan cepat saji tidak bisa mengembalikan energi usai olahraga. 

Tak hanya itu, jika Kamu makan fast food, olahraga kita akan sia-sia. Makanan cepat saji juga sulit dicerna sehingga memperlampat pencernaan.

Steak 

Foto: Pixabay

Layaknya makanan cepat saji, steak juga memiliki kandungan lemak berlebih sehingga tidak baik untuk tubuh. Selain itu, steak merupakan makanan yang sulit dicerna, apalagi setelah berolahraga.

Lemak yang berlebih akan memperlambat proses pencernaan. Sehingga usus akan tertunda ketika mengirimkan nutrisi ke otot. 

Camilan Asin 

Makan Perut Buncit (Special)

Lelah olahraga terkadang membuat Kamu ingin makan sesuatu yang asin-asin. Seperti keripik kentang akan sangat nikmat dikunyah sembari beristirahat. 

Namun nyatanya baik keripik ataupun cemilan asin dilarang dikonsumsi usai olahraga. Sebab cemilan asin dapat menurunkan kalium di dalam tubuh. 

Padahal, kalium adalah elektrolit yang sangat diperlukan untuk tubuh dibanding natrium. Sedangkan ketika olahraga, Kamu akan kehilangan banyak elektrolit. 

Donat dan Kue Kering 

Foto: Ladiestory.id

Dilansir beberapa sumber, donat adalah makanan yang buruk dikonsumsi di pagi hari usai olahraga. Sebab, kedua makanan ini sangatlah kayak akan lemak namun rendah nutrisi. 

Padahal tubuh membutuhkan makanan yang mengandung kalori untuk menggantikan glukosa yang terbuang karena olahraga. Oleh sebab itu, donat dan kue kering tidak diperbolehkan dikonsumsi usai olahraga. 

Gorengan 

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

Siapa yang tidak tergoda dengan gorengan? Gorengan sangat nikmat disantap terlebih ketika kondisi masih panas. 

Gorengan menjadi salah satu makanan yang kejam bagi kesehatan. Bahkan gorengan menjadi musuh terbesar bagi seseorang yang sedang diet. 

Hal ini disebabkan gorengan mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Nahh makanan berlemak tinggi mampu memperlambat proses pencernaan sehingga bisa membuat tubuh menjadi lesu.