Jangan sampai salah! 10 Emoji Beserta Artinya

Kamis, 23 September 2021 | 05:34:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan sampai salah! 10 Emoji Beserta Artinya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Bagi kamu yang terbiasa berkirim pesan melalui smartphone, tentunya sudah tak asing lagi dengan emoji. Sebenarnya emoji dan emoticon merupakan dua hal yang berbeda. Jika emoticon merupakan tulisan tipografi yang merepresentasikan ekspresi wajah, mulai dari tersenyum, menangis, tertawa, sedih, marah, dan semacamnya.

Untuk membuatnya, pengguna biasa menggunakan kombinasi tanda baca dan emoticon ini hanya berlaku dalam wadah pertukaran pesan berbasis teks. Contoh dari emoticon:   :-)   :-(   :-D

sedangkan emoji itu berbentuk gambar, yang mewakili berbagai hal, bisa ekspresi wajah, hewan, makanan, buah-buahan, dan sebagainya. Jika emoticon diciptakan untuk menggambarkan emosi dengan berbasis teks dasar, emoji adalah barisan karakter yang dipakai kebanyakan sistem operasi saat ini dari Unicode.

Arti Emoji

Nah, karena terlalu banyaknya emoji ini, banyak pula orang yang mis komunikasi. Hal ini disebabkan arti emoji di benak setiap orang berbeda. Oleh sebab itu, yuk cek 10 emoji yang sering digunakan beserta artinya.

1. Emoji Bahagia

Foto: digitalponsel

Arti emoji ini menggambarkan wajah senang, dengan senyum lebar yang menampakkan gigi. Cocok digunakan di semua situasi tanpa pandang usia atau status sosial.

2. Emoji Tetawa Hingga Menangis

Foto: digitalponsel

Arti emoji ini adalah tertawa hingga menangis, karena terlalu lucu. Emoji ini juga dapat digunakan dalam kondisi dan situasi apapun.

3. Emoji Bahagia dengan Mata Terbelalak

Foto: digitalponsel

Emoji ini juga menunjukan wajah bahagia. Namun emoji ini bisa dianggap "lebih senang" sebab matanya terbelalak lebar. Hal ini menandakan bahwa sedang terkesima. sehingga emoji ini dapat digunakan saat kamu sangat senang terhadap suatu hal di chat.

4. Emoji Tertawa Kecil

Foto: digitalponsel

Emoji ini digunakan jika ada hal yang lucu, entah kamu yang lucu atau lawan bicaramu. Kamu juga bisa menggunakan emoji ini kalau lawan bicaramu tidak lucu tapi kamu mau menghargai saja.

5. Emoji Tertawa Berkeringat

Foto: digitalponsel

Emoji ini bisa digunakan di situasi semacam menolak ajakan bos, tapi takut tidak sopan. Tambahkan emoji ini setelah mengungkapan perbedaan pendapat agar tak terkesan arogan. Wajah di emoji ini menggambarkan ekspresi gak enakan, sangat berguna kalau kamu PNS atau pegawai BUMN.

6. Emoji Menikmati Makanan

Foto: digitalponsel

Banyak orang yang salah kaprah dengan emoji yang satu ini. Banyak yang menggambarkan ekspresi baru saja melakukan kejahilan atau mengucapkan sesuatu dalam konteks candaan. Padahal emoji ini digunakan untuk menggambarkan perasaan saking kepinginnya suatu makanan yang lezat atau sedang menikmati makanan lezat.

7. Emoji Permohonan Maaf atau Terima Kasih

kompasiana

Emoji dengan gambar dua tangan seperti menepuk ini, banyak yang memberi arti emoji ini sebagai tanda berdoa atau meminta maaf. Namun, dikutip dari berbagai sumber, emoji dengan dua tangan tersebut memiliki arti permohonan maaf atau terima kasih terutama saat makan dalam budaya Jepang.

8. Emoji Memberikan Ciuman

Foto: digitalponsel

Arti emoji ini yakni memberikan ciuman. Jadi hati-hati dalam menggunakan emoji ini. Pasalnya, kamu harus menggunakan ke orang yang benar-benar dikenal baik. Agar mereka tidak menjadi salah paham.

Namun ada juga beberapa yang mengartikan emoji ini cium jauh alias kiss bye atau nama resminya emoji "Face Throwing a Kiss"

9. Emoji Muka Bebek

Foto: digitalponsel

Beberapa orang mengartikan emoji muka bebek ini sebagai ekspresi muka bebek hingga bersiul. Namun rupanya ini emoji yang menunjukkan kamu ingin mencium secara langsung lawan bicaramu.

10. Emoji Monyet Menutup Mata

Foto: feed.merdeka

Arti emoji monyet menutup mata mengungkapkan makna bahwa kamu tidak ingin melihat sebuah pesan yang dikirim. Hal ini seperti ekspresi takut dan seolah tidak ingin melihatnya. Contoh temanmu mengirim foto atau video hantu, kirim emoji ini sebagai ekspresi rasa takut.

Inilah 10 arti emoji yang perlu diperhatikan agar tidak miskomunikasi. Semoga bermanfaat.