Jangan Sepelekan 5 Hal Ini jika Ingin Bersepeda

Senin, 13 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Jika Ingin Bersepeda

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Aktvitias bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari oleh orang-orang. Hal ini karena bersepeda terlihat ringan dan menyenangkan. Bersepeda juga memiliki berbagai macam manfaat positif bagi tubuh. 

Bersepeda juga tidak hanya dapat dilakukan sendirian. Kamu dapat melakukan aktivitas ini dengan teman atau pun keluarga. Olahraga ini juga merupakan salah satu bentuk latihan aerobik yang dikenal memilki banyak manfaat. Seperti meningkatkan kekuatan dan keseimbangan, meningkatkan kesehatan mental, bahkan juga membantu meredakan nyeri sendi.

Walaupun bersepeda terlihat mudah, namun dalam prakteknya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Agar tubuh Kamu dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini, ada hal-hal yang perlu Kamu perhatikan.

Berikut tips yang telah Ladiestory.id lansir dari Cleveland Clinic yang dapat Kamu lakukan jika ingin memulai bersepeda.

Pastikan Rem dan Ban Sepeda Berfungsi dengan Baik

Ilustrasi sepeda (Special)

Tips satu ini terkesan remeh namun akibatnya fatal jika tidak diperhatikan. Sebelum memulai bersepeda, pastikan rem dan ban sepeda Kamu berfungsi dengan baik, ya.

Kamu bisa cek ban sepeda dengan cara menekannya. Jika dirasa tidak kempes, maka sepeda dapat digunakan. Untuk rem, Kamu bisa menjalankan sedikit sepeda lalu menarik rem untuk memastikan apakah sepeda dapat berhenti atau tidak.

Posisi yang Baik

Ilustrasi wanita mengendarai sepeda lipat. (mightyvelo)

Untuk mencegah terjadinya leher yang kaku, apalagi untuk pemula yang belum terbiasa, pastikan posisi bersepeda Kamu sudah tepat. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko cedera.

“Hal terpenting baik saat memulai atau mulai ahli dalam bersepeda adalah memastikan sepeda Anda pas dengan benar,” ujar terapis fisik Jaclyn Kubiak, PT, DPT.

Hal yang dapat dilakukan agar mendapat posisi yang baik saat bersepeda adalah dengan menyetel pedal, jok, dan setang secara benar dan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian jaga juga postur tubuh selama bersepeda. Sepeda yang sudah disetel dengan baik dan postur tubuh yang bagus akan mengurangi resiko mudah pegal saat harus menempuh perjalanan jauh.

Konsumsi makanan berenergi

Ilustrasi makanan bergizi (Special)

Aktivitas bersepeda menguras banyak tenaga. Untuk itu perlu persiapan energi yang lebih dari tubuh Kamu. Maka, sebelum bersepeda, baiknya mengonsumsi makanan bergizi terlebih dahulu agar energi Kamu cukup untuk bersepeda.

Kamu juga bisa membawa camilan untuk bekal istirahat nanti. Dan jangan lupa untuk selalu sedia air putih di sepeda Kamu, ya.

Mulai secara perlahan

Ilustrasi bersepeda (Special)

Untuk Kamu yang baru saja memulai kegiatan bersepeda, jangan memaksakan diri untuk langsung mencapai goal kalian yang terlalu susah. Seperti jenis olahraga lainnya, bersepeda juga perlu dimulai secara perlahan.

Kamu dapat membuat goal yang lebih mudah di awal lalu mulai menaikkan tingkat kesulitannya secara perlahan. Karena saat bersepeda Kamu perlu melakukan dua kali perjalanan, yaitu perjalanan pergi dan perjalanan pulang.

“Ingat, semakin jauh Kamu pergi, semakin jauh Kamu harus kembali,” jelas Dr. Kubiak.

Keamanan

Ilustrasi bersepeda (Special)

Saat bersepeda di jalan, pastikan untuk selalu berada di jalur khusus sepeda. Jangan lupa juga untuk selalu kenakan helm, pelindung siku dan lutut, serta tidak melawan arus lalu lintas.