Tidak Berbahaya bagi Tubuh, 7 Jenis Kepiting Ini Aman Dikonsumsi

Jumat, 24 Desember 2021 | 07:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Tidak Berbahaya Bagi Tubuh, 7 Jenis Kepiting Ini Aman Dikonsumsi

Ilustrasi masakan kepiting. (Special)

Ladiestory.id - Bagi pecinta makanan laut atau seafood pastinya tidak asing dengan olahan kepiting, bukan?Umumnya, daging kepiting memiliki rasanya yang khas serta dipadukan dengan saus bumbu yang kental.

Terdapat beraneka ragam jenis kepiting, mulai dari kepiting hias, hingga kepiting laut. Sebenarnya, kepiting dibagi dua yaitu, kepiting air laut dan air tawar. Kepiting pun ada yang beracun dan ada juga yang bisa dikonsumsi. Beberapa jenis kepiting yang beracun dan harus dihindari.

Jenis Kepiting yang Aman Dikonsumsi

Di dunia ini ada lebih dari 4,5 Ribu spesies kepiting. Mereka tinggal di lautan, sungai, teluk air tawar, hingga hutan bakau. Sebagian besar kepiting itu bisa dimakan dan rasanya lezat. Lantas, spesies kepiting mana saja yang dikenal memiliki rasa yang enak? Berikut Ladiestory.id merangkum tujuh kepiting yang boleh dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi tubuh:

1. Rajungan

Ilustrasi rajungan. (Special)

Rajungan menjadi salah satu jenis kepiting paling populer dan paling sering dikonsumsi. Dagingnya yang gurih dengan tekstur daging yang lembut, serta ukuran yang cukup besar, membuat rajungan menjadi kepiting favorit banyak orang. Kepiting ini pun bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat, lho.

2. Kepiting Cangkang Lunak

Ilustrasi kepiting cangkang lunak. (Special)

Di Indonesia, kepiting cangkang lunak disebut  kepiting soka. Sebutan ini berasal dari kepiting yang baru melepas cangkang lamanya sehingga cangkangnya masih lunak. Karena hal itu, kepiting ini sering diolah dengan cara digoreng tepung.

Di Jepang, setelah kepiting ini digoreng tepung lalu dijadikan isian maki sushi atau temaki sushi, dan juga sebagai pendamping pasta. Sedangkan, di Amerika, kepiting ini sering dijadikan isian burger dalam keadaan utuh, lho. 

3. Kepiting Biru Maryland

Ilustrasi kepiting biru Maryland. (Special)

Kepiting ini mudah dikenali, karena warnanya yang sangat mencolok. Kepiting jenis ini biasa tinggal di sepanjang pantai timur Amerika Serikat hingga Argentina. Karena adanya perubahan iklim, mereka banyak ditemukan di utara Maine pada salah satu negara bagian AS. Rasa kepiting ini sangat manis dan dagingnya cocok untuk dijadikan crab cake.

4. Kepiting Bakau

Ilustrasi kepiting bakau. (Special)

Jenis kepiting ini yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Sebagai negara maritim, kepiting merupakan spesies yang mudah ditemukan. Kepiting bakau sendiri ada bermacam-macam mulai dari kepiting bakau ungu, hijau, lumpur, oranye dan masih banyak lagi.

5. Kepiting Batu Florida

Ilustrasi kepiting batu Florida. (Special)

Kepiting ini biasanya melepaskan capitnya dengan mudah supaya cepat menjauh dari predator. Daging di capitnya dikenal sangat lezat dan disebut mirip daging lobster. Tak heran kalau kepiting ini dibanderol dengan harga mahal.

6. Kepiting Kenari

Ilustrasi kepiting kenari. (Special)

Kepiting ini biasanya disebut juga sebagai kepiting kelapa. Alasannya, karena dia suka makan kelapa. Hewan ini memiliki ukuran cangkang yang besar. Dibanding dengan jenis kepiting lainnya, kepiting kenari cukup sulit ditemukan di pasaran.

7. Kepiting Yuyu

Ilustrasi kepiting yuyu. (Special)

Kepiting yuyu mudah ditemukan di sawah. Dagingnya lembut dengan rasa yang cukup lezat. Dibandingkan kepiting lainnya, kepiting ini memiliki daging yang sedikit, tapi tetap bisa diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat.