Lezat dan Menyehatkan, 5 Manfaat Konsumsi Lobster bagi Kesehatan

Selasa, 17 Mei 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Lezat Dan Menyehatkan, 5 Manfaat Konsumsi Lobster Bagi Kesehatan

Ilustrasi Lobster. (Special)

Ladiestory.id - Makanan dengan kategori seafood digemari oleh banyak orang. Pasalnya, tidak hanya rasa yang lezat, namun seafood juga mendatangkan banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Salah satu seafood yang paling banyak digemari adalah lobster. Ya meskipun harga yang terbilang cukup mahal, namun lobster ini memiliki segudang manfaat dan rasa yang bisa menggoyang lidah.

Lobster memiliki rasa yang manis dan gurih. Terlebih, lobster memiliki daging yang lembut sehingga bisa juga dikonsumsi untuk anak kecil. Namun dengan syarat tidak memiliki riwaya alergi. Mengonsumsi lobster mendatangkan kebaikan bagi siapa saja yang menyantapnya. Yuk ketahui manfaat mengonsumsi lobster bagi kesehatan.

Menyehatkan Otak

Ilustrasi kesehatan otak. (Special)

Salah satu manfaat yang paling banyak diketahui tentang mengonsumsi lobster adalah mampu membantu menyehatkan otak. Hal tersebut sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Sehingga banyak orang tua yang telah memberikan lobster untuk anak mereka. Pasalnya, lobster memiliki kandungan kolin dan vitamin B12.

Kombinasi kandungan tersebut sangat baik untuk otak. Lantaran kolin berfungsi untuk menyehatkan otak, sementara vitamin B12 membantu menjaga mielin atau zat yang melapisi dan mendukung transmisi saraf. Bahkan, suatu penelitian mengatakan jika orang yang sering makan makanan kaya omega-3 seperti lobster juga lebih rendah berisiko depresi, kepikunan, dan penyakit alzheimer.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Manfaat mengonsumsi lobster yang satu ini pasti digemari oleh kalangan yang sedang dalam program diet atau penurunan berat badan. Sudah banyak diketahui, bahwa lobster memiliki daging yang kaya akan protein berkualitas tinggi.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti lobster dapat membantu berat badan turun. Penurunan berat badan ini dilakukan dengan cara meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Lobster dapat menjadi satu makanan yang dikonsumsi waktu program diet. Lantaran makan lobster akan membuat rasa kenyang lebih lama dan mampu mengendalikan nafsu makan dengan baik. Pasalnya, protein bisa mengurangi produksi hormon pemicu lapar dan menambah jumlah hormon yang memberikan rasa kenyang.

Mendukung Kesehatan Tulang

Ilustrasi kesehatan tulang. (Special)

Kemudian, manfaat lobster lainnya yakni menjaga tulang agar tetap sehat. Sehingga, lobster tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang anak-anak. Namun, lobster juga sangat baik dikonsumsi untuk orang tua atau lansia. Pasalnya, daging lobster mengandung banyak fosfor dan kalsium.

Perlu diketahui bahwa kedua mineral tersebut memiliki fungsi menjaga kepadatan tulang dan membuat tulang tetap kuat. Selain itu, kalsium juga dapat mendukung kesehatan saraf. Sementara fosfor berfungsi memberikan nutrisi pada membran sel tubuh.

Membantu Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Banyak orang menghidari mengonsumsi makanan yang lezat lantaran takut kolesterol menjadi naik. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi lobster. Sebaliknya, mengonsumsi lobster memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Satu di antaranya membantu menurunkan kolesterol. Meski lobster mengandung kolesterol, tetapi ada kandungan omega-3 yang bisa membantu menetralisirnya.

Omega-3 inilah yang nantinya akan menetralisir kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, lobster juga mengandung selenium dan zat besi yang cukup tinggi. Keduanya termasuk mineral yang bisa menjaga sistem imunitas agar tak mudah sakit. Namun tetap saja, penderita kolesterol harus membatasi dalam mengonsumsi lobster.

Kamu harus memperhatikan bagaimana pengolahannya, yaitu jangan digoreng. Lebih baik di kukus dan rebus agar nutrisi baiknya tidak hilang. Jika ingin menumis, bisa dengan tambahan minyak zaitun atau minyak bunga matahari.

Menyehatkan Mental

Ilustrasi kesehatan mental. (Special)

Lobster bisa membantu menjaga kesehatan mental. Itu artinya, fungsi otak manusia terjaga karena konsumsinya. Dilansir berbagai sumber, asam lemak omega-3 seperti yang dikandung lobster. Hal ini dibuktikan dengan lobster dapat menurunkan agresi, impulsivitas, dan Depresi pada orang dewasa.

Pada anak-anak, kekurangan selenium merupakan faktor yang dapat menyebabkan gangguan attention-deficit hyperactivity (ADHD). Untuk bisa menghindari masalah seperti ini, mencukupi kebutuhan selenium dengan konsumsi lobster bisa dijadikan pilihan.

s