Ini 5 Jenis Makanan yang Diolah Gunakan Teknologi Pangan

Selasa, 13 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Ini 5 Jenis Makanan Yang Diolah Gunakan Teknologi Pangan

Ilustrasi Teknologi Pangan (Special)

Ladiestory.id - Seiring dengan perkembangan zaman dimana manusia selalu membutuhkan makanan demi melangsungkan hidup, teknologi pangan menjadi salah cara dalam proses pengawetan makanan. Hasil olahan bumi yang melimpah, membuat masyarakat tidak mungkin mengolahnya dalam satu waktu.

Dirangkum dari berbagai sumber selain untuk mengawetkan makanan, teknologi pangan berfungsi untuk mendistibusikan bahan pangan secara merata ke seluruh penjuru dunia loh. Berikut 5 jenis makanan yang masuk ke dalam teknologi pangan.

Tempe

Ilustrasi Tempe (Special)

Makanan yang satu ini masuk adalah salah satu produk teknologi pangan. Makanan yang murah dan enak ini diolah menggunakan proses fermentasi. Kandungan protein tinggi pada tempe bagus untuk kesehatan. Berbahan kacang kedelai, tempe difermenntasi dalam satu wadah lalu diberi ragi. Lalu, ditutup selama berhari-hari hingga menjadi tempe.

Yogurt

Ilustrasi Yogurt (Special)

Olahan yang terbuat dari susu mempunyai kandungan yang kaya manfaat dan menyegarkan. Mengandung sumber probiotik, yogurt baik untuk kesehatan usus. Sama seperti tempe, yogurt diproses melalui proses fermentasi menggunakan bakteri. Bakteri yang digunakan adalah bakteri asam laktat seperti Streptococcus Thermophilus, Streptococcus Lactis dan Lactobacillus Bulgarius. Kandungan asam pada yogurt dapat menjaga kesehatan usus.

Roti

Roti (Special)

Makanan yang populer ini juga merupakan hasil fermentasi yang termasuk dalam teknologi pangan. Fermentasi roti dilakukan saat membuat adonan agar menjadi berkembang. Kandungan bahan jamur Saccharomycess Cerevisiae. Roti kerap dijadikan sarapan khususnya di negara yang memiliki iklim tropis.

Nata de Coco

Ilustrasi Nata De Coco (Special)

Hasil dari teknologi pangan berbahan air kelapa sering dijadikan bahan olahan minuman yang segar. Air kelapa yang telah difermentasi menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum. Kamu bisa mencampurkan nata de coco dengan sirup dan es agar lebih segar.

Tape

Ilustrasi Tape (Special)

Proses pembuatan tape ini mungkin sudah ketahui ketika melihat orang tua atau nenekmu memberikan ragi pada singkong. Kaya akan karbohidrat, tape menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Indonesia sendiri merupakan negara yang paling mudah untuk ditanami singkong karena tanahnya yang subur.

s