6 Jenis Perawatan Kecantikan yang Aman Bagi Ibu Hamil

Rabu, 12 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Jenis Perawatan Kecantikan Yang Aman Bagi Ibu Hamil

Perawatan wajah. (Special)

Ladiestory.id - Saat hamil, terkadang seseorang menjadi malas untuk melakukan perawatan diri. Bumil juga dilanda rasa takut akan bahaya bahan kimia dari produk kecantikan yang dapat menimbulkan efek samping bagi janin di dalam kandungan. Masalah yang sering dialami oleh ibu hamil biasanya ialah jerawat, kulit kusam hingga rambut rontok dan kusam.

Hal ini bisa dikarenakan perubahan hormon yang tinggi, sehingga membuat penampilan bumil menjadi tidak karuan. Namun, bumil tak perlu khawatir, selama kehamilan, bumil tetap bisa melakukan 6 jenis perawatan kecantikan yang aman bagi ibu dan juga janin dalam kandungan, seperti berikut ini.

Bersihkan Wajah

Cuci muka. (Special)

Bumil tentunya bisa melakukan perawatan rutin harian dengan membersihkan wajah. Hal ini bisa saja dilakukan selama bahan kandungan skincare yang digunakan aman dan tidak berbahaya. Selama hamil, kulit juga akan terasa lebih sensitif. Sebaiknya, hindari melakukan perawatan kulit wajah secara abrasive seperti botox, stimulasi listrik, maupun penggunaan retinoid.

Jika perlu, bumil juga dapat membersihkan wajah secara alami dengan menggunakan produk kecantikan yang bebas dari zat kimia tinggi atau beralih menggunakan produk alami ala rumahan.

Lakukan Perawatan Rambut

Ilustrasi creambath. (Special)

Ibu hamil juga diperbolehkan melakukan rangkaian perawatan rambut seperti hair spa, creambath, hair cut, maupun hair mask. Bahkan, bumil juga bisa melakukan perawatan rambut di rumah dengan menggunakan bahan alami ataupun bahan yang bebas dari aroma.

Rangakaian Pelembab

Ilustrasi liburan. (Special)

Bagi sebagian wanita hamil, masih banyak yang melakukan aktivitas bekerja, baik di dalam maupun di luar ruangan. Oleh karena itu, perawatan kecantikan tubuh dengan menggunakan hand body, sunscreen, atau pelembab wajah pun masih diperbolehkan.

Pilihlah bahan pelembab yang memiliki kandungan SPF yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari, serta pilihlah kandungan bahan yang masih tergolong aman khususnya bagi ibu hamil.

Rangkaian Spa

Ilustrasi spa. (Special)

Saat hamil, ibu hamil pun boleh melakukan rangkaian kecantikan spa untuk memanjakan tubuh. Namun, tidak semua jenis rangkaian spa aman bagi ibu hamil, loh? Sebaiknya, perawatan spa dilakukan ketika memasuki kehamilan trimester dua.

Selain itu, ibu hamil juga dapat menghindari sauna, body wrapping hingga body steam yang dapat meningkatkan suhu tubuh ibu hamil serta hal ini juga dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Manicure dan Pedicure

Ilustrasi Kuku. (Special)

Saat hamil, tentunya ibu hamil ingin memanjakan tubuh dan membuat penampilan terlihat lebih menawan. Ibu hamil juga diperbolehkan melakukan rangkaian manicure dan pedicure secara tidak berlebihan.

Penggunanan bahan zat kimia pada cat kuku yang terlalu sering juga dapat membahayakan janin dalam kandungan, mengingat hal tersebut memiliki kandungan kimia yang tinggi.

Makeup dan Kosmetik

Ilustrasi membuat makeup. (Special)

Perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan keluhan pada kulit wajah, seperti munculnya ruam kemerahan hingga adanya pembengkakan pada kulit.

Selama hamil, bumil pun dapat menggunakan makeup dan kosmetik berbahan dasar ringan, baik itu concealer, bedak, lip tint, lipstick, lip matte serta hindari kandungan retinol dan asam salisilat yang dapat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Itulah ke 6 rangkaian kecantikan yang aman digunakan bagi ibu hamil serta aman bagi janin dalam kandungan. Hindari produk kosmetik atau skincare berbahan kimia yang tinggi serta kandungan retinol.

Pilihlah rangkaian produk kecantikan yang tidak mengandung banyak senyawa kimia berbahaya lainnya seperti accutane, toluen, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Semoga artikel ini bermanfaat.