7 Jenis Tanaman Obat Berkhasiat yang Bisa Ditanam di Rumah

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

7 Jenis Tanaman Obat Berkhasiat Yang Bisa Ditanam Di Rumah

Foto: shutterstock/sunwand24

Ladiestory.id - Sebuah rumah akan nampak asri ketika ditanami banyak tumbuhan. Mungkin tanpa disadari ternyata ada beberapa tanaman yang bukan hanya bagus untuk hiasan saja, namun bermanfaat juga sebagai obat.

7 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Tanaman obat atau tanaman herbal masih menjadi salah satu media pengobatan yang masih di gunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Lantas, jenis tanaman obat apa saja yang bisa kita tanam di rumah dan apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Jahe

Foto: Ladiestory.id

Jahe merupakan salah satu tanaman populer yang telah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan kita. Jahe mampu mengobati sakit perut, meredakan nyeri sendi dan gangguan pencernaan. Untuk menanamnya kamu bisa menggunakan pot atau lahan kosong di sekitar rumah dengan memiih rimpang jahe yang bekualitas.

2. Kencur

Memiliki nama latin Kaempferia galanga atau kencur, tanaman ini masih satu keluarga dengan jahe, sehingga membuat sebagian orang sering keliru dalam membedakannya. Kencur juga memiliki khasiat yang tak kalah dengan jahe diantaranya bisa digunakan sebagai penambah nafsu makan, batuk, masuk angin dan radang lambung. Untuk cara membudidayakannya sama seperti jahe.

3. Lengkuas

Lengkuas atau dikenal dengan nama laos mengandung beta-sitosterol, galangin, flavonoid, vitamin A, vitamin C, zat besi, karbohidrat dan serat. Manfaat lengkuas bagi kesehatan adalah sebagai antikoksidan dan juga berpotensi sebagai anti kanker. Mengenai proses penanamannya sama seperti kencur dan jahe.

4. Lidah buaya

Foto: shutterstock/nevada31

Lidah buaya atau aloe vera tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga kecantikan. Manfaat lidah buaya bisa kita dapatkan dengan cara mengonsumsinya atau mengoleskannya ke kulit kita.

Beberapa manfaat lidah buaya lainnya, antara lain mengobati jerawat, menjaga kesehatan mulut dan menyembuhkan luka. Kamu bisa menanam sendiri lidah buaya di rumahmu menggunakan tunas yang siap tanam, dan hindari terkena matahari secara langsung.

5. Kumis Kucing

Tak hanya bunganya saja yang cantik, ternyata kumis kucing memiliki banyak khasiat. Mempunyai kandungan zat aktif seperti lipophilic, rosmarinic acid, flavonoid, orthosiphol, sinensetin dan orthosiphon, yang berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes, hipertensi, asam urat dan kencing batu.

Penanaman kumis kucing bisa kamu lakukan dengan sistem stek.

6. Jeruk Nipis

Foto: Ladiestory.id

Jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi air jeruk nipis dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi dan mengurangi resiko faktor penyakit jantung. Jeruk nipis bisa ditanam langsung melalui biji.

7. Daun Seledri

Seledri umumnya digunakan untuk pelengkap makanan berkuah seperti sop dan soto. Rasanya yang gurih menambah cita rasa khas pada makanan, selain itu ternyata seledri merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat daun seledri antara lain untuk menyembuhkan asma, rematik dan menurunkan tekanan darah tinggi. Proses penyemaian seledri bisa menggunakan biji  yang ditanam dangkal, setelah bertunas dan cukup besar baru bisa kamu pindahkan ke pot atau lahan yang lebih luas.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis tanaman obat, khasiat serta cara menanamnya. Bagi kamu yang memiliki lahan sempit, kamu bisa menanam tanaman obat di pot atau polybag. Selain membuat rumah tampak asri kamu juga bisa memperoleh khasiat lainnya.