6 Jenis Teh Ini Miliki Khasiat untuk Kecantikan Kulit

Kamis, 21 Juli 2022 | 09:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Jenis Teh Ini Miliki Khasiat Untuk Kecantikan Kulit

Ilustrasi Teh (pinterest)

Ladiestory.id - Sejak dahulu, para leluhur sudah banyak memanfaatkan khasiat teh sebagai bahan dasar alami untuk kecantikan kulit.

Tak hanya digunakan sebagai ramuan kecantikan, teh juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Dengan rutin meminum teh, kamu juga bisa mendapatkan ragam manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh khususnya kulit, seperti membuat kulit menjadi rileks, cantik dan cerah.

Berikut 6 jenis teh yang memilki khasiat untuk kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui.

Teh Melati

Teh Melati. (Pinterest)

Sesuai dengan namanya, teh ini memberikan aroma khas melati yang harum dan nikmat. Teh yang paling banyak dijumpai ini memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang berguna untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Manfaat lainnya juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, khasiat yang terkandung dari teh melati juga dipercaya dapat mengurangi produksi minyak dan menyeimbangkan hormon. Nggak hanya itu, rutin mengonsumsi teh melati dapat mengobati kondisi kulit, seperti eksim dan jerawat.

Teh Chamomile

Teh Chamomile. (Pinterest)

Memiliki masalah lingkaran hitam di bawah mata? Kamu juga bisa mengatasinya dengan mengonsumsi teh chamomile yang dipercaya dapat mengurangi lingkaran hitam dibawah mata alias mata panda, loh.

Bekas kantung teh chamomile-nya jangan langsung dibuang begitu saja. Karena kamu juga bisa menggunakan bekas kantung teh ini untuk mengompres bagian bawah lingkar matamu.

Teh Hijau

Teh Hijau. (Pinterest)

Ladies, sejak dahulu masyarakat Jepang sudah mempercayakan teh hijau sebagai alternatif kecantikan yang baik untuk tubuh dan kulit, loh.

Teh hijau memiliki kandungan katekin sebagai bahan alami untuk menangkal radikal bebas. Rutin mengonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan kulit, meregenerasi sel-sel kulit, serta mencegah munculnya keriput pada kulit.

Teh Oolong

Teh Oolong. (Pinterest)

Jenis teh selanjutnya yang memiliki khasiat tak kalah menarik dari teh lainnya adalah teh oolong. Teh oolong nggak hanya baik bagi kesehatan, tapi juga untuk kecantikkan.

Teh oolong berkhasiat untuk membuat kulit wajah menjadi cerah, membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, serta membantu mencegah bintik hitam di area kulit wajah.

Teh Kombucha

Teh Kombucha. (Pinterest)

Ladies, sudah tahu belum dengan khasiat dari kombucha? Ya, mungkin terdengar asing. Kombucha merupakan hasil fermentasi dari teh hitam yang baik untuk detoksifikasi kulit.

Selain itu, teh kombucha ini memiliki kandungan antioksidan dan juga probiotik yang dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus pada kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Teh Hitam dan Teh Putih

Teh Hitam dan Teh Putih. (Pinterest)

Teh hitam dikenal baik untuk menangkal radikal bebas serta memperlambat terjadinya penuaan. Teh hitam juga memiliki khasiat yang baik dari dalam tubuh, seperti untuk mencegah flu dan masuknya virus jahat yang dapat memberikan efek negatif bagi tubuh.

Sedangkan khasiat dari luar, teh hitam dapat memberikan tampilan wajah glowing dan cerah dengan cara mengoleskan teh jenis ini yang sudah dingin ke area wajah langsung.

Selain teh hitam, juga ada teh putih yang memiliki khasiat antioksidan lebih banyak dibandingkan jenis teh hijau. Begitu pula kandungan katekin yang dimiliki oleh teh putih, sifat antibakteri di dalamnya dapat membantu melawan berbagai jenis kondisi kulit.

Selain itu, teh putih juga dapat mencegah terjadinya penurunan kolagen dan elastin, yang mana keduanya harus dimiliki oleh kulit tubuh yang sehat.

Teh Hibiscus

Teh Hibiscus. (Pinterest)

Mungkin bagi sebagian orang, teh hibiscus terasa asing didengar. Tahukah kamu jika teh hibiscus memiliki kandungan alami alpha-hydroxy acid (AHA)? Nah, kandungan asam pada teh hibiscus ini lah yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit dan juga membantu menghambat pori-pori yang tersumbat, serta mengontrol minyak berlebih pada kulit.

Selain itu, mengonsumsi teh hibiscus juga membantu membuat kulit tampak lebih awet muda, halus dan menyegarkan.