Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Sabtu, 16 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Banyak Yang Tahu, Ini 5 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Ilustrasi teh hitam. (Special)

Ladiestory.id - Teh merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh semua orang di dunia termasuk di Indonesia. Teh yang ringan dan tidak memiliki rasa pahit menyengat seperti kopi membuat orang menyukainya.

Teh juga memiliki banyak jenis dengan berbagai kandungan baik di dalamnya. Salah satu jenisnya adalah teh hitam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung. (Special)

Manfaat teh hitam yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, teh hitam memiliki kandungan flavonoid. Biasanya kandungan flavonoid berada di sayuran, buah-buahan, anggur merah, dan cokelat hitam.

Jika teh hitam dikonsumsi secara teratur, maka akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Tak hanya itu, teh hitam juga bisa mencegah penyakit penyebab penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida dan obesitas .

Dilansir berbagai sumber, sebuah studi dari Preventive Medicine telah melakukan sebuah penelitian, yakni seseorang mengonsumsi teh hitam selama 12 minggu.

Hal tersebut memberikan hasil yang signifikan. Pasalnya dapat menurunkan nilai trigliserida sebesar 36 persen. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 18 persen dan menurunkan rasio plasma LDL/HDL sebesar 17 persen.

Tak hanya itu, namun sebuah studi lain mengatakan manfaat teh hitam jika diminum tiga cangkir per hari. Hal ini akan membuat risiko 11 persen lebih rendah terkena penyakit jantung.

Cegah Obesitas

Ilustrasi obesitas. (Special)

Obesitas bisa dicegah dengan mengonsumsi teh hitam. Pasalnya teh hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat menekan penyerapan lemak dan gula kompleks.

Sedangkan, gula dan lemak menjadi penyumbang faktor terbesar untuk meningkatkan risiko obesitas. Namun, mengonsumsi teh hitam untuk mencegah risiko obesitas juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat.

Kita tetap harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. Agar khasiat dari teh hitam tersebut dapat bekerja secara maksimal dalam tubuh kita.

Cegah Penyakit Kanker

Ilustrasi kanker. (Special)

Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Oleh sebab itu, salah satu upaya untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan mengonsumsi teh hitam. Pasalnya teh hitam mengandung polifenol yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker.

Dilansir berbagai sumber, sebuah studi mengatakan bahwa polifenol pada teh hitam juga dapat mencegah penyebaran tumor di payudara. Namun, studi tersebut masih perlu dikaji lebih lagi untuk memastikan keefektifannya.

Tingkatkan Kesehatan Usus

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Selanjutnya, teh hitam bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus. Sebuah penelitian menemukan bahwa jenis bakteri di usus memiliki peran penting dalam kesehatan.

Pasalnya usus mengandung triliunan bakteri, serta 70-80 persen dari sistem kekebalan tubuh. Namun nyatanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis bakteri di usus kita memiliki peran penting dalam mengurangi risiko beberapa penyakit tertentu, di antaranya penyakit radang usus, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan bahkan kanker.

Kandungan polifenol dalam teh hitam dapat menjaga kesehatan usus. Hal ini dilakukan dengan cara mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti Salmonella.

Tak hanya itu, teh hitam memiliki sifat antimikroba yang membunuh zat berbahaya dan meningkatkan bakteri usus serta kekebalan, dengan memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

Kurangi Risiko Stroke

Ilustrasi stroke. (Special)

Stroke memang rentan dialami oleh orang yang sudah memiliki usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan, stroke juga dialami oleh kaum muda.

Nah, salah satu manfaat mengonsumsi teh hitam adalah mengurangi risiko stroke. Hal tersebut pun telah dikemukakan melalui sebuah penelitian. Dilansir berbagai sumber, melalui penelitian tersebut mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih teh hitam per hari memiliki risiko stroke 32 persen lebih rendah daripada orang yang tidak minum teh hitam.

s