4 Manfaat Jogging di Sore Hari, Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Sabtu, 4 September 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Manfaat Jogging di Sore Hari, Bikin Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Foto: Ladiestory.id

Jogging dapat dikatakan sebagai salah satu jenis latihan olahraga yang mudah dan praktis dilakukan. Kita hanya perlu menyediakan sepatu nyaman untuk berlari dan dilakukan sebagai latihan olahraga secara rutin.

Bukan hanya itu, jogging merupakan salah satu rekomendasi latihan olahraga praktis dan terjangkau yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Ketika kita mulai membangun kebiasaan sehat,maka  jogging menjadi pilihan latihan olahraga yang dapat dilakukan sehari-hari.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan meluangkan beberapa menit dengan rutin latihan jogging setiap harinya. Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk jogging karena kita dapat melakukan jogging di pagi hari maupun sore hari sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Jogging di Sore Hari

Jogging pagi dan sore memiliki manfaat yang berbeda tapi keduanya adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Sebuah fakta penting yang dapat dijadikan pertimbangan adalah ketika kita termasuk orang yang sibuk di pagi hari, maka kita dapat memilih untuk olahraga di sore hari. Faktanya, manfaat jogging tetap dapat dirasakan untuk kesehatan walaupun dilakukan sore hari. 

Rutin melakukan jogging di sore hari dapat dinilai sebagai cara yang lebih praktis dan efektif. Maka dari itu, beberapa orang lebih banyak yang meluangkan waktu di sore hari dikarenakan semua aktivitas pekerjaan selesai dilakukan. Selain itu, manfaat jogging di sore hari mampu meningkatkan kualitas tidur lebih baik. Nah, berikut ini manfaat jogging di sore hari.

1. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat Jogging
Foto: Ladiestory.id

Jogging sore dapat membantu tidur lebih nyenyak. Menurut hasil penelitian, orang melakukan latihan olahraga intensitas sedang hingga tinggi selama 1 – 2 jam sebelum jam tidur, mempunyai kualitas tidur yang lebih baik. Hal dapat diterapkan ketika melakukan jogging di sore hari. Saat tubuh merasa lelah sehingga mendorong  cepat mengantuk, tidur lebih cepat dan lebih nyenyak dari sebelumnya.

2. Waktu Jadi Lebih Efektif

Manfaat Jogging
Foto: Ladiestory.id

Jogging sore dinilai sebagai strategi latihan yang lebih efektif. Hal ini dikarenakan kondisi sore atau malam hari biasanya tubuh dan indera lebih reaktif dan memiliki tingkat reflek lebih tajam sehingga sangat baik dimanfaatkan dalam menggerakkan tubuh. Tubuh menerima stimulus lebih responsif dan maksimal. Latihan olahraga yang dilakukan bisa mencapai manfaat kesehatan yang optimal.

3. Olahraga Menghilangkan Stres

Manfaat Jogging
Foto: Ladiestory.id

Jogging sore memberikan manfaat bagi kesehatan sehingga membantu menghilangkan perasaan stres yang dialami seharian. Stress dapat disebabkan karena kegiatan atau pekerjaan sehari-hari terlebih lagi ketika pekerjaan yang menumpuk membuat lelah secara mental.

Bukan hanya itu, aktivitas jogging di sore hari menjadi cara untuk membuat tubuh lebih rileks dari penat keseharian. Latihan ini dapat membantu melepaskan hormon endorfin sehingga bisa membuat tubuh lebih nyaman dan tenang

4. Latihan Awal Untuk Belajar Konsisten

Manfaat Jogging
Foto: Ladiestory.id

Ketika ingin membuat pola hidup sehat, kita dapat memulai dengan jogging sore. Olahraga ini membantu dalam melatih tubuh dengan lebih konsisten. Selain itu, sore hari adalah waktu yang baik untuk melakukan jogging.

Dibandingkan dengan pagi hari, ketika olahraga sore rasanya tidak diburu-buru dengan berbagai aktivitas pekerjaan yang menunggu. Jogging di sore hari dapat memudahkan untuk membangun kebiasaan olahraga dengan lebih konsisten sehingga kita mempunyai waktu yang lebih leluasa tanpa gangguan.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari jogging sore, tertarik untuk mulai jogging juga? Imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat juga, ya!

Berita Terkait