Tingkatkan Kesadaran Tentang Depresi, Johnson & Johnson Indonesia Luncurkan Kampanye #MoreThanBlue

Minggu, 11 Desember 2022 | 21:00:00

Tingkatkan Kesadaran Tentang Depresi, Johnson & Johnson Indonesia Luncurkan Kampanye #Morethanblue

Johnson & Johnson Indonesia Luncurkan Kampanye #MoreThanBlue. (special)

Ladiestory.id - Kesehatan jiwa seharusnya ditempatkan sebagai prioritas utama layaknya kesehatan fisik. Tapi sayang, masyarakat di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, belum memiliki kesadaran yang tinggi tentang bahaya depresi.

Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan jiwa emosional, dan lebih dari 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi. 

Untuk mengurangi angka tersebut, Johnson & Johnson meluncurkan kampanye di Indonesia yang bertajuk "Let's get to know depression! The Great Blue Sea of Depression" dengan tagline #MoreThanBlue untuk meningkatkan kesadaran akan depresi dan menekankan pentingnya mencari pengobatan.

Peluncuran kampanye dilakukan secara hybrid, bersamaan dengan seminar yang terbuka bagi masyarakat umum. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang depresi, dengan cara menjelaskan depresi secara mendetail, mulai dari pengenalan gejala, cara pengobatan, dan mitos-mitos yang menyesatkan masyarakat.

Johnson & Johnson Indonesia Luncurkan Kampanye #MoreThanBlue. (special)

Dalam kampanye ini, Johnson & Johnson Indonesia memperkenalkan penggunaan cerita komik, melalui karakter Alex, sebagai cara untuk menyebarkan edukasi tentang depresi. Melalui cerita komik ini, masyarakat umum dan generasi muda dapat belajar dan mengenal tentang depresi, dampaknya, serta tanda dan gejala untuk mengenalinya. 

Tak hanya itu, program ini juga mendorong orang untuk menyadari bahwa mereka tidak sendirian dan dapat disembuhkan. Mereka juga bisa mendapatkan bantuan dari tenaga kesehatan profesional dan cara pengobatannya.

Johnson & Johnson Indonesia Luncurkan Kampanye #MoreThanBlue. (special)

“Kita perlu menghilangkan stigma terhadap depresi di Indonesia. Ini adalah kondisi yang dapat diobati, terutama ketika orang dapat mengenali gejalanya sejak dini dan mencari pengobatan jika diperlukan," kata Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs for Johnson & Johnson Pharmaceutical in Indonesia & Malaysia.

"Kampanye #MoreThanBlue membahas masalah ini dan mendorong masyarakat untuk memahami penyebab, gejala, dan mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan dari para ahli," tuturnya.

Meningkatkan kesadaran tentang depresi adalah salah satu langkah pertama untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Jika para penderita gangguan kesehatan jiwa tidak segera dibantu, depresi dapat menjadi lebih buruk.

“Depresi itu seperti samudera biru yang dalam. Orang dengan depresi sering merasa seperti tenggelam di bawah ombak. Depresi juga datang pada berbagai tingkat kedalaman; semakin dalam depresinya, semakin gelap warnanya. Orang harus menyadari bahwa memahami kondisi dan gejalanya dapat membantu pasien," kata Psikiater Dr Eva Suryani, Sp.KJ dalam seminar.

PT Johnson & Johnson Indonesia sendiri merupakan perusahaan operasi lokal dari Johnson & Johnson yang dikenal sebagai perusahaan perawatan kesehatan.