Kaleidoskop 2021: Deretan Kabar Duka Artis yang Meninggal Dunia

Rabu, 29 Desember 2021 | 11:05:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Kaleidoskop 2021: Deretan Kabar Duka Artis Yang Meninggal Dunia

Altar Persemayaman Laura Anna. (Instagram.com/aanstory)

Ladiestory.id - Kabar duka dari dunia hiburan tanah air hadir sepanjang tahun 2021, sejumlah nama artis dikabarkan meninggal dunia. Namun, kematian adalah sebuah misteri Tuhan.

Artis yang Meninggal Sepanjang Tahun 2021

Beberapa artis memiliki penyebab berpulangnya yang berbeda, mulai dari penyakit hingga kecelakaan tragis. Berikut Ladiestory.id merangkum deretan nama artis yang meninggal dunia sepanjang tahun 2021. 

Chacha Sherly

Chacha Sherly. (Instagram.com/chacha.sherly)

Awal tahun 2021 dibuka dengan kabar duka salah satu pedangdut Indonesia. Chacha Sherly, mantan personel grup Trio Macan dikabarkan meninggal dunia karena kecelakaan yang dialaminya Selasa (05/01/2021). 

Mendiang Chaca Sherly dikabarkan mengalami kecelakaan di Ungaran, Jawa Tengah, tepatnya di Tol Semarang-Solo. Penyebab kecelakaannya adalah hilangnya kendali dari pengemudi yang menyebabkan mobil menabrak beton pembatas jalan. Almarhumah Chacha Sherly dimakamkan di kampung halamannya Sidoarjo, Jawa Timur. 

Farida Pasha

Farida Pasha. (Instagram.com/ifyalyssa)

Masih di Januari, kabar duka kembali datang dari aktris senior Farida Pasha. Aktris pemeran Mak Lampir ini wafat Sabtu (16/01/2021). Menurut keterangan, Farida Pasha meninggal karena terpapar Covid-19. Dimakamkan dengan protokol kesehatan ketat, prosesi pemakaman mendiang nenek dari penyanyi Ify Alyssa ini pun hanya dihadiri oleh keluarga terdekat.

Rina Gunawan

Rina Gunawan. (Instagram.com/rinagunawan74)

Artis sekaligus pengusaha Rina Gunawan dikabarkan meninggal dunia Selasa (02/03/2021). Kepergiannya mengejutkan para kerabat dan penggemar, pasalnya istri dari aktor Teddy Syah ini sebelumnya terlihat selalu aktif. Wafatnya Rina Gunawan ini disebabkan oleh penyakit sesak napas yang dialaminya. Sebelumnya Rina pun dikabarkan sempat dirawat karena Covid-19. Kepergian Rina Gunawan memberikan luka mendalam bagi suami dan anak-anaknya. Mendiang Rina Gunawan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta. 

Raditya Oloan

Raditya Oloan. (Instagram.com/radityaoloan)

Pandemi Covid-19 kembali membawa kabar duka. Artis sekaligus Pendeta Raditya Oloan dikabarkan meninggal dunia setelah sebelumnya berjuang melawan Covid-19. Raditya Oloan yang merupakan suami dari artis Joanna Alexandra meninggal dunia Kamis (06/05/2021). 

Sebelumnya, tak hanya Radit istrinya Joanna pun terpapar Covid-19. Sempat sembuh, Radit kembali drop karena mengalami kondisi Badai Sitokin setelah terpapar Covid-19 yang merenggut nyawanya. Raditya Oloan dimakamkan di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Sapri Pantun

Sapri Pantun. (Instagram.com/sapri_pantun)

Memasuki pertengahan tahun, dunia komedi tanah air berduka. Komedian Sapri yang terkenal dengan kemahirannya dalam berpantun dikabarkan meninggal dunia. Sebelum dikabarkan meninggal karena penyakit diabetes, Sapri memang sempat beristirahat karena penyakitnya tersebut  kambuh.

Sapri meninggal dunia Senin (10/05/2021). Dirinya meninggal beberapa hari sebelum kelahiran anaknya. Mendiang Sapri Pantun berpulang menyisakan duka dari para komedian di tanah air. Jenazah Sapri dimakamkan di TPU Ulujami, Jakarta Selatan.

Jane Shalimar

Jane Shalimar. (Instagram.com/janeshalimar_1)

Memiliki riwayat penyakit Asma, Jane Shalimar dikabarkan meninggal dunia usai terpapar Covid-19. Kesehatannya memburuk dan dinyatakan meninggal di usia 41 tahun Minggu (04/06/2021). 

Sempat menjalani perawatan intensif di ruang ICU, Jane pun menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan Covid-19 di Rumah Sakit JMC, Warung Buncit, Jakarta Selatan. Banyak kerabat yang terkejut mendengar kabar duka ini, namun semua sudah menjadi jalan dari Tuhan yang harus diterima. Mendiang Jane Shalimar dimakamkan di TPU jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Hanna Kirana

Hanna Kirana. (Instagram.com/hannakiranafanspage)

Menjelang akhir tahun 2021, kabar duka kembali datang dari aktris FTV Hanna Kirana. Pesinetron muda ini dikabarkan meninggal dunia karena penyakit gagal jantung yang dideritanya. Hanna Kirana meninggal dunia di usia 23 tahun, Selasa (02/11/2021).

Sebelum dikabarkan meninggal, Hanna sempat mendapatkan perawatan di RS PMI Bogor. Mendiang Hanna dikenal publik karena aktingnya sebagai Zahra di FTV Suara Hati Istri. Hanna dimakamkan di daerah Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah

Vanessa dan Bibi. (Instagram.com/vanessaangelofficial)

Kabar duka selanjutnya, menjadi kabar duka yang mengejutkan bagi publik. Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah yang sebelumnya masih terlihat menghadiri sebuah acara, dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan tragis tunggal yang tak tertolong. Vanessa dan Bibi meninggal akibat kecelakaan yang terjadi tepatnya di Tol Nganjuk arah Surabaya, Kamis (04/11/2021).

Dalam kecelakaan ini terdapat korban lain yang merupakan anaknya Gala Sky Andriansyah, pengasuh anaknya dan sopir dari Vanessa dan Bibi. Ketiganya selamat, dan mengalami luka serius di tubuhnya. Mendiang Vanessa Angel dan Bibi sebelumnya dipulangkan ke Jakarta dan dimakamkan di TPU Islam Malaka, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

Rony Dozer

Rony Dozer. (Instagram.com/dozersmile75)

Masih di bulan November, kabar duka datang dari komedian sekaligus aktor Rony Dozer. Menurut keterangan teman artisnya Virnie Ismail, Rony dikabarkan meninggal akibat serangan jantung. Sebelumnya Rony sempat dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah untuk mendapatkan pertolongan, sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia Kamis (11/11/2021).

Rony Dozer dikenal publik lewat kemahirannya mengocok perut penonton di acara Extravaganza bersama dengan sejumlah artis lain seperti Aming, Tora Sudiro, Indra Birowo dan Virnie Ismail. Mendiang Rony Dozer dimakamkan di TPU Jombang, Ciputat, Kota Tanggerang Selatan. 

Laura Anna

Laura Anna. (Instagram.com/edlnlaura)

Akhir tahun 2021, selebgram Laura Anna mendapatkan perhatian publik akibat kasus kecelakaan bersama mantan pacarnya Gaga Muhammad. Sebagai korban, Laura Anna pun mengalami kelumpuhan dan menderita penyakit lainnya. Sedang berjuang dengan kasusnya, kabar duka tiba-tiba datang mengejutkan. Laura Anna dikabarkan meninggal dunia setelah menderita sesak napas akibat penyakit asam lambungnya,  Rabu (15/12/2021).

Meninggal dunia di usia 21, Laura sebelumnya sempat mengalami beberapa penyakit lainnya. Banyak sahabatnya yang kehilangan, namun ikhlas atas kepergiannya karena Laura tidak lagi merasa tersiksa dengan penyakitnya. Sebelum dikremasi, jenazah Laura Anna sempat disemayamkan di rumah duka Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara. Setelah proses kremasi saat ini sebagian abunya telah dilarung di Ancol, dan sebagian lagi masih disimpan oleh pihak keluarga mendiang Laura Anna.

Imam S Arifin

Imam S Arifin. (Instagram.com/fans_imam_s_arifin)

Pedangdut senior Imam S Arifin dikabarkan meninggal dunia pada usianya ke 61 tahun, Jumat (17/12/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, Imam S Arifin dikabarkan sempat menderita penyakit stroke namun beberapa waktu ini keadaannya membaik dan sehat. Belum diketahui secara jelas penyebab meninggalnya pedangdut ini, namun seorang kerabatnya menyampaikan bahwa Imam S Arifin sempat mengeluh sakit dibagian dada. mendiang Imam S Arifin dikabarkan dimakamkan di TPU Beringin, Sumenep, Madura.

Mbah Minto

Mbah Minto. (Instagram.com/ucup_jbsklaten)

Mbah Minto, seorang nenek asal Klaten yang wajahnya kerap muncul di YouTube dikabarkan meninggal pada Rabu (22/12/2021) pukul 21.15 WIB. Kabar tersebut diberikan oleh akun Instagram @ucup_jbsklaten teman duet Mbah Minto di YouTube. Akun @ucup_jbsklaten mengunggah foto berupa flyer kabar duka Mbah Minto. Mendiang Mbah Minto dimakamkan di pemakaman Argoloyo Wonosegaran, Klaten, Jawa Tengah. 

Jimmy Gideon

Kabar Duka Jimmy Gideon. (Instagram.com/derry4sekawanreal)

Masih segar terdengar kabar duka sebelumnya, dunia hiburan kembali berduka oleh kepergian pelawak senior Indonesia Jimmy Gideon. Jimmy Gideon tutup usia pada umurnya yg ke-58 tahun. Jimmy dikabarkan meninggalnya karena sempat terjatuh, Minggu (26/12/2021).  

Semasa hidupnya, Jimmy Gideon merupakan seorang pelawak sekaligus aktor dan penyiar radio. Menyusul kabar duka, jenazah Jimmy Gideon dimakamkan Senin (27/12/2021) di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bojong Nangka, Tangerang, Banten.