Kandungan Nasi Putih dan 4 Manfaatnya bagi Tubuh

Selasa, 16 November 2021 | 01:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kandungan Nasi Putih Dan 4 Manfaatnya Bagi Tubuh

Foto: Okezone

Ladiestory.id - Nasi putih merupakan makanan utama masyarakat Indonesia. Karena itulah masyarakat umumnya akan bilang belum makan bila belum makan nasi, meskipun sudah menyantap makanan lainnya selain nasi. 

Kandungan nasi yang utama adalah karbohidrat, protein dan kalori. Bila dikonsumsi tidak berlebihan nasi memiliki manfaat bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan mengenai kandungan dan manfaat nasi di bawah ini.

Kandungan Nasi

Foto: Detik

Dalam satu porsi nasi sebanyak 186 gram mengandung banyak nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat : 53,4 gram
  • Kalori: 242
  • Lemak: 0,4 g
  • Sodium: 0 mg
  • Serat: 0,6 g
  • Gula: 0 g
  • Protein: 4,4 g

Nasi kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh, terutama vitamin B kompleks seperti niacin, thiamin, dan riboflavin. Nasi juga mengandung sumber mineral karena nasi pada nasi terdapat mangan, zat besi, dan magnesium.

Meskipun nasi putih kaya akan nutrisi, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah terjadinya sindrom metabolik yang sering dihubungkan dengan penyakit diabetes tipe 2, jantung, dan stroke.         

Manfaat Nasi bagi Tubuh

Mengonsumsi nasi putih sebenarnya masih aman asalkan tidak berlebihan. Beberapa manfaat pun bisa didapatkan dengan konsumsi nasi putih dalam batas wajar, seperti:

1. Sumber Energi

Foto: Ladiestory.id

Karbohidrat pada nasi putih berperan penting dalam memberikan asupan energi bagi tubuh. Ketika  kamu  mengonsumsi nasi, maka karbohidrat terkandung di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang selanjutnya akan diserap dan masuk ke aliran darah.

Glukosa inilah yang akan mengedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak. Itulah alasannya, mengapa para atlet lebih banyak memilih nasi putih dibandingkan dengan nasi merah dan nasi cokelat, karena nasi putih dapat memberikan energi dalam waktu singkat.

2. Menjaga Kesehatan Tulang, Saraf dan Otot

Magnesium adalah salah satu mineral yang terdapat pada kandungan nasi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Bukan hanya itu, magnesium juga dibutuhkan tubuh agar fungsi saraf dan otot  dapat berjalan dengan baik.

3. Baik untuk Kesehatan Usus

Foto: Tirto

Nasi mengandung serat yang akan diubah menjadi asam lemak oleh tubuh saat kita mengkonsumsinya. Asam lemak itulah yang kemudian dapat menjaga kesehatan usus, bahkan mengurangi risiko terkena kanker kolorektal.

4. Baik untuk Penderita Penyakit Celiac

Nasi putih  merupakan salah satu makanan yang tidak mengandung gluten. Jadi, bagi penderita penyakit celiac, yang tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, maka nasi putih bisa jadi salah satu pilihan yang tepat..

Bukan hanya bisa disantap sebagai nasi, tapi beras putih juga dapat diolah jadi berbagai macam olahan, seperti bihun, mie, tepung, hingga minuman. Dengan begitu, penderita penyakit ini tidak akan bosan mengonsumsi beras sebagai nasi saja.     

Itulah informasi mengenai kandungan nasi putih dan manfaatnya bagi tubuh bila dikonsumsi tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.