5 Kebiasaan Ini Jadi Alasan Kamu Sering Merasa Gelisah

Rabu, 14 September 2022 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Kebiasaan Ini Jadi Alasan Kamu Sering Merasa Gelisah

Ilustrasi sedih. (Special)

Ladiestory.id - Perasaan gelisah yang muncul pada diri kamu tanpa sebab dan alasan yang jelas, pasti akan sangat menggangu. Rasa gelisah yang sudah muncul di hati akan semakin terasa merepotkan saat sedang berada di kondisi genting.

Meskipun hal tersebut terkesan tiba-tiba, bukan berarti perasaan itu benar-benar tidak ada penyebabnya. Seringkali kamu tidak menyadari bahwa terdapat beberapa hal yang bisa menjadi akar masalah dari rasa gelisah yang dirasakan.

Apabila hal tersebut dibiarkan begitu saja. Maka kualitas kesehatan mentalmu yang dapat menurun. Selain itu, gangguan kecemasan akan semakin terasa parah. Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya ketahui beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab dari rasa gelisah yang muncul tiba-tiba. Apa saja?

Ketergantungan Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial (Special)

Penggunaan media sosial mampu memengaruhi kualitas hidup kamu. Bahkan, ada beberapa orang yang menjadikan media sosial sebagai media penghibur diri setelah lelah dengan berbagai aktivitas. Terlalu asyiknya dengan beragam konten, juga bisa membuat kamu lupa waktu.

Perasaan cemburu dan merasa tidak puas yang ditimbulkan dari pencapaian orang lain berpotensi membuat kamu terkekan dan gelisah. Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk membatasi waktu dalam pemakaian media sosial dalam kehidupan sehari-harmu.  Jangan sampai kamu malah ketergantungan dan sulit untuk lepas dari hal itu.

Kurangnya Waktu Beristirahat

Ilustrasi seseorang mengantuk. (Special)

Tidak terpenuhinya jam istirahat ternyata juga dapat membuat tubuhmu mudah lelah dan akhirnya sulit mengontrol emosi. Menurut data yang telah di dapat, lebih dari 90 persen penderita yang merasa gelisah berlebih mengaku, bahwa mereka memang kekurangan waktu istirahat saat malam hari.

Kurangnya waktu untuk tidur juga dapat mengganggu kemampuan otak dalam berpikir, sehingga akan menimbulkan segala pikiran negatif yang justru memperparah rasa gelisah. Jika kamu sudah mengalami hal tersebut, segara cari pertolongan dengan pergi ke orang yang sudah ahli dan terpercaya dalam menangani kegelisahan tersebut sebelum  semakin mengganggu.

Peristiwa Traumatis

Ilustrasi perempuan marah. (Special)

Semua peristiwa yang kamu alami di masa lalu tentunya akan memiliki kaitan dengan bagaimana hidupmu saat ini. Begitu juga dengan perasaan gelisah yang sering kamu rasakan, bisa jadi buah hasil dari peristiwa traumatis yang pernah kamu alami di waktu lalu.

Peristiwa mengerikan yang terjadi di masa lalu juga dapat menimbulkan sebuah gangguan stres atau kegelisahan yang terus berlangsung dalam waktu yang tidak dapat ditentukan. Berbagai kilas balik yang muncul kerap membuat perasaan tidak tenang, gelisah, hingga marah secara tiba-tiba.

Ketidakseimbangan Hormonal

Foto: Ladiestory.id

Ketika terjadi masalah pada ketersediaan jumlah hormon, maka fungsi dari tubuh juga akan terganggu. Contohnya saja, seperti mengontrol rasa lapar, masalah pencernaan, hingga perubahan mood. Hal ini terjadi akibat jumlah hormon yang seharusnya seimbang menjadi timpang maupun berlebihan.

Salah satunya, yakni hormon estrogen yang menjadi sumber perubahan perasaan yang kamu rasakan. Maka, tidak heran bila kamu tiba-tiba merasakan perasaan yang amat bahagia lalu menjadi sedih ataupun gelisah tanpa penyebab yang jelas.

Pengaruh Lingkungan Sekitar

Ilustrasi bully. (Special)

Terkadang, seseorang merasa gelisah tanpa sebab karena dirinya merasa lingkungan sekitar kurang nyaman untuknya. Pandangan negatif kamu terhadap lingkungan sekitar dapat membuat dirimu juga merasa terganggu.

Oleh karena itu jika kamu merasa gelisah tanpa sebab, coba kamu perhatikan lingkungan sekitar. Jika kamu merasa orang di sekitar membuatmu tidak nyaman, maka sebaiknya kamu pergi menghindarinya.

s