Kelebihan Orang Yang Menghafal Al-Quran, Pahala Berlipat Ganda Dan Terkabulnya Semua Doa

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 05:55:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Kelebihan Orang Yang Menghafal Al-Quran, Pahala Berlipat Ganda Dan Terkabulnya Semua Doa

Foto: Ladiestory.id

Tak hanya sekedar membaca, semua umat muslim juga diwajibkan untuk menghafal Al-Quran. Karena selain mendapat pahala berlipat ganda kelebihan orang yang menghafal Al-Quran juga mampu mengantarkan meraih kebahagiaan di surga. 

Artikel ini akan membahas seputar keutamaan orang yang menghafal Al-Quran bagi umat muslim. Sebelum itu, mari simak firman Allah SWT tentang keutamaan menghafal Al-Quran di bawah ini. 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Ankabut ayat 49: 

Bal huwa aayaatum bayyinaatun fii sudurillaziina utul-'ilm, wa maa yaj-hadu bi'aayaatinaa illaz-zaalimun

Artinya:

"Sebenarnya, Alquran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim."

Firman Allah SWT dalam Quran surat Al Hijr ayat 9: 

inna nahnu nazzalnaz-zikra wa inna lahu lahafizun

Artinya: Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan Al-Qur'an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.

Lantas apa sebenarnya keuntungan dari orang yang menghafal Al-Quran? 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Termasuk Dalam Golongan Manusia Terbaik 

Penghafal Al-Quran adalah termasuk dalam golongan manusia terbaik dimata Allah SWT. Pernyataan ini berdasar pada hadits riwayat Bukhari, dari Utsman bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Sebaik-baiknya manusia di antara kamu adalah yang mempelajari al-Quran dan mengamalkannya."

Dari hadist tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa Al-Quran banyak mengandung kebaikan bagi umat Islam. Dengan membaca, menghafal, dan memahami ayat-Nya, Allah akan melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya.

Tak hanya itu, hadits riwayat Bukhari dan Muslim juga menjelaskan mengenai janji Allah kepada penghafal Al Quran, yakni akan bersama para malaikat dan juga mendapatkan pahala meski terbata-bata.

Hadist lain yang menerangkan seputar keutamaan menghafal Al-Quran datang dari  Aisyah Ra, dimana Nabi Muhammad SAW bersabda: 

 "Orang yang pandai membaca Al-Quran maka dia akan bersama para malaikat yang mulia dan baik, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan dalam membacanya terbata-bata, maka baginya dua pahala."

Mendapatkan Syafaat dan Semua Keinginannya Akan Dikabulkan Allah SWT 

Hadits riwayat muslim menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda Al Quran dapat memberikan pertolongan atau syafaatnya kepada si pemiliknya. 

Hadits tersebut berbunyi: 

"Baca lah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat kepada pemiliknya. Baca lah az-Zarawain (dua surat cahaya) yakni surat Al-Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca kedua surat tersebut. Baca lah ula surat Al-Baqarah. mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya."

Selain itu, Allah SWT juga berjanji akan mengabulkan semua permintaan umatnya yang menghafal Al-Quran. Pernyataan ini bersumber dari hadits riwayat Tirmidzi, dari Sa'id al-Khudri Ra, Nabi Muhammad bersabda: 

Allah berfirman, 'Barangsiapa yang disibukkan dengan al-Quran dan mengingat-Ku, maka akan aku berikan keutamaan kepadanya lebih besar dari apa yang Ku berikan kepada lainnya dan keutamaan kalam Allah dibanding kalam lain ibarat keutamaan Allah dengan makhluknya. 

Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda 

Foto: Freepik.com
Foto: Ladiestory.id

Keunggulan dari menghafal Al-Quran yang lain adalah salah satu ibadah mulia yang dapat mendatangkan pahala berlipat ganda. Di dalam ibadah ini, Allah SWT sendiri telah berjanji bahwa akan melipat gandakan pahalanya menjadi 10 kali lipat.

Di dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW juga  bersabda: 

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran maka baginya sepuluh pahala dan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf tersendiri."

Diangkat Derajatnya Oleh Allah SWT 

Menghafal Al-Quran juga berkesempatan mendapatkan kedudukan yang tinggi di akhirat kelak. Pernyataan ini berdasar dari sabda  Nabi Muhammad dalam hadist riwayat Muslim yang berbunyi: 

"Sesungguhnya Allah mengangkat derajat kamu dengan kitab ini dan menjatuhkan yang lain."

Selain itu, keuntungan menghafal Al-Quran bagi umat muslim adalah akan memiliki sinar cahaya yang lebih indah dari matahari. Pernyataan ini berdasar pada sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: 

" Barangsiapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya, maka dipakaikan lah mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya lebih indah dibanding cahaya matahari di dunia."

Disematkan Mahkota dan Jubah

Keutamaan yang akan didapat muslim penghafal Al-Quran yang terakhir adalah akan disematkannya mahkota dan jubah karomah serta keridhaan Allah kepadanya. Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada penghafal Al Quran.

Pernyataan ini berdasar pada hadits riwayat Tirmidzi dimana Rasulullah SAW bersabda: 

"Penghafal Al-Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian akan berkata, 'Ya Tuhanku, berikan lah perhiasan (kepada orang yang membaca al-Quran'), kemudian orang itu dipakaikan mahkota karomah (kemuliaan). Sesudah itu Al-Quran memohon kembali, 'Ya Tuhanku ridhoilah dia', kemudian Allah meridhoinya. Dan diperintahkan kepada orang itu, baca lah (Al-Quran) dan teruslah naiklah (ke surga). Lantas, derajatnya (di surga) pun terus bertambah. pada setiap ayat (yang dibacanya) terdapat satu kebaikan.