Ketahui 5 Fakta Tentang Daging Ayam Sebelum Menyantapnya!

Sabtu, 13 April 2024 | 09:48:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui 5 Fakta Tentang Daging Ayam Sebelum Menyantapnya!

Ilustrasii Daging Ayam. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Memasak daging ayam adalah pilihan populer dalam banyak kesempatan. Ayam merupakan jenis unggas yang paling umum di dunia, dan sulit untuk tidak menyukai ayam dengan bagian-bagiannya yang beragam, dagingnya yang lezat, dan keserbagunaannya dalam memasak.

Daging ayam tidak hanya populer, tetapi juga menjadi makanan pokok banyak orang yang diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi. Daging Ayam banyak mengandung vitamin B6, yang diperlukan tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, memproduksi sel darah merah, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ayam bisa memberikan hampir 36% dari seluruh kebutuhan harian vitamin B6.

Sebagai informasi, tubuh hanya dapat memperoleh sekitar 30 nilai gizi yang berbeda hanya dari 100 gram ayam. Namun perlu diingat bahwa ketika kamu menggorengnya, kalori normal ayam yaitu sekitar 330 kal dapat berlipat ganda hingga 900 kal per porsi.

Namun secara umum, ayam sangat bergizi jika kamu mengetahui cara memasaknya yang benar, misalnya sup ayam yang dapat membantu mengatasi flu dan pilek. Sebelum kamu mengonsumsi daging ayam dan mengambil semua manfaatnya. Yuk, ketahui dulu beragam fakta menarik tentang daging ayam.

Orang Yunani Kuno Hargai Daging Ayam Sebagai Kelezatan

Ilustrasi Daging Ayam. (Freepik.com)

 

Ayam adalah makanan tambahan yang umum di meja makan dalam pesta perayaan di Yunani. Mereka memelihara ayam di pulau Delos dan sangat menjunjung tinggi ayam tersebut sehingga kamu akan menemukan tembikar yang dihias indah dengan motif ayam dan ayam jago.

Ayam Telah Didomestikasi untuk Daging Sejak 2000 SM

Ilustrasi Daging Ayam. (Freepik.com)

 

Ayam yang dipelihara untuk diambil dagingnya semuanya  merupakan keturunan dari empat ayam hutan liar Asia Tenggara. Salah satunya, ayam hutan merah, masih ditemukan di alam liar hingga saat ini dan diyakini sebagai nenek moyang utama sebagian besar ayam peliharaan.

Ada Perbedaan Besar Antara Ayam Komersial dan Ayam Ras

Ilustrasi Daging Ayam. (Freepik.com)

 

American Poultry Association, yang didirikan pada tahun 1873, mengakui lebih ada 350 ciri fisik dan kombinasi berbeda yang terdapat pada ayam. Ayam ras murni dibiakkan terutama karena penampilannya, sedangkan  ayam komersial adalah ayam hibrida khusus  yang dirancang semata-mata untuk menghasilkan telur dan daging secara efisien.

Daging Ayam Lebih Sehat Dibanding Daging Merah

Ilustrasi Daging Ayam. (Freepik.com)

 

American  Heart Association merekomendasikan siapa pun yang ingin meningkatkan kesehatan jantung dan kesehatannya secara keseluruhan mulai mengganti daging merah (seperti daging sapi dan babi) dengan ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

Lemak jenuh dan kolesterolnya jauh lebih rendah dibandingkan daging merah, terutama jika kamu memilih potongan yang telah dihilangkan lemaknya.

Daging Ayam Bagian Sayap Berasal dari Buffalo, New York

Ilustrasi Daging Ayam. (Freepik.com)

 

Meskipun daging ayam goreng bagian sayap telah populer di negara bagian selatan, ide untuk memasak sayap ini dengan saus pedas berasal dari kota yang terletak di bagian barat New York ini.

Penemuan 'Buffalo Wings' dimulai pada tahun 1964 di Anchor Bar yang kini telah berkembang ke 14 lokasi di seluruh Amerika Utara berkat kreasi kulinernya yang terkenal.