Kenali Bahayanya, Ini 6 Akibat Sering Mandi di Malam Hari

Rabu, 19 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Kenali Bahayanya, Ini 6 Akibat Sering Mandi Di Malam Hari

Ilustrasi mandi di malam hari. (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak penyebab seseorang sering mandi di malam hari, entah itu dikarenakan padatnya aktivitas setelah seharian kerja sehingga harus membersihkan diri pada malam hari. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setiap harinya seseorang mandi di waktu malam hari. Banyak orang yang mengatakan, bila sering mandi di malam hari dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu, bahkan menimbulkan berbagai macam bahaya penyakit bagi tubuh.

Nah, bagi kamu yang sering mandi di malam hari, kenali 6 bahaya berikut ini, yuk!

Asam Urat

Ilustrasi gejala asam urat. (Special)

 

Salah satu bahaya yang bisa saja timbul akibat mandi di malam hari adalah timbulnya masalah kesehatan asam urat. Pada umumnya, penyakit ini akan terjadi karena tubuh banyak mengonsumsi zat purin sehingga asam urat pun akan menjadi semakin meningkat. Hal tersebut juga yang membuat ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, kamu juga bisa mengurangi kebiasaan mandi di malam hari menggunakan air dingin dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Demam dan Nyeri Otot

Ilustrasi Demam. (Special)

 

Bahaya mandi di malam hari juga dapat menyebabkan tubuh mengalami demam serta nyeri otot. Hal ini dikarenakan panas tubuh yang meningkat di malam hari dapat mengakibatkan demam. Hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh yang panas tersiram oleh air dingin sehingga dapat meningkatkan suhu pada tubuh dan menyebabkan demam. Selain itu, gejala nyeri otot juga menjadi salah satu bahaya gangguan kesehatan pada tubuh akibat mandi di malam hari. Kondisi ini disebabkan air dingin masuk ke pori-pori kulit sehingga mengakibatkan nyeri pada otot.

Nyeri Sendi

Ilustrasi nyeri sendi. (Special)

 

Tak hanya alami nyeri otot, kebiasaan buruk akibat mandi di malam hari juga bisa timbulkan gejala nyeri sendi hingga rematik. Gejala ini juga bisa disebabkan karena kelainan genetik atau penyakit autoimun yang bisa saja menyerang tubuh. Sebaiknya, kamu juga dapat mengurangi kebiasaan mandi di malam hari menggunakan air dingin dan menggantinya menggunakan air hangat.

Flu

Ilustrasi flu. (Special)

 

Bahaya selanjutnya yang bisa saja timbul akibat sering mandi di malam hari adalah munculnya gejala flu. Hal ini pun bisa disebabkan akibat suhu tubuh yang meningkat dan penggunaan air dingin pada tubuh yang bisa mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh. Hal tersebutlah yang membuat hidung akan mengeluarkan lendir bahkan sebabkan flu.

Akibatkan Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

 

Mandi di malam hari juga bisa mengakibatkan sesorang mengalami penuaan dini. Namun, kondisi ini pun akan dialami berbeda-beda oleh setiap orang, karena tidak semua orang akan merasa kuat dengan suhu dingin dan air di malam hari. Mandi di malam hari dengan suhu air yang dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh memerlukan banyak oksigen dan kalori untuk membantu menstabilkannya. Hal ini pun dapat membuat kondisi kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya.

Gejala Masuk Angin

Ilustrasi masuk angin. (Special)

 

Mandi di malam hari juga bisa membuat seseorang mengalami masuk angin. Mandi malam sangat tidak disarankan bagi anak-anak, karena anak-anak akan mudah masuk angin. Hal tersebut bisa membuat kondisi imun anak menurun dan menyebabkan anak mengalami demam. Selain anak-anak, orang dewasa pun juga bisa mengalami gejala masuk angin akibat menggunakan air dingin. Maka tak jarang banyak dari mereka yang akan mengalami demam dan menggigil setelah mandi.

Itulah 6 bahaya yang bisa saja timbul akibat sering mandi di malam hari menggunakan air dingin. Alangkah lebih baik jika kamu bisa mengurangi kebiasaan ini dan menggunakan air hangat agar kondisi metabolisme tubuhmu tetap terjaga kesehatannya.