Sering Diabaikan! Kenali Penyakit Batu Ginjal pada Kaum Muda

Minggu, 13 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Sering Diabaikan! Kenali Penyakit Batu Ginjal Pada Kaum Muda

Ilustrasi sakit ginjal. (Special)

Ladiestory.id - Penyakit ginjal merupakan salah satu gangguan yang sangat rentan terjadi pada semua kalangan. Tak hanya kaum tua, kini banyak kasus gangguan ginjal dialami usia muda. Terdapat banyak jenis penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Salah satu yang paling sering dialami yaitu penyakit batu ginjal.

Kamu perlu untuk berhati-hati serta waspada supaya tidak mengalami hal ini. Sebab, setiap tahunnya, pengidap batu ginjal terus bertambah. Lalu, apa itu penyakit batu ginjal? Bagi kamu yang masih bingung, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Batu Ginjal

Ginjal (Special)

Penyakit batu ginjal atau biasa disebut dengan nefrolitiasis merupakan kondisi berbahaya yang diakibatkan terbentuknya endapan padat dalam ginjal. Endapan ini berasal dari zat kimia yang terkandung dalam urine. Ukuran batu ginjal dapat berbeda bergantung seberapa parah dampaknya.

Ada batu ginjal yang berukuran kecil hingga sebesar kacang polong. Penyakit ini sering terjadi di area sepanjang saluran urine, mulai dari ginjal, ureter (saluran yang membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, dan uretra (saluran yang membawa urine keluar tubuh)

Batu ginjal juga dapat berpindah tempat melewati saluran urine. Namun, untuk batu ginjal yang berpindah dan berukuran besar serta sulit melewati saluran urine, memerlukan penanganan khusus dari dokter atau tenaga medis kesehatan. Jika ditangani sejak dini, hal-hal yang berdampak buruk dapat lebih mudah diatasi. 

Gejala Batu Ginjal

Ilustrasi perempuan menderita batu ginjal. (Special)

Pada umumnya, batu ginjal yang masih berukuran kecil tidak menimbulkan suatu gejala tertentu. Namun, bagi batu ginjal yang berukuran besar serta telah mengganggu saluran urine, tentunya akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat khususnya di bagian pinggang. Nyeri tersebut dapat membuat penderitanya sangat tidak nyaman dan kesulitan melakukan pergantian posisi tubuh.

Penyebab Batu Ginjal

Ilustrasi pencernaan sehat. (Special)

Batu ginjal biasanya terbentuk dari akibat tingginya kadar zat kimia dalam tubuh. Misalnya, kalsium, asam oksalat, hingga fosfor yang terkandung dalam urine. Zat inilah yang kemudian membentuk kristal serta menumpuk pada ginjal. Sejalan dengan waktu, kristal tersebut lama-kelamaan membantu dan keras.

Adanya kadar zat kimia yang tinggi pada urine dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang tinggi akan purin serta kalsium, kekurangan cairan tubuh, serta adanya efek samping dari operasi atau obat-obatan dan terdapat kondisi kesehatan tertentu.

Pencegahan Batu Ginjal

Minum air putih. (Special)

Bagi kamu kaum muda, terdapat beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan. Cara ini dinilai tepat untuk membantu mengurangi tingkat resiko terkena batu ginjal. Pertama, cukupi kebutuhan cairan tubuh. Kedua, perbanyak konsumsi air putih. Ketiga, batasi konsumsi garam sehari-hari dalam makanan maupun cemilan.

Keempat, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung kadar oksalat tinggi. Jika beberapa pencegahan tersebut dilakukan secara teratur dan baik, maka tingkat resiko terkena batu ginjal dapat di minimalisir.

Pengobatan Batu Ginjal

Ilustrasi Konsultasi Dokter. (Special)

Dalam mengobati batu ginjal, petugas medis akan menggunakan beberapa metode. Metode pengobatan yang digunakan akan tergantung pada ukuran dan jenis batu ginjal yang diderita. Apabila batu ginjal yang dimiliki berukuran kecil serta tidak menimbulkan gejala yang berbahaya, maka perawatan dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Namun, jika berukuran besar dan menimbulkan gejala yang mengganggu fungsi tubuh, maka perlu dilakukan penanganan serius oleh dokter di pusat kesehatan.

Itulah penjelasan mengenai batu ginjal yang dapat menyerang kaum muda. Dengan mengetahui lebih dalam mengenai batu ginjal, kamu dapat memiliki pengetahuan baru serta berbagai hal baik dengan yang lain.

Sehingga, bahaya batu ginjal dapat dihindari serta mengetahui cara pencegahan yang efektif untuk dilakukan. Sebab, kesehatan ginjal merupakan hal yang penting untuk memastikan aktivitas harian mu dapat berjalan lancar.