1. Beauty
  2. Kenali SPF yang Terdapat pada Produk Sunscreen
Beauty

Kenali SPF yang Terdapat pada Produk Sunscreen

Kenali SPF yang Terdapat pada Produk Sunscreen

Ilustrasi Produk Sunscreen. (Special)

Ladiestory.id - Melindungi kulit dari sinar matahari sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit, penuaan dini, dan risiko kanker kulit. Siapa sih yang mau kulit wajah yang rusak?

Sebenarnya banyak hal mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulit tetap sehat sekalipun berada di bawah teriknya sinar matahari. Menggunakan sunscreen adalah langkah penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sunscreen berperan penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah sunscreen yang sudah mengandung Spf. SPF (Sun Protection Factor) adalah ukuran yang digunakan untuk menunjukkan seberapa efektif sebuah sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVB (Ultraviolet B) yang bisa menyebabkan kulit terbakar. 

SPF menunjukkan seberapa banyak waktu lebih lama kulit kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar jika menggunakan sunscreen dibandingkan jika kulit kamu tidak dilindungi.

Misalnya, jika kulit kamu biasanya akan terasa terbakar setelah 10 menit berada di bawah sinar matahari tanpa sunscreen, mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 akan memberikan perlindungan sekitar 30 kali lebih lama, yaitu sekitar 300 menit (10 menit x 30).

Namun, kamu harus mengulang pemakaian sunscreen jika kamu sedang beraktifitas di luar ruangan karena perlindungan ini dapat berkurang jika kamu berkeringat, berenang, atau menggosok-gosokkan handuk pada kulit.

Yuk kenalan dengan nilai spf yang terkandung pada produk sunscreen:

SPF 15

Ilustrasi sunscreen. (Special)

 

Sunscreen yang mengandung SPF 15 mempunyai perlindungan yang terbatas, sekitar 93% perlindungan dari sinar UVB. Cocok untuk aktivitas sehari-hari di dalam ruangan.

SPF 30

Ilustrasi Sunscreen. (Freepik.com)

 

 

Sunscreen yang mengandung SPF 30 mempunyai perlindungan moderat, sekitar 97% perlindungan dari sinar UVB. Dianjurkan untuk penggunaan sehari-hari saat beraktivitas di luar ruangan.

SPF 40

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (Special)

 

Sunscreen yang mengandung SPF 40 mempunyai perlindungan tinggi, membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV, dapat melembabkan dan membuat kulit tampak lebih cerah alami

SPF 50

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (Special)

 

Sunscreen yang mengandung SPF 50 mempunyai perlindungan tinggi, sekitar 98% perlindungan dari sinar UVB. Direkomendasikan jika kamu berada di lingkungan yang sangat terpapar sinar matahari atau saat beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

SPF50+ atau lebih tinggi

Ilustrasi penggunaan sunscreen. (Special)

 

 

Sunscreen yang mengandung SPF 50+ mempunyai perlindungan sangat tinggi. Meskipun tidak ada perbedaan besar dalam perlindungan antara SPF 50 dan SPF lebih tinggi, beberapa orang dengan kulit sensitif atau rentan terhadap terbakar mungkin lebih memilih SPF lebih tinggi.

SPF hanya memberikan perlindungan terhadap sinar UVB dan bukan sinar UVA. Oleh karena itu, pastikan sunscreen kamu juga memberikan perlindungan UVA yang ditemui dengan label "Broad Spectrum" atau "UVA/UVB." Perlindungan terhadap sinar UVA juga penting karena dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan dini dan kanker kulit.

Mulai sekarang kamu wajib banget ladies, untuk mengoleskan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi secara merata ke seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilih pakaian dengan kain yang menawarkan perlindungan UV tambahan, atau gunakan pakaian yang dirancang khusus untuk melindungi dari sinar matahari.

Ingatlah bahwa sinar matahari juga bisa merusak kulit kamu saat berkendara. Jadi, pastikan kaca depan mobil kamu memiliki lapisan yang melindungi dari sinar UV, menggunakan sunscreen jika perlu.

Selalu ingat untuk menggunakan sunscreen dan selalu lindungi kulit kamu tidak hanya saat cuaca cerah atau cerah terang, tetapi juga ketika cuaca mendung atau di hari-hari dengan sinar matahari yang tidak terlihat. Perlindungan kulit dari sinar matahari harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit harian kamu untuk menjaga kesehatan kulit kamu dalam jangka panjang yah ladies.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel