Keren! Della Dartyan Berhasil Taklukkan Lobuche East Peak Himalaya dalam 16 Hari

Rabu, 8 November 2023 | 10:33:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Keren! Della Dartyan Berhasil Taklukkan Lobuche East Peak Himalaya Dalam 16 Hari

Della Dartyan. (Instagram.com/delladartyan)

Ladiestory.id - Aktris yang telah memerankan beberapa judul besar perfilman di Indonesia, Della Dartyan, ternyata mempunyai hobby lain yang sangat mengejutkan. Ia memiliki ketertarikan dengan kegiatan outdoor ekstrim termasuk yang terbaru adalah keberhasilannya mendaki ke Lobuche East Peak dengan ketinggian mencapai 6110 mdpl.

“Aku selalu suka tantangan dan menurutku dengan berkegiatan ekstrem ini dapat men-challenge diriku untuk melewati limit diri sendiri sekaligus ada kepuasan tersendiri saat melakukannya,” ungkap Della yang juga mengaku mulai menggeluti hobby tersebut sejak jadi host acara jalan-jalan di salah satu stasiun TV nasional.

Della Dartyan. (Instagram.com/delladartyan)

 

Himalaya jadi mimpi terbesar Della untuk dapat dia taklukkan. Sejak dulu, dia sudah memasukkan Himalayasebagai salah satu bucket list dalam hidupnya. Persiapan selama 3 bulan dilakukan oleh Della mulai dari mempelajari alat-alat climbing dan olahraga di gym untuk meningkatkan stamina dan endurance dirinya.

Tidak lupa juga, Della naik-turun tangga darurat di apartmentnya yang ada di lantai 19 secara berulang hingga 5 kali hampir tiap hari. Bahkan sebelum berangkat ke Himalaya, dia melakukan latihan pendakian di Gunung Gede. 

Lobuche East Peak adalah gunung yang sangat teknikal, diperlukan keahlian khusus, stamina, dan endurance yang prima untuk mendaki disana,” kata Della yang menghabiskan sekitar 16 hari dalam ekspedisinya. 

Della Dartyan. (Instagram.com/delladartyan)

 

“Saat mendaki, dibutuhkan juga fokus yang berlebih untuk mengoperasikan alat climbing, karena itu semua high risk. Selain itu, kesulitan saat mendaki Lobuche East Peak adalah karena ini gunung es, jadi dia memiliki suhu dingin yang ekstrim dan semakin tinggi altitude maka semakin tipis juga kadar oksigennya,” kisahnya. 

Della Dartyan. (Instagram.com/delladartyan)

 

Tangis haru Della sontak pecah saat dirinya mencapai Lobuche East Peak. Seluruh perjuangan mulai dari persiapan hingga akhirnya dapat menjejakkan kaki di tempat itu terbayar dengan pemandangan yang dideskripsikan Dellasebagai sesuatu yang sangat indah. Ini tentu merupakan prestasi yang membanggakan karena, bisa dibilang, tidak banyak orang Indonesia yang bisa merasakan pengalaman tersebut. Terlebih tidak banyak juga Wanita yang mampu menakklukkan Lobuche East Peak tersebut. 

“Senang sekali dapat menjejakkan kaki di salah satu gunung tertinggi di Himalaya. Di sana aku bisa melihat gugusan pegunungan es sekaligus dapat melihat gunung Everest yang berdiri megah sejajar dengan pandanganku,” kenang Della.