5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pakai Retinol

Jumat, 2 September 2022 | 00:01:00

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Pakai Retinol

Ilustrasi wanita pakai retinol (Special)

Ladiestory.id - Melakukan perawatan kulit sangatlah penting, salah satunya penggunaan retinol. Kandungan retinol memiliki antioksidan yang penting untuk kulit. Meskipun bukan termasuk eksfoliasi, retinol juga dapat meregenerasi sel kulit yang berikan efek pengelupasan pada sel kulit mati.

Bagi kamu yang memiliki masalah seperti garis halus, kerutan dan pori-pori yang besar. Kamu perlu gunakan retinol untuk atasinya. Berikut kesalahan yang harus dihindari saat pakai retinol untuk pemula.

Pakai Retinol Terlalu Sering

Ilustrasi wanita pakai retinol  (Special)

Meskipun baik untuk kesehatan kulit, retinol sangat tidak baik untuk digunakan terlalu sering. Karena jika digunakan berlebihan akan berisiko yang serius seperti kulit wajah yang kering dan rusak.

Melansir Healthline pada Kamis (1/09/2022), bagi pemula sangat tidak dianjurkan untuk gunakan retinol setiap hari. Bagi yang belum pernah menggunakan produk retinol, sebaiknya gunakan sekali hingga 2 kali dalam seminggu. Karena jika langsung terlalu sering dikhawatirkan kulit akan mengalami breakout akibat zat dari retinol.

Selain itu, vitamin A sebagai bahan aktif memiliki kandungan senyawa yang banya manfaatnya untuk kulit. Retinol dapat atasi jerawat, perbaiki tekstur kulit hingga mencegah kerutan akibat penuaan dini.

Mencampurkan dengan AHA BHA

Ilustrasi iritasi akibat salah pakai retinol (Pinterest)

Penggunaan kedua skincare ini sangat tidak dianjurkan, jika digunakan secara bersamaan. Efek yang dihasilkan saat pemakaiannya digabung akan berisiko buruk untuk kulit wajahmu. Hal ini disebabkan karena asam AHA dan BHA yang juga sebagai eksfoliasi kulit. Kandungan retinol sangat sensitif dan harus dilakukan hati-hati, sedangkan jika dicampur AHA BHA akan membuat kulit kering dan menjadi sensitif.

Sebaiknya kamu bisa mencampurkan retinol dengan bahan lainnya seperti hyaluronic acid yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit. Apalagi setelah penggunaan retinol, kulit biasanya akan terasa kering karena reaksi pergantian sel kulit. Selain itu, hyaluronic acid sangat bantu kamu cegah iritasi yang umumnya disebabkan penggunakan retinol.

Tidak Memakai Sunscreen

Ilustrasi pakai sunscreen (Special)

Setelah penggunaan retinol di malam hari, kamu wajib untuk menggunakan sunscreen. Apalagi jika harus berpergian ke luar rumah. Karena setelah penggunaan retinol, kulit akan menjadi lebih sensitif jika terpapar sinar matahari.

Meskipun sudah menggunakan sunscreen, kamu sebaiknya menghindari aktivitas di luar ruangan yang langsung terkena sinar UV.

Pakai di Pagi Hari

Ilustrasi wanita pakai retinol  (Special)

Menurul para ahli, penggunaan retinol sebaiknya dilakukan pada malam hari. Karena kandunganya lebih bekerja aktif saat malam hari. Hal ini dilakukan karena saat malam hari proses regenerasi atau pergantian sel kulit baru dengan sel kulit mati lebih maksimal dilakukan.

Langsung Gunakan Konsentrasi Tinggi

Ilustrasi wanita pakai retinol (Special)

Bagi pemula sebaiknya gunakan retinol dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu. Karena untuk mengantisipasi kandungan retinol yang bereaksi pada kulit wajah. Dosis retinol yang bisa digunakan pemula sekitar 0.1% hingga 1%. Jika dirasa cocok dan tidak berdampak masalah pada kulit wajahmu, kamu bisa menaikan konsentrasi retinol.