Ketahui Bahaya Anggur Merah Bagi Kesehatan Menurut Para Ahli

Kamis, 28 Desember 2023 | 19:39:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui Bahaya Anggur Merah Bagi Kesehatan Menurut Para Ahli

Ilustrasi anggur merah. (Pexels/Cup of Couple)

Ladiestory.id - Red wine atau anggur merah sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi di saat-saat tertentu.Minuman itu juga disebut lebih sehat untuk dikonsumsi  jika dibandingkan dengan minuman beralkohol lainnya.

Anggur merah adalah minuman yang terbuat dari sari-sari buah anggur merah yang telah difermentasi.

Proses fermentasi ini mengubah gula yang terkandung dalam sari-sari anggur menjadi alkohol, sehingga membuat minuman ini memiliki kandungan alkohol yang bervariasi, tergantung pada cara pembuatannya dan jenis anggur yang digunakan.

Namun, apakah benar anggur merah jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman beralkohol lainnya? Apakah anggur merah (dalam jumlah sedang) sebenarnya baik untuk usus, umur, dan tingkat peradangan?

Melansir dari Vouge yang tayang pada Senin (25/12/2023), seorang ahli gizi, Dokter Federica Amati, menjelaskan bahwa anggur merah atau red wine tidak baik untuk tubuh manusia.

“Alkohol, dan minuman beralkohol termasuk anggur merah, tidak baik bagi kita,” kata Dr Federica Amati, yang dilansir dari Vogue pada Kamis (28/12/2023).

Kendati demikian, ia menambahkan bahwa anggur merah memiliki kandungan bahan kimia dari tanaman sehat yang dapat melawan beberapa efek negatif alkohol.

Meski memiliki kandungan bahan kimia yang baik, faktanya adalah tidak ada bentuk alkohol yang baik untuk tubuh.

Bahkan, menurut Dokter Mark Hyman, seorang dokter dan pakar kesehatan fungsional, menyebut bahwa perempuan lebih terkena dampak buruk dari alkohol dibandingkan dengan laki-laki.

Ada penelitian yang menghubungkan konsumsi alkohol dengan kanker payudara. Ini menghabiskan nutrisi dan membahayakan usus, hati, dan otak.

Mengonsumsi anggur merah juga akan mengganggu kualitas tidur meski hanya dikonsumsi dalam jumlah kecil.

“Meminum segelas anggur di malam hari mungkin membuat kamu merasa lebih rileks, tetapi saya rasa kamu akan terkejut melihat pengaruh alkohol terhadap tubuhmu saat tidur,” ucap Dokter Mark..

“Tidur adalah saat kita melakukan detoksifikasi dan melakukan perbaikan, kita tidak perlu mempersulitnya dengan menambahkan alkohol, racun, ke dalam campurannya,” lanjutnya.

Berapa banyak anggur merah yang harus kita minum?

Namun, jika kamu adalah pengonsumsi aktif anggur merah dan sulit untuk berhenti mengonsumsi minuman tersebut, kamu harus bisa menakar kadar jumlah anggur merah dengan tepat.

“Segelas anggur merah saat makan dan dalam konteks pola makan serta gaya hidup sehat tidak akan memiliki efek negatif yang sama seperti sebotol anggur yang diminum saat perut kosong dalam konteks a gaya hidup yang kurang sehat,” ujar Dokter Federica Amati.

“Untuk kesehatan yang baik, data populasi menunjukkan bahwa minum satu gelas kecil setelah makan mungkin bermanfaat,” tutupnya.