5 Keutamaan dan Manfaat Puasa Arafah 2022, Muslim Wajib Tau!

Jumat, 8 Juli 2022 | 16:29:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Keutamaan Dan Manfaat Puasa Arafah 2022, Muslim Wajib Tau!

Puasa (Special)

Ladiestory.id - Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat muslim. Sebab, banyak amalan yang dapat dikerjakan. Puasa arafah merupakan salah satu amalan sunah yang dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha 1443 H. Puasa arafah dianjurkan  bagi umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.

Mengenai  pelaksanannya puasa ini jatuh pada tanggal 9 Dzulhijah tahun hijriyah atau sehari sebelum Hari Raya Iduladha. Selain itu, juga memiliki waktu yang hampir sama dengan salah satu kegiatan jemaah haji yaitu wukuf di Padang Arafah. Puasa arafah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa yang perlu setiap umat muslim ketahui. Berikut 5 keutamaan puasa Arafah bagi muslim yang mengerjakannya :

Ibadah yang disukai Allah Swt

ibadah arafah
Ilustrasi ibadah (Special)

Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunah yang paling disukai Allah. Hal ini sesuai dengan salah satu hadis riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas. Rasullah saw bersabda; “Tiada ada amalan saleh yang lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10) hari pertama bulan Dzulhijjah...”

Amalan Utama di Bulan Dzulhijjah

Ilustrasi orang mengaji (Special)

Keutamaan kedua yang dimiliki puasa arafah adalah merupakan amalan yang dikerjakan pada 10 hari petama bulan Dzulhijjah.  Sebab, amalan yang sangat dicintai ini sangat sayang jika ditinggalkan. Selain itu, kedatangannya pun hanya sekali dalam setahun. Bahkan dalam salah satu hadis disampaikan, amalan ini melebihi amalan jihad. Kecuali, bagi mereka yang berjihad dengan jiwa dan hartanya lalu tidak kembali dengan sesuatu apa pun.

Menghapus Dosa Selama Dua Tahun

Ilustrasi dosa (Special)

Melakukan amalan ini merupakan sebuah keistimewaan bagi umat muslim. Sebab, meski hanya dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijaah namun dapat membantu menghapus dosa selama dua tahun. Hal ini disebutkan dalam hadis, Rasulullah bersabda; “Puasa arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang..” (HR. Muslim)

Sering dilakukan Rasulullah Saw

Ilustrasi ibadah muslim (SpeciaL)

Seorang muslim dalam melaksanakan ibadah tentulah mengikuti tuntunan yang sesuai dengan Rasulullah saw. Puasa Arafah sendiri merupakan salah satu amalan yang sering Rasulullah saw lakukan. Bahkan, disebutkan juga bahwa puasa ini tidak pernah ditinggalkan. Salah satu hadis menuliskan, “Ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah saw yaitu puasa asyura, puasa arafah, puasa tiga hari setiap bulan dan salat dua rakaat sebelum subuh.” (HR. An Nasa’i dan Ahmad)

Dijauhkan dari Api Neraka

Ilustrasi neraka (Special)

 

Selain mendapat keutamaan berupa dihapuskan dosa, puasa arafah juga memberikan keutamaan berupa dijauhkannya seorang muslim dari api neraka. Sebab, hari arafah merupakan satu hari yang istimewa bagi Allah untuk membebaskan hamba-hamba-Nya dari neraka. Penjelasan tersebut sesuai dengan hadis, “Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka melebihi hari Arafah.” (HR. Muslim)

Begitu banyak keutamaan yang di dapat oleh seorang muslim ketika mengerjakan amalan sunah satu ini. Puasa arafah banyak memberikan kebaikan bagi yang menjalankan dan memaknainya. Selain keutamaan, puasa ini juga memiliki beberapa manfaat loh! Beberapa diantaranya;

  • Diberikan jaminan kehidupan dalam rumah tangganya
  • Dilimpahi rezeki dan hartanya
  • Mendapat kebaikan dan dimudahkan kematiannya
  • Selalu dipenuhi keberkahan dalam kehidupannya
  • Dinaikkan derajat dan martabannya oleh Allah Swt.
  • Segala amalan salehnya dilipat gandakan

Semoga segala keutamaan dan manfaat pada puasa Arafah dapat diraih dalam keesempatan kali ini. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya!