Konsumsi 7 Makanan Yang Mengandung Kolagen Tinggi, Badan Sehat dan Kuat

Jumat, 2 Juli 2021 | 15:36:51

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Konsumsi 7 Makanan Yang Mengandung Kolagen Tinggi, Badan Sehat Dan Kuat

Foto: Ladiestory.id

Menggunakan produk kolagen atau suplemen, sebaiknya kita juga mempertimbangkan kebutuhan tubuh.

Tubuh kita seumur hidup akan memproduksi kolagen. Namun, produksinya dapat menurun seiring pertambahan usia dan pola makan yang buruk.

Untuk Anda yang ingin memiliki kulit kencang dan tampak awet muda secara alami, Anda bisa memulai untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi. Apa itu kolagen

Kolagen merupakan sejenis protein yang ada pada sejumlah area tubuh, mulai dari kulit, otot, tulang, hingga pembuluh darah. Komponen tersebut secara alami dapat Anda dapatkan dari makanan yang banyak mengandung kolagen serta suplemen kolagen.

Ketika kadar kolagen dalam tubuh berkurang, maka berbagai gangguan dapat muncul pada tubuh. Tidak hanya membuat kulit terlihat keriput, kekurangan kolagen juga akan membuat otot menjadi lebih kaku dan lemah, nyeri sendi, sampai gangguan pencernaan. Berikut adalah makanan yang mengandung kolagen tinggi.

  1. Ikan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Salah satu jenis makanan yang banyak mengandung kolagen adalah ikan. Bagian ikan yang paling banyak mengandung kolagen terdapat pada bagian mata, kepala, dan sisik. Pasalnya, daging dan kulit ikan juga dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat kolagen.

  1. Bawang Putih

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Bawang putih tidak hanya menambah rasa dalam makanan, manfaat bawang putih juga bisa Anda dapatkan ketika Anda mengonsumsinya. Salah satu jenis rempah ini dipercaya bisa memproduksi kolagen dalam tubuh. Tetapi, supaya manfaat makan bawang putih dapat benar-benar terasa, maka dibutuhkan jumlah tertentu yang harus dikonsumsi.

  1. Sayuran Hijau

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Seperti bayam dan daun kale, sayuran hijau juga menjadi makanan yang banyak mengandung kolagen. Ini disebabkan karena sayuran hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Klorofil sendiri adalah komponen yang bis memicu produksi kolagen untuk kulit.

  1. Kaldu Tulang

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kaldu tulang merupakan salah satu sumber kolagen paling terkenal dan populer. Bila Anda punya waktu, Anda dapat membuat sendiri kaldu tulang dengan memasak tulang sapi atau ayam. Tetapi, guna menghasilkan kaldu tulang berkualitas, waktu untuk memasaknya bisa sampai berjam-jam bahkan satu hari.

  1. Telur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Asupan yang mengandung banyak asam amino adalah telur. Ketika mengonsumsi telur, gunakan bagian putih sekaligus kuningnya. Kuning telur mengandung banyak kolagen. Sedangkan putih telur mengandung banyak asam amino yang membantu produksi kolagen.

  1. Tomat

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tomat merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Selain vitamin C, tomat juga kaya akan antioksidan likopen yang terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan kolagen akibat paparan sinar matahari. Anda dapat mengonsumsi tomat segar untuk mendapatkan asupan vitamin C. Bisa juga menggunakannya sebagai campuran salad atau campuran masakan.

  1. Ayam

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Ayam merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ayam adalah sumber protein dan kolagen untuk tubuh. Tetapi, tidak semua bagian ayam mengandung banyak kolagen.

Paling banyak, komponen ini terkandung pada bagian leher dan tulang muda. Ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

Makan makanan di atas merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi dan bagus guna mengatasi agar kulit tidak tipis, kendur dan keriput.