Kumpulan Doa Kesehatan yang Bisa Kamu Panjatkan

Minggu, 14 November 2021 | 05:28:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Kumpulan Doa Kesehatan Yang Bisa Kamu Panjatkan

Foto: Jawaban

ladiestory.id - 2 tahun terakhir hidup dipenuhi dengan rasa gelisah. Pasalnya pandemi Covid-19 masih terus berada di sekeliling kita. Bahkan telah banyak nyawa yang hilang akibat virus ini. 

Definisi Sehat Menurut WHO

Tentu semua orang mengharapkan kesehatan dimasa yang sukar ini. Terlebih kesehatan merupakan hal yang terpenting dan memiliki harga mahal. Sebenarnya sehat tidaklah selalu berbicara tentang fisik saja.

Namun kesehatan mental dan spiritual juga perlu dijaga. Hal ini seperti yang dikatakan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO

1. Sehat Jasmani

Sehat jasmani dalam arti sehat seutuhnya dalam fisik seseorang. Hal ini dapat berupa sosok manusia yang berpenampilan baik secara fisik dan seluruh fungsi fisiologi tubuh berjalan normal.

2. Sehat Mental

Sehat mental adalah sehat secara pikiran dan perilaku seseorang. Dan kesehatan mental ini sangat erat hubungannya denga kesehatan jasmani.

3. Sehat Spritual

Sehat spiritual adalah kebutuhan akan semangat jiwa seseorang yang dapat diperoleh dengan pendidikan formal atau informal. Bahwa setiap manusia butuh kesempatan berlibur untuk kesegaran jiwa dan pikiran, butuh suara musik atau siraman rohani sebagai penyeimbang jiwa.

Jadi sehat jasmani, sehat mental dan sehat spriritual adalah sangat penting untuk keseimbangan kesehatan pada setiap manusia.

Kumpulan Doa Kesehatan

Memiliki kesehatan secara jasmani pasti menjadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkannya tentu ada berbagai upaya yang harus dilakukan. Tentu kita harus menjaga pola hidup kita lebih baik. Namun selain itu ada beberapa doa kesehatan yang dapat kita panjatkan kepada Tuhan.

1. Doa Kesehatan dan Selalu dalam Perlindungan-Nya

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya:

Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.

2. Doa Kesehatan dan Terbebas dari Segala Penyakit

Allaahumma-ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa'aafinii, warzuqnii.

Artinya: 

Ya Allah, ampunilah saya, kasihanilah saya, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah saya (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku." (HR. Muslim)

3. Doa Kesehatan untuk Keluarga

Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu sehal wal ‘afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku, dan duniaku, dan keluargaku, dan harta bendaku".

4. Doa Kesehatan Keluarga dan Terlindung dari Wabah Penyakit

"Allaahumma inni a'udzubika min zawali ni'matika, wa thahawwuli a'fiyatika, wa faja'ati niqmatika, wa jami'i sakhatika."

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu." (HR. Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

5. Doa Memohon Kesembuhan agar Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Allahuma rabba-nnasi mudzhibal baasisydi 'antaasya fii laa sy fiya illa anta syifaa 'an laa yufa'a.

Artinya:

Ya Allah, Pemelihara Manusia! Hapus penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Kaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Beri kami obat yang tidak meninggalkan penyakit.

6. Doa Kesehatan dan Dijauhkan dari Kejahatan

A'uuzu bi'izzatillaahi wa qudrati min sharri ma ajidu wa uhaaziru.

Artinya:

Saya mencari perlindungan dalam kekuatan Allah dan kekuatan-Nya dari kejahatan apa yang saya alami dan apa yang saya takuti.

Inilah kumpulan doa kesehatan yang dapat dipanjatkan. Ingat, doa saja tidak akan memberikan hasil jika tidak disertai dengan usaha dan upaya untuk menjaga kesehatan itu sendiri.