Kumpulan Hadist Tentang Cinta Wanita

Selasa, 24 Agustus 2021 | 06:38:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kumpulan Hadist Tentang Cinta Wanita

Foto: Ladiestory.id

Cinta adalah anugerah yang diberikan Allah SWT pada setiap manusia. Cinta banyak jenisnya, seperti cinta pada Allah SWT, cinta pada Rasul, cinta pada orangtua, cinta pada sesama manusia, juga cinta pada lawan jenis atau pasangan kita.

Cinta pada pasangan khususnya pada wanita, Rasulullah telah menyebutkannya dalam beberapa hadist. Berikut kumpulan hadist tentang cinta wanita.

Wanita Dimata Allah SWT dan Rasul SAW

Foto: Ladiestory.id

 

Wanita adalah makhluk yang paling mulia dimata Allah SWT, karena itulah seorang wanita begitu diistimewakan, diberkahi dengan kecantikan, kesabaran yang luar biasa serta diberi kelebihan daripada pria.

Islam memuliakan derajat wanita dengan jalan menjadikan mereka sebagai pendidik generasi mendatang dan menggantungkan baik atau buruknya umat kepadanya. 

Wanita muslimah memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam dan pengaruh yang besar dalam kehidupan setiap muslim. Wanita juga yang menjadi madrasah pertama dalam pembangunan masyarakat yang shahih tatkala dia berjalan di atas petunjuk Al-Qur'an dan Sunnah Nabi. 

Wanita memiliki peran yang sangat penting dalam hidupnya, bahkan beban yang semestinya ditanggung pria, wanita pun bisa menanggungnya. Karena seorang wanita mampu mengandung, melahirkan, menyusui dan mengurus rumah tangga.

Karena itulah wanita wajib untuk disayangi, dicintai dan dihormati bukan untuk ditindas atau direndahkan.

Kumpulan Hadist Tentang Cinta Wanita

Foto: Ladiestory.id

Berikut ini beberapa kumpulan hadist tentang cinta wanita:

 

1. “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang shalihah.” (HR. Muslim).

2. “Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau.” (HR. Ahmad).

3. “Cintailah kekasihmu sewajarnya saja karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci. Bencilah sewajarnya karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi kekasihmu." (HR. At-Tirmidzi)

4. “Bila ada seorang yang agama dan akhlaknya telah engkau sukai, datang kepadamu melamar, maka terimalah lamarannya. Bila tidak, niscaya akan terjadi kekacauan dan kerusakan besar di muka bumi.”(HR. At-Tirmidzi)

5. “Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung.” (HR. Bukhari).

6. “Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang mati sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud).

7. "Barangsiapa yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna Imannya.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Hadist-hadist tentang cinta wanita diatas menunjukan betapa mulia dan dicintainya seorang wanita dimata Allah dan Rasul. Karena itu sebagai umatnya sudah sepatutnya wanita juga mendapatkan kehormatan, cinta dan kasih sayang dari pasangannya.

Berita Terkait