Kurang Hormon Dopamin Bikin Badan Sering Lelah

Kamis, 7 Juli 2022 | 21:23:00

Kurang Hormon Dopamin Bikin Badan Sering Lelah

Ilustrasi kelelahan otak. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki banyak aktivitas fisik dapat menyebabkan badan terasa lelah dan ingin terus beristirahat. Namun, jika aktivitas fisik tidak banyak dan badan sering lelah, bisa jadi penyebab kurangnya hormon dopamin.

Dopamin adalah senyawa kimia yang berfungsi sebagai hormon dan neurotransmiter yang memiliki peran penting dalam tubuh dan otak. Singkatnya, dopamin mampu meningkatkan kadar seseorang mengalami sensasi menyenangkan seperti mengonsumsi makanan enak hingga tidur dengan nyenyak.

Dopamin memiliki fungsi yang sangat banyak seperti memengaruhi emosi, gerakan, sensasi, kesenangan, konsentrasi dan rasa sakit. Jika produksi dopamin turun, maka saraf otak tidak dapat bekerja secara maksimal dalam mengirim sinyal. Hal ini tentu mengganggu aktivitas otak seperti fungsi kognitif dan motorik tubuh.

Gejala yang terjadi akibat dopamin dalam tubuh menurun adalah rasa lelah dan tidak berenergi, otot terasa kaku, merasa cemas, mengalami gangguan tidur, bahkan gangguan pencernaan. 

Penyebab Turunnya Kadar Dopamin

Obat (Special)
  • Mengalami penyakit seperti skizofrenia, gangguan psikosis, depresi.
  • Mengonsumsi obat-obatan.
  • Pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula atau lemak. Makanan ini memiliki kadar nutrisi yang menghasilkan hormon dopamin sedikit.

Cara Tingkatkan Kadar Hormon Dopamin

Foto: Ladiestory.id

Konsumi Makanan Berprotein

Ilustrasi tingkat kematangan daging steak. (Special)

 

Protein sangat penting dalam tubuh, kandungan asam amino yang terdapat pada protein diantaranya memiliki peran untuk memproduksi hormon dopamin.

Waktu Tidur yang Cukup

Ilustrasi perempuan tidur. (Special)

 

Memiliki jam tidur yang baik dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. National Sleep Foundation menyarankan waktu untuk tidur 7-9 jam setiap malam agar kesehatan optimal. Pentingnya perbaiki waktu tidur agar hormon dopamine dapat bekerja maksimal di dalam tubuh.

Rajin Berolahraga

Ilustrasi olahraga zumba. (Special)

Banyak anjuran tentang pentingnya berolahraga setiap hari. Olahraga wajib dilakukan untuk meningkatkan kadar endorfin serta meningkatkan mood pada tubuh. Lakukan olahraga setiap hari dengan jangka 10 menit untuk meningkatkan suasana hati.

Berjemur Di Bawah Matahari

Ilustrasi orang berjemur. (Special)

 

Tubuh yang minim memperoleh paparan sinar matahari akan mempengaruhi produksi hormon dopamin. Sehingga, kalian perlu berjemur dibawah sinar matahari pagi.

Bagaimana Jika Hormon Dopamine Berlebih?

Ilustrasi kerja lembur. (Special)

Tubuh yang memiliki kadar dopamin berlebihan akan mengalami gangguan mental seperti skizofernia dan gangguan bipolar. Kondisi ini bisa diatasi dengan konsultasi pada dokter dan mengonsuksi obat penghambat dopamin. Namun, obat ini biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk menghambat hormon dopamin dalam tubuh.

Gejala kelebihan yang bisa terjadi seperti mudah gelisah, mudah senang, hiperaktif, insomnia, kemampuan belajar tinggi, mudah bersosialisasi dan mudah stres.

Itulah pentingya hormon dopamin yang terkandung dalam tubuh. Kamu dapat meningkatkan kadar dopamin dengan melakukan aktivitas dan hobi yang digemari seperti mendengarkan musik, melukis, menarik hingga memasak.