Ladies Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Skincare Mengandung Merkuri

Kamis, 18 Mei 2023 | 20:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ladies Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Skincare Mengandung Merkuri

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladiestory.id - Bagi wanita skincare merupakan kebutuhan wajib yang dimiliki untuk menunjang penampilan sehari-hari dan melakukan perawatan untuk tampil percaya diri. Maka tak heran jika wanita memiliki segudang skincare mulai dari perawatan kepala hingga ujung kaki. Dalam memilih dan menggunakan skincare pun perlu waspada dan berhati-hati agar tidak menimbulkan masalah dan kerusakan kulit yang fatal.

Jangan sampai mudah tergoda akan rayuan review dan promosi dari publik figur untuk mengajak menggunakan produk kecantikan tersebut yang belum jelas asal-usulnya. Oleh sebab itu, kamu harus cerdas dalam memilih produk kecantikan agar terhindar dari bahaya merkuri. Nah, berikut ini enam ciri-ciri skincare yang mengandung merkuri seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Tidak Memiliki Label Produk

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladies, ciri-ciri skincare yang mengandung merkuri dan patut kamu perhatikan adalah tidak memiliki label  produk. Oleh sebab itu, sebelum membeli produk skincare, alangkah lebih baik jika kamu lebih cermat dan jeli untuk mengetahui label produk tersebut. Jangan sampai kamu terjebak dengan kemasan produk abal-abal justru akan berakibat fatal bagi kecantikan kulitmu. Selain itu, kamu dapat melihat kandungan komposisi yang terdapat dalam kemasan skincare tersebut. Skincare yang mengandung merkuri terdiri dari Hg, klorida mercurous, klorida amida, air raksa, cinnabaris, merkuri iodide dan hydrargyri merkuri oksida. Sementara itu, jika ada kandungan komposisi pada krim wajah atau kulit seperti emas, alumunium, dan karet maka kamu bisa menjauhi produk tersebut karena mengandung zat merkuri.

Tidak Terdaftar BPOM

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Produk kecantikan yang tidak terdaftar dalam BPOM pun bisa memiliki kandungan merkuri didalamnya, oleh sebab itu jangan mudah tergoda dengan produk murah dan dapat memberikan hasil instan seketika. Apalagi jika produk itu tidak jelas asal-usulnya, tentu sudah dapat kamu curigai karena tidak terjamin legalitas dan keamanannya. Maka dari itu, sebagai konsumen yang cerdas selalu perhatikan izin edar, label produk, komposisi kandungan hingga tanggal kedaluwarsa dari produk sebelum membelinya.

Berwarna Keabuan hingga Gelap

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladies, produk kecantikan yang memiliki perubahan warna mencolok maka bisa dinyatakan produk tersebut mengandung merkuri. Selain itu, jika produk kecantikan tersebut tampilannya berwarna keabuan, krem hingga berubah warna menjadi gelap apabila terpapar sinar matahari. Apabila ciri-ciri ini terjadi pada produk yang kamu pakai maka sebaiknya segera hentikan penggunaannya.

Menawarkan Hasil yang Singkat

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladies, pasti kamu pernah mendengar rangkaian produk kecantikan yang memiliki keunggulan untuk cantik dalam sekejap. Eits, jangan sampai kamu mudah tergoda dan percaya dengan rayuan tersebut, lho. Mencerahkan kulit tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apabila produk tersebut meng-klaim jika dapat membuat kulitmu menjadi lebih cerah dalam sekejap maka bisa dipastikan terdapat kandungan merkuri didalamnya. Merkuri dapat memberikan efek mencerahkan kulit dalam sekejap dan waktu yang singkat, namun akan memberikan efek berbahaya di kemudian hari. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati, Ladies.

Tekstur dan Bau yang Berbeda

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladies, jika produk yang kamu gunakan memiliki tekstur yang kasar maka hal ini menandakan produk tersebut mengandung merkuri. Hal ini dikarenakan produk yang mengandung merkuri tidak bisa menyatu dengan minyak alami di kulit wajah. Sementara itu, apabila tercium bau menyengat seperti logam dalam produk kecantikan, maka bisa dipastikan produk kecantikan tersebut mengandung merkuri.

Membuat Kulit Menjadi Sensitif

Ilustrasi Produk Mengandung Merkuri. (Special)

Ladies, apabila produk yang kamu gunakan justru membuat kulitmu menjadi lebih sensitif hal ini merupakan salah satu ciri jika produk tersebut mengandung merkuri, lho. Apabila reaksi produk tersebut membuat kulitmu muncul tanda kemerahan, dermatitis, ruam kulit, timbulnya sensasi mati rasa di area tangan, kaki dan mulut serta munculnya rasa perih yang tak tertahankan  jika berada dibawah sinar matahari, bisa jadi merkuri tersebut terdapat dalam produk yang kamu gunakan.