Lancarkan ASI, Ini 7 Manfaat Daun Katuk bagi Kesehatan

Rabu, 12 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Lancarkan Asi, Ini 7 Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan

Daun Katuk (Special)

Ladiestory.id - Tak hanya nikmat disantap sebagai hidangan makanan, daun katuk pun memiliki ragam manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Selain membantu melancarkan ASI bagi ibu menyusi, daun katuk juga memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh. Berikut ini 7 manfaat dari daun katuk bagi kesehatan yang telah Ladiestory.id rangkum.

Bantu Pertumbuhan Organ Janin

Tanda mengandung bayi perempuan. (Special)

Daun katuk atau yang dikenal sebagai Sauropus androgynus, merupakan tanaman yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Daun katuk juga sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui. Rutin mengonsumsi daun katuk juga dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan organ-organ pada janin.

Daun katuk memiliki kandungan nutrisi dan protein bagi perkembangan embrio, plasenta, serta organ tubuh janin. Selain itu, daun katuk juga dapat meningkatkan kinerja sel dan metobolisme dalam tubuh.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Daun katuk juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daun ini sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil di masa-masa kehamilan agar tubuh tetap terpenuhi akan energi dan nutrisinya.

Daun katuk juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, organ tubuh pun akan berfungsi dengan optimal.

Cegah Diabetes

Ilustrasi cek diabetes. (Special)

Dilansir Healthline, rutin mengonsumsi daun katuk juga dapat membantu mencegah diabetes pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi daun katuk juga dapat membantu menurunkan kolesterol serta zat glukosa serta dapat membantu meningkatkan elektrolit dalam tubuh.

Cegah Flu

Ilustrasi orang menderita flu. (Special)

Selain mencegah diabetes, manfaat lain dari mengonsumsi daun katuk ialah dapat membantu mencegah flu. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam daun katuk dapat menjaga imunitas tubuh dari bakteri dan virus jahat. Selain itu, daun katuk juga mengandung efedrin yang dapat melawan bakteri yang cepat masuk kedalam permukaan tubuh.

Atasi Luka

Ilustrasi anak terluka. (Special)

Kandungan ekstrak dalam daun katuk juga dapat membantu mengatasi luka dan infeksi pada permukaan kulit. Dengan mengonsumsi daun katuk, maka kulit yang terluka juga dapat segera terobati secara alami dari dalam. Sehingga, bekas luka tersebut dapat membuat jaringan kulit lebih kuat dan cepat.

Bantu Detoksifikasi

Ilustrasi seseorang dengan kepribadian ENFJ. (Special)

Manfaat selanjutnya dari daun katuk ialah membantu proses detoksifikasi dalam tubuh atau membuang racun-racun dan zat-zat berbahaya yang masuk dari dalam tubuh.

Daun katuk yang berwarna hijau memiliki tingkat kandungan klorofil tinggi, sehingga hal ini dapat membuat sel-sel jaringan tubuh saat membuang racun akan lebih cepat bekerja. Sehingga, kandungan klorofil tersebut pun dapat membantu mengoptimalkan metabolism tubuh serta membantu menyeimbangkan hormonal.

Tingkatkan Vitalitas Seksual

Ilustrasi melakukan hubungan intim. (Special)

Manfaat lain tak terduga dari daun katuk ini adalah membantu meningkatkan vitalitas seksual. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat meningkatkan gairah seks dan juga jumlah sperma pada pria.

Selain itu, kandungan afrodisiak dari dalam daun katuk bekerja sebagai perangsang untuk meningkatkan vitalitas seksual yang ampuh meningkatkan libido yang rendah. Tak hanya itu, daun katuk juga mengandung senyawa hormon steroid yang mengandung testosteron, progesterone dan estradiol yang dapat meningkatkan gairah seks dan ereksi pada pria.

Itulah ke 7 manfaat dan khasiat dari daun katuk bagi kesehatan. Tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, daun katuk pun memiliki manfaat bagi pria. Semoga bermanfaat.