Hindari Penyebaran Virus, Lakukan 7 Langkah Tepat Mencuci Tangan

Minggu, 10 Oktober 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Hindari Penyebaran Virus, Lakukan 7 Langkah Tepat Mencuci Tangan

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - World Health Organization (WHO) memperbarui lagi ringkasan ilmiah transmisi SARS-CoV-2 yang dirilis sejak 29 Maret 2020.

Sebelumnya, 239 ilmuwan dari berbagai negara memperoleh virus Corona dapat menular lewat udara. Hal tersebut menurut penelitian mereka yang bertajuk: "It is Time to Address Airborne Transmission of COVID-19."

Hasil penelitian Lidia Morawska dan para ilmuwan lain itu menjadi catatan untuk WHO. Mereka mengatakan, "aliran dan embusan udara memicu hipotesis kemungkinan mekanisme transmisi SARS-CoV-2 melalui aerosol."

Teori-teori tersebut menjelaskan aerosol mikroskopis (<5 μm) dapat dihasilkan dari cara kita bernapas dengan cara menguap. Di sisi lain, melalui pernapasan normal dan ketika kita berbicara yang mengembuskan aerosol (partikel padat dalam udara maupun tetesan cair) juga bisa menjadi penyebab.

"Dengan demikian, orang yang rentan dapat menghirup aerosol dan dapat terinfeksi jika aerosol mengandung virus dalam jumlah yang cukup sehingga menyebabkan infeksi ke si penerima," papar WHO.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Mengalami Gejala Coronavirus

Foto: Ladiestory.id

CDC menganjurkan sejumlah langkah guna mencegah penularan coronavirus. Bila kamu sudah mengalami gejala corona virus atau dinyatakan positif coronavirus namun tidak harus dirawat di rumah sakit, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Tetap di rumah kecuali untuk memperoleh perawatan medis

2. Isolasi mandiri dari orang lain di rumah

3. Menggunakan masker

4. Tutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin

5. Cuci tangan

Guna mengurangi penyebaran coronavirus, setiap orang disarankan agar selalu mencuci tangan. Bersihkan tangan dengan teratur dan menyeluruh menggunakan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol.

Cuci tangan 7 langkah adalah cara membersihkan tangan sesuai prosedur yang benar guna membunuh kuman penyebab penyakit. Ketika mencuci tangan menggunakan sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, akan menjaga kesehatan tubuh kamu serta mencegah penyebaran penyakit lewat kuman yang menempel di tangan. 

Pengertian cuci tangan 7 langkah merupakan tata cara mencuci tangan memakai sabun dalam membersihkan jari-jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat pemicu penyakit.

Mencuci tangan dengan sabun dan air atau memakai cairan pembersih berbasis alkohol dapat membunuh virus yang mungkin menempel di tangan kamu.

Kapan Waktu Kuman Menyebar

makan; hamburger; fast food
Foto: Ladiestory.id

Mencuci tangan bisa membuat kamu tetap sehat dan mencegah penyebaran infeksi pernapasan serta diare dari satu orang ke orang lain. Kuman bisa menyebar dari orang lain maupun permukaan tangan ketika kamu:

1. Menyentuh mata, hidung, dan mulut kamu dengan tangan yang tidak dicuci.

2. Makan atau menyiapkan makanan dan minuman dengan tangan yang tidak dicuci.

3. Menyentuh permukaan maupun benda yang terkontaminasi.

4. Mengesang, batuk, atau bersin ke tangan dan lalu menyentuh tangan orang lain atau benda-benda.

7 Langkah Cuci Tangan

Kesehatan; cuci tangan; medis
Foto: Ladiestory.id

Menurut WHO, mencuci tangan agar bersih menghabiskan waktu sekitar 20-30 detik. Ini dia 7 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO :

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan menggunakan air yang mengalir, ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan dengan lembut.

2. Usap dan gosok pula kedua punggung tangan secara bergantian.

3. Jangan lupakan jari-jari tangan, gosok sela-sela jari sampai bersih.

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan saling menggenggam.

5. Gosok serta putar kedua ibu jari secara bergantian.

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan lalu gosok dengan perlahan.

7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, lalu diakhiri dengan membilas seluruh area tangan dengan air bersih yang mengalir kemudian keringkan menggunakan handuk atau tisu.  

Demikian ulasan tentang langkah tepat mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus. Setelah membaca artikel di atas, pastikan untuk mencuci tangan dengan benar, ya!

Berita Terkait