Sering Disepelekan, Ini 7 Larangan Wanita Saat Haid!

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:30:00

Sering Disepelekan, Ini 7 Larangan Wanita Saat Haid!

Ilustrasi tanda menstruasi. (Special)

Ladiestory.id - Setiap wanita mengalami siklus menstruasi atau haid pada setiap bulannya. Siklus ini terjadi secara alami dan proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan tiap bulannya. Namun, dalam siklus haid banyak larangan-larangan yang seharusnya wanita tidak lakukan. Berikut 7 Larangan wanita saat haid.

Begadang

Ilustrasi Kurang Tidur. (Special)

Dalam studi di Inggris, Orang yang sering begadang berada pada risiko yang lebih besar mengalami kondisi kesehatan tertentu. Kurangnya tidur saat menstruasi dapat meningkatkan hormon stress yang sering kali membuat haid terasa sakit. Saat datang bulan pastikan tidur dengan waktu yang cukup agar menghindari kurang tidur dan badan akan terasa lebih nyaman beraktivitas.

Makanan yang Mengandung Banyak Garam dan Gula

Makanan Asin Tinggi Gula (Special)

Jika kamu mengonsumsi makan yang tinggi garam dan gula, akan menyebabkan penumpukan air dan meningkatkan energi secara mendadak.

"Gula bersifat radang dan meningkatkan suplai darah di rahim kamu. Hal ini menyebabkan air besar yang selanjutnya menyebabkan sakit perut. Juga, jika kamu mengalami gejala PMS lain maka gula dapat memperburuk mereka dalam beberapa kasus," menurut Dr. Gandhali Deorukhkar Pillai, Konsultan ginekolog kebidanan di Rumah sakit Mumbai Central. 

Jika banyak garam dalam tubuh akan membuat perut kamu menjadi kembung, oleh sebab itu mengonsumsi makanan dengan garam yang tinggi dilang saat wanita haid. Konsumsi makanan gula dan garam secukupnya, hindari makanan cepat saji terus-menerus.

Waxing

Ilustrasi area kewanitaan. (Special)

Saat menstruasi yang menyebabkan perubahan hormon membuat tubuhmu lebih rentan dan peka terhadap rasa sakit. Oleh sebab itu, jangan melakukan waxing saat sedang siklus menstruasi, karena tubuh akan sensitif dan menambah rasa sakit saat haid.

Sebuah studi menjelaskan bahwa sebaiknya kamu tidak melakukan waxing pada tubuh saat mentruasi. karena pada masa tersebut kulit menjadi lebih sensitif sehingga dapat rasa sakit yang berlipat ganda. 

Makanan Pedas

Ilustrasi mie pedas. (Special)

Jika masa sirkulasi adanya peningkatan dalam sensitif tubuh, makanan pedas jadi salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat haid.Hal ini, karena konsumsi makanan pedas dapat membuat keram perut berlebih yang dapat menyiksa kamu. Perhatikan makan-makanan yang pedas dan rutinlah makan sayur dan buah agar tubuh mendapat vitamin saat haid. Menurut penelitian, makanan pedas dilarang karena usus sudah terasa perih atau mengalami sensasi terbakar saat sedang menstruasi. 

Merokok

Ilustrasi hentikan kebiasaan merokok. (Special)

Merokok dapat menurunkan jumlah oksigen yang terdapat pada rahim. Hal ini menyebabkan nyeri yang menyiksa saat menstruasi. Penelitian dalam jurnal Tobacco Control meneliti selama 13 tahun, wanita yang tidak merokok merasakan rasa sakit lebih 33 persen sedangkan bagi perokok bisa mencapai 41 persen. Semakin muda usia perokok semakin rasa sakit yang dirasakan semakin sakit.

Minuman Berbahan Susu

Ilustrasi minum susu. (Special)

Susu dikenal karena kalsium yang dapat menjaga otot tubuh kamu, namun sebaiknya saat menstruasi jangan mengonsumsi susu karena akan membuat perut kamu kembung. Jika terus-menerus akan membuat sakit perut karena adanya lemak pada susu yang mengandung asam arakidonat yang dapat memproduksi prostaglandin yang menyebabkan kram berlebih saat setelah mengonsumsi.

Menggunakan Pembalut Seharian 

Ilustrasi saat diare dan sakit perut. ( Medcare Hospital )

Mengganti pembalut sebaiknya dilakukan empat jam sekali, karena saat mengeluarkan darah banyak bakteri, oleh sebab itu jangan gunakan pembalut seharian penuh karena dapat menyebabkan menyerang tubuh kamu diarea kewanitaan.

Itulah 7 larangan untuk wanita saat mengalami siklus menstruasi pada tiap bulannya. Perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan dan rajin mengonsumsi makan-makanan yang sehat.