Life Skill Yang Penting Dimiliki Perempuan Pada 2022

Rabu, 5 Januari 2022 | 13:30:00

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Juni Dani, S.H., CBC, LCPC

Career Stylist & Character Coach

Founder of jdnext.id

Life Skill Yang Penting Dimiliki Perempuan Pada 2022

Foto: Ladiestory.id

Memasuki tahun 2022, ada beberapa skill atau keahlian yang dapat para perempuan pelajari untuk mendukung langkah menjadi perempuan lebih berkualitas. Perempuan akan menjalani banyak peran dalam hidup, mulai dari menjadi partner, istri, ibu, pendidik di keluarga, menteri urusan rumah tangga, menteri keuangan, sampai menjadi “ratu” di rumah.

Itu sebabnya penting bagi perempuan untuk membekali dirinya. Lalu, skill penting apa saja yang perlu dimiliki perempuan?

1. Character Management Skill

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

Perempuan perlu untuk mengenali karakter diri sendiri supaya bisa mengetahui kekuatan dan potensi diri. Ketika kita sudah kenal, maka kita bisa menemukan apa talenta kita, apa yang kita suka, apa yang kita bisa, apa yang kita mau, apa yang efektif, dan tepat berdasarkan karakter kita. Yang tidak kalah pentingnya, kita juga bisa menjadi solusi untuk diri sendiri.

2. Financial Skill

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

Pandemi yang berlangsung selama dua tahun menimbulkan dampak finansial bagi mereka yang tidak siap dan tidak memiliki skill untuk mengelola keuangan. 

Itu sebabnya perempuan juga perlu mempelajari ilmu dasar mengelola keuangan. Memiliki keterampilan mengelola keuangan dibutuhkan untuk membuat dan mengelola bujet rumah tangga (serta hidup sesuai dengan kemampuan).

Lebih rajinlah menabung dan meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu investasi. Hal ini penting untuk membangun kekayaan, supaya bisa bebas finansial dan hidup nyaman sekarang dan di saat pensiun.

3. Safety dan Survival Skills

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

Banyak kasus kekerasan dan pelecehan yang dialami oleh perempuan sehingga perempuan perlu belajar melindungi dirinya sendiri. Tidak ada salahnya belajar ilmu bela diri untuk melindungi dan mempertahankan diri ketika menghadapi situasi yang mengancam. Jadi, tidak perlu merasa takut ketika harus melakukan sesuatu sendiri, karena akan banyak kesempatan yang hilang jika perempuan tidak dapat mandiri dan selalu minta ditemani.

4. Communication Skill

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

Katanya, laki-laki sulit memahami perempuan. Untuk itu, penting bagi perempuan belajar berkomunikasi dengan benar. Ini artinya perempuan juga perlu belajar menyampaikan isi hati dan isi kepalanya secara eksplisit jika ingin dimengerti.

Sepanjang hidup kita harus menguasai percakapan-percakapan yang sulit, contohnya: 

  • Mendefinisikan suatu hubungan dan saat harus memutuskan suatu hubungan.
  • Menyampaikan suatu musibah, penyakit, atau berita duka kepada seseorang.
  • Menegur seseorang. 

Itu sebabnya kita perlu mempelajari cara terbaik menyampaikan dan menerima kabar buruk sambil menjaga perasaan kita dan orang lain tetap utuh.

Punya kemampuan berkomunikasi yang baik membuat pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami orang lain secara sempurna. 

5. Humor Skill

Ilustrasi life skill yang harus dipelajari perempuan. (Special)

Umumnya, orang yang memiliki selera humor dapat mengatasi tekanan hidup lebih baik daripada orang yang tidak memiliki selera humor

Itu sebabnya, punya keterampilan menciptakan humor dan kemampuan menanggapi humor penting dipelajari perempuan. Jika kita atau orang di sekitarmu tidak punya selera humor, tentunya hidup akan selalu tegang dan rawan stres. 

Nah, skill apa yang ingin kamu pelajari dalam tahun 2022? 

 

Juni Dani (@jdnext)

Penulis adalah seorang Character Behavior Consultant dan Professional Coach yang sekarang menjalani kariernya sebagai Career Stylist.

Juni Dani dapat dihubungi melalui:

Instagram: @jdnext

Email: [email protected]

Website: www.jdnext.id