10 Makanan yang Dapat Membantu Menghilangkan Stres

Selasa, 7 Desember 2021 | 12:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

10 Makanan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Stres

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Stres bisa dialami siapa saja tanpa pandang, dan stres juga sudah jadi bagian hidup masyarakat modern. Bila dibiarkan stres dapat mengganggu sistem imun, saraf dan pencernaan seseorang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu meredakannya, salah satunya lewat konsumsi makanan sehat yang dapat membantu menghilangkan stres. 

Makanan yang Dapat Menghilangkan Stres

Bila kamu adalah salah satu orang yang tengah mengalami stres, makanan berikut bisa kamu coba sebagai upaya untuk meredakan stres

1. Sayuran Hijau

Foto: Ladiestory.id

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan magnesium. Mineral ini sangat penting untuk membantu meregulasi kortisol dan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat magnesium rendah cenderung lebih mudah stres.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat stres hal ini karena alpukat tinggi asam lemak omega 3, Vitamin E, Vitamin A, dan nutrisi penting lainnya. Asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres, kecemasan bahkan depresi.

3. Ikan

Jenis ikan berlemak seperti sarden, salmon, makarel, dan tuna kaya akan kandungan asam lemak dan omega 3, Vitamin B6 dan Vitamin B12 yang mampu menurunkan tingkat kortisol dan melawan stres. Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan tersebut setidaknya dua kali seminggu.

4. Teh Herbal 

Minum teh herbal dapat membawa efek menenangkan dalam pikiran. Teh herbal mampu menurunkan tingkat stres serta menstabilkan suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki kemampuan untuk menurunkan stres karena memiliki kadar kafein yang rendah dan tinggi L-theanine, protein  yang membantu otak untuk rileks. 

5. Oatmeal 

Oatmeal adalah salah satu makanan lainnya yang dapat membantu mengatur hormon stres serotonin. Hal ini karena Oatmeal kaya akan Vitamin B dan magnesium yang akan membantu menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati. 

6. Gandum Utuh 

Gandum utuh adalah merupakan sumber karbohidrat yang dapat membantu tubuh mengeluarkan insulin, yang juga bisa memungkinkan triptofan, asam amino untuk memasuki otak, sehingga membuat kita merasa lebih baik dan tenang.

7. Dark Chocolate

Foto: Ladiestory.id

Kandungan bahan aktif yang ada dalam cokelat terbukti ampuh bisa membantu menghilangkan stres. Sebuah penelitian  di Swiss tahun 2009 menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam akan mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga dapat  membantu menurunkan tekanan darah.

8. Telur

Telur mengandung protein yang tinggi, kolin, asam lemak omega 3 dan nutrisi lainnya yang secara signifikan dapat meningkatkan suasana hati dengan menurunkan stres dan kecemasan.

9. Ubi Jalar

Banyak orang menyukai ubi jalar baik direbus maupun dibakar. Selain enak, ubi juga ternyata memiliki nutrisi yang baik untuk menurunkan kecemasan, yaitu berkat adanya kandungan karotenoid dan serat.

10. Makanan Pedas

Semangkuk makanan pedas dan hangat akan menjadi makanan penenang saat kamu sedang stres. Ketika tubuh mendeteksi adanya senyawa capsaicin dari cabai maka otak pun akan melepaskan endorfin, yaitu senyawa yang berfungsi untuk memberi perasaan lebih tenang. 

Nah, itulah 10 makanan yang bisa membantu kamu menghilangkan stres. Kalau kamu sendiri biasanya memilih makan apa untuk meredeakan stres?